Implikasi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Implikasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Implikasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Implikasi : Pengertian, Jenis & Contoh Terlengkap


Pengertian Implikasi

Implikasi merupakan salah satu bentuk dari suatu efek atau akibat yang di dapat di gunakan sebagai obyek yang diberikan pada perlakuan dengan sengaja atau tidak sengaja.

 


Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli


1. Silalahi

Implikasi yaitu suatu konsekuensi dari penerapan suatu program atau kebijakan yang bersifat tidak baik atau baik bagi mereka yang ditargetkan oleh program atau kebijakan tersebut.


2. Winarno

Implikasi dapat mempertimbangkan kebijakan yang konsisten dengan kebijakan tentang masalah-masalah pada mereka yang terlibat.


3. Islamy

Implikasi sebagai rujukan terhadap sesuatu yang dapat dihasilkan melalui proses perumusan atau politik sehingga timbul konsekuensi dari apa yang dihasilkan dari kebijakan tertentu.

 


Jenis – Jenis Implikasi


1. Teoritis

Untuk bisa mendukung dan menyakinkan penguji mengenai konstribusi terhadap ilmu pengetahuan dalam teori-teori yang digunakan untuk memecahkan masalah dari sebuah penelitian.


2. Manajerial

Untuk dapat mengulas atau membahas mengenai kesimpulan atau hasil akhir dari penelitian. Kesimpulan tersebut harus diperoleh berdasarkan kebijakan yang diterapkan dalam metode penelitian.

Yang mana kebijakan tersebut diperoleh melalui proses pengambilan keputusan yang bersifat menyeluruh dan partsifatif dari seluruh anggota peneliti dengan cara manajerial yang tepat.

Baca Juga :  √ 5 Pengertian Nilai Perusahaan Menurut Para Ahli Terlengkap

3. Metodologi

Bersifat optional dan menyajikan refleksi penulis mengenai metodologi yang digunakan dalam penelitian, misalnya dalam bagian ini dapat disajikan penjelasan mengenai bagian-bagian metode penelitian.

Yang mana telah dilakukan dengan sangat baik dan bagian mana yang terbilang sulit serta prosedur mana yang sudah dikembangkan untuk mengatasi kesulitan tersebut.

 


Contoh Implikasi


1. Implikasi Kepemimpinan

Implikasi kepemimpinan ialah dalam sebuah tindakan yang harus memiliki sikap-sikap dengan tujuan untuk mencapai tingkat yang berkualitas dari bentuk kemajuan sebuah oraganisasi maupun perusahaannya.

Dengan demikian hal tersebut juga harus memiliki sifat atau sikap sebagai seorang leader dengan tujuan agar terlihat seperti memberikan visi dan misi dalam kepemimpinan nya, karena mampu memberikan dorongan bagi anggotanya.

Adapun dapat memberiikan manfaat yang positif apa yang sudah di kerjakan atau terhadap perusahaan nya.


2. Implikasi Etika

Implikasi etika yaitu sebuah tindakann yang telah diajarkan sejak usia dini sehingga dapat berlanjut dan dapat juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau di masyarakat.

Dengan demikian Etika ini juga dapat melakukan dari tindakan dalam apa yang sudah diterapkan dengan baik karena dapat mencangkup dan memberikan dorongan yang sangat besar bagi kehidupan seseorang.


3. Implikasi Budaya

Implikasi budaya yakni suatu tindakan dan bentuk sikap yang positif dalam menutupi diri atau dapat jiga selalu terbuka dengan perubahan dan perbedaan yang ada.

Maka seharusnya dilakukan beberapa budaya-budaya yang positif yang sesuai dengan kepribadian diri itu sendiri dan memiliki rasa agar tidak merugikan diri sendiri.


4. Implikasi Globalisasi

Implikasi globalisasi merupakan salah satu tindakan yang terjadi di sebuah wilayah dengan negara sehiingga memiliki batasaan dan definisi dalam produk atau barang saja.

Baca Juga :  √ Copyright (Hak Cipta) : Pengertian, Ciri, Sejarah, Contoh dan Dasar Hukum Terlengkap

Dengan demikian Implikasi globalisasi dapat menimbulkan dampak dan akibat yang bersifat positif atau negatif dari suatu wilayah atau negara yang dengan menerima globalisasi yang akan semakin maju.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Implikasi : Pengertian, Jenis & Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga Artikel :