√ Wilayah : Pengertian, Ciri, Jenis dan Pembagian Terlengkap

Diposting pada

√ Wilayah : Pengertian, Ciri, Jenis dan Pembagian Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Realitas Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Wilayah? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Wilayah : Pengertian, Ciri, Jenis dan Pembagian Terlengkap
√ Wilayah : Pengertian, Ciri, Jenis dan Pembagian Terlengkap

 


Pengertian Wilayah

Wilayah merupakan salah satu bagian permukaan bumi yang mempunyai cisi khusus tersendiri yang memvisualkan satu kesamaan sehingga dengan terbuka bisa dibedakan dari berbagai wilayah lain di kawasan sekelilingnya.

 


Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli

 

1. A.J. Heriston

Wilayah yaitu sekumpulan daerah yang termasuk di dalamnya adalah tanah, air, hewan udara, tumbuhan, dan juga manusia yang memiliki relasi khusus sebagai kekompakan untuk kelangsunganya yang memiliki karakter khusus di atas permukaan bumi.

 

2. Taylor

Wilayah yakni sebuah daerah bagian permukaan bumi yang memiliki karakteristik sendiri sendiri dan yang ditunjukan dari sifat sifat tersebut berbeda dan beragam.

 

3. Fannemar

Wilayah merupakan salah satu area yang digolongkan melalui kenampakan permukaan yang sama dan dikontraskan dengan area sekitarnya.

 

4. R.E. Dickinson

Wilayah ialah segala sesuatu yang kondisi fisiknya homogen.

 

5. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional

Wilayah adalah semua ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif atau aspek fungsional.

Baca Juga :  √ Gunung Meletus : Pengertian, Penyebab, Dampak, Cara Mengatasi, Contoh dan Tanda Terlengkap

 


Ciri – Ciri Wilayah

  • Tunggal yaitu dengan membatasan wilayah yang juga dikelompokkan pada salah satu bentuk geografi.
  • Majemuk ialah membatasan suatu wilayah yang dikelompokkan pada beberapa unsur geografi.
  • Keseluruhan yakni membatasan sebuah wilayah yang dikelompokkan pada banyak unsur yang mengait pada lingkungan alam, lingkungan manusia dan lingkungan biotik.

 


Jenis – Jenis Wilayah

  • Uniform Region ialah suatu Wilayah yang dikategorikan dengan dasar konsep homogenitas / wilayah formal / homogeneous / uniform region, contoh dari wilayah jenis Uniform region adalah wilayah dengan bentuk ekonomi dan juga wilayah dengan bentuk lahan.
  • Nodal Region yaitu salah satu Wilayah yang dapat dikategorikan dengan dasar konsep heterogenitas / wilayah fungsional / nodal region / organic region, contoh dari wilayah jenis Nodal region adalah wilayah perkotaan metropolitan.

 


Pembagian Wilayah

  • Wilayah Alamiah atau Fisik (Natural Region) merupakan sebuah pembagian wilayah dengan didasarkan dari kenampakan alami, yaitu seperti didasarkan dengan wilayah hutan dan pertanian.
  • Wilayah Ketampakan Tunggal (Single Feature Region) ialah salah satu pembagian wilayah dengan didasarkan dari satu kenampakan, yaitu seperti dengan didasarkan dari kondisi iklim.
  • Wilayah Berdasarkan Jenisnya (Generic Region) yaitu suatu pembagian wilayah dengan didasarkan jenis kenampakan tertentu. Contoh yakni wilayah hujan tropis yang memiliki flora tertentu contohnya adalah anggrek.
  • Wilayah Spesifik atau Khusus (Specific Region) yakni semua pembagian wilayah dengan didasarkan dari kondisi grafis yang unik berhubungan dengan lokasi, adat istiadat, kependudukan, dan budaya. Contoh ialah wilayah kawasan Asia Tenggara, wilayah kawasan Eropa Timur, dan wilayah yang sejenisnya.
  • Wilayah Analisis Faktor (Factor Analysis Region) adalah berbagai pembagian wilayah dengan didasarkan didasarkan metode statistik-deskriptif atau metode statistik-analitik. Penentuan wilayah dengan di dasarkan analisis faktor yang mempunyai tujuan untuk hal bersifat produktif. Contoh yaitu ketika mencari wilayah untuk ladang.
Baca Juga :  √ Tulang Pengumpil : Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Cara Kerja dan Bagiannya Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Wilayah : Pengertian, Ciri, Jenis dan Pembagian Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :