Bisnis Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Semua orang pasti berkenginan menjadi pebisnis yang mempunyai usaha sendiri untuk memperoleh keuntungannya sendiri. Untuk lebih mengetahui tentang bisnis. Pada kesempatan kali ini akan menjelaskan tentang bisnis secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

√ Bisnis : Pengertian, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya Lengkap


Pengertian Bisnis

Dalam ilmu ekonomi, bisnis ialah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan sebuah laba. Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu business, dari kata dasar busy yaitu yang artinya”sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk dalam mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan sebuah keuntungan.


Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

1. Hooper

Menurut Hooper mendefiniskan bahwa Bisnis ialah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai suatu bidang seperti dalam penjualan (commerce) dan sebuah industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan, ansuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian untuk melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) didalam dunia bisnis secara menyeluruh.


2. Urwick dan hunt

Menurut Urwick & Hunt menyatakan bahwa Bisnis ialah segala perusahaan yang membuat, mendistribusikan, ataupun dalam menyediakan segala barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta untuk bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.


3. Prof. Owen

Menurut Prof. Owen menyatkan bahwa Bisnis ialah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan suatu produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun untuk memberikan harga pada setiap jasanya.


4. Prof. L.R. Dicksee

Menurut Prof. L.R. Dicksee menyatakan bahwa Bisnis yaitu suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan bagi yang berusaha atau yang berkepentingan dalam terjadinya suatu aktivitas tersebut.


5. Mc Naughton

Menurut Mc. Naughton menyatakan bahwa Bisnis ialah suatu pertukaran barang-barang, uang ataupun jasa untuk mendapatkan keuntungan mutual.


6. William Spregal

Menurut Wiliam Spregal menyatakan bahwa Bisnis ialah segala suatu aktivitas yang berkaitan dengan suatu produksi dan dalam penjualan barang-barang ataupun jasa bisa diklasifikasikan dalam sebuah aktivitas-aktivitas bisnis.


Fungsi-Fungsi Bisnis

  • Acquiring of raw material Manufactoring of raw material Distributing Product to Consumers
  • Untuk mencari dan menemukan sumber bahan baku untuk Mengolah bahan baku menjadi produk jadi
  • Untuk menyalurkan produk jadi ketangan konsumen Bisnis

Tujuan Bisnis

Pada umunya tujuan didirikannya suatu bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya sebuah perusahaan meliputi yaitu :

  • Profit
  • Menyediakan barang atau jasa
  • Untuk bertujuan mendapatkan Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
  • Full employment
  • Untuk mendapatkan Eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang
  • Untuk kemajuan atau dalam pertumbuhan
  • Untuk memperoleh Prestise dan prestasi

Meskipun tujuan utama mereka yaitu untuk mendapatkan sebuah keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak memiliki suatu tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pebisnis yang ingin mereka raih para pebisnis mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis yaitu diantaranya :

  • Ingin mencukupi berbagai suatu kebutuhan dalam hidupnya
  • Untuk mensejahterkan keluarga
  • Ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain.
  • Ingin menjadi meneruskan bisnis keluarga
  • Ingin mencoba suatu hal baru
  • Ingin memanfaatkan waktu luang agar mendapatkan kesibukan
  • Ingin memiliki usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.

Manfaat Bisnis

1. Mendapatkan Penghargaan/Pengakuan

Penghargaan ataupun pengakuan bisa diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada suatu masyarakat akan memberikan sebuah pengakuan positif dari lingkungan masyakat itu sendiri


2. Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi DIRI SENDIRI

Kapan lagi anda bisa menjadi bos untuk diri sendiri kalau bukan membangun bsinis yang anda rintis dan buat sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis yang anda jalani. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh suatu kemampuan anda menjadi bos atau pemimpin.


3. Menggaji diri sendiri

Anda akan memperoleh gaji dari hasil kerja keras anda sendiri. Itulah manfaat membangun sebuah bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, anda yang menentukannya sendiri.


4. Dapat Mengatur Waktu Anda Sendiri

Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah manfaat dari berbisnis. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan suatu pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja anda akan menjadi lebih fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan penghasilan dalam berbisnis yang naik, anda bisa merekrut pegawai untuk menggantikan anda.


5. Masa Depan yang lebih cerah

Masa depan akan lebih cerah, Bisa dikatakan anda yang atur, jika semakin anda gigih dan semangat berbisnis, anda akan mempunyai masa depan yang lebih cerah.

Dalam membuat bisnis akan membuka sebuah lapangan pekerjaan untuk yang membutuhkan pekerjaan. dan akan mengurangi angka pengangguran pada negara.


Itulah ulasan tentang Pengertian Bisnis . Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :