Macam-Macam Gerak

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Dalam kehidupan sehari-hari pasti anda sering melihat benda bergerak, misalnya pada kereta api yang bergrak di rel. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang gerak secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

√ Gerak : Pengertian Menurut Para Ahli, Macam & Contohnya [ LENGKAP ]


Pengertian Gerak

Gerak yaitu sebuah perubahan keadaan atau tempat dari suatu benda pada titik keseimbangan awal. Benda yang dikatakan bergerak jika benda tersebut berpindah kedudukan pada benda lainnya baik pada perubahan yang mendekat ataupun yang menjauh. Secara sederhana gerak bisa berarti perpindahan posisi. Adapun faktor yang bisa mempengaruhi benda bergerakyaitu luas area, bentuk bnda, berat benda, kondisi benda yang dilalui. Selain pada pengertian gerak diatas, kita bisa memahami pengertian lain tentang gerak menurut para ahli, berikut ini penjelasannya.


Pengertian Gerak Menurut Para Ahli

1. J. Untoro

Menurut J. Untoro menyatakan bahwa Gerak ialah sebuah perubahan kedudukan terhadap suatu titik acuan atau titik yang menjadi sebuah patokannya.


2. Kamajaya

Menurut Kamajaya menyatakan bahwa Gerak yaitu suatu perubahan kedudukan atau tempat suatu benda yang dimana benda tersebut bergerak terhadap suatu titik acuan atau titik asalnya.


3. Efrizon Umar

Menurut Efrizon menyatakan bahwa Gerak ialah suatu perubahan kedudukan atau posisi terhadap suatu titik acuan tertentu.


4. Ruslan Tri S & Cahyo W

Menurut Ruslan & Cahyo menyatakan bahwa gerak yaitu suatu perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau pada titik acuan tertentu.


5. Sri Murtono

Menurut Sri Murtono menyatakan bahwa Gerak yaitu berpindahnya tempat atau posisi dari satu posisi ke posisi yang lain.


6. Menurut KBBI

Menurut KKBI mnyatakan bahwa Gerak yaitu sebuah peralihan tempat ataupun kedudukan, baik sekali ataupun berulang kali.


7. Menurut Ilmu Fisika

Menurut lmu Fisika menjelaskan bahwa Gerak ialah suatu proses perpindahan suatu benda dari suatu tempat ke tempat yang lain.


8. Menurut Ilmu Biologi

Menurut ilmu biologi menjelaskan bahwa Gerak ialah salah satu cara merespon suatu rangsangan, karena salah satu karakteristik makhluk yang bisa dikategorikan sebagai makhluk hidup yaitu bisa bereaksi ketika diberi sebuah rangsangan.


Macam – Macam Gerak

1. Gerak Semu atau Relatif

Gerak semu atau bisa juga disebut dengan gerak relatif yaitu gerak yang bersifat seakan-akan bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi).

Contohnya :

  • Benda-benda yang ada diluar kendaraan mobil pada saat mobil melaju seolah benda yang diluar bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak.
  • Bumi yang berputar pada porosnya terhadap matahari, namun dilihat dengan biasa saja kita melihat matahari bergerak dari timur ke barat.

2. Gerak Ganda

Gerak ganda yaitu suatu gerak yang terjadi secara bersamaan terhadap sebuah benda-benda yang ada di sekitarnya.

Contohnya :

Seorang bapak-bapak tua melemparkan puntung rokok dari dalam ke keluar kereta api pada saat berjalan di dalam krl tersebut. Maka terjadi gerak puntung rokok terhadap tiga (3) benda di sekitarnya, yaitu :

  • Gerak terhadap kereta api
  • Gerak terhadap bapak-bapak tua
  • Gerak terhadap tanah / bumi

3. Gerak Lurus

Gerak lurus yaitu suatu gerak pada suatu benda melalui suatu lintasan garis lurus. Contohnya seperti gerak rotasi bumi, gerak jatuhnya buah apel, dan lain lain. Gerak lurus bisa kita bagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

a. Gerak lurus beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan yaitu suatu gerak suatu benda yang lurus yang beraturan dengan suatu kecepatan yang tetap dan stabil.

Contohnya :

  • Kereta melaju dengan suatu kecepatan yang sama di jalur rel yang lurus
  • Mobil di jalan tol dengan suatu kecepatan tetap stabil di dalam perjalanannya.

b. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan yaitu suatu gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan suatu kecepatan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Contohnya :

  • Pada Gerak jatuhnya tetesan air hujan dari atap rumah ke lantai.
  • Mobil yang bergerak di jalan lurus mulai dari berhenti

Pada kehidupan sehari-hari sering sekali kita melihat benda bergerak, karna adanya suatu gravitasi bumi


Itulah ulasan tentang Macam-Macam Gerak : Pengertian Menurut Para Ahli & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel lainnya :