Indikator Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Indikator.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Indikator? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ 8 Pengertian Indikator Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Indikator Menurut Para Ahli


1. Darwin Syah

Indikator ialah sesuatu ciri atau tanda yang menunjukkan bahwa para peserta didik telah memenuhi standar kompentensi pendidikan yang telah ditetapkan dan diberlakukan.


2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Indikator merupakan segala sesuatu yang dapat memberikan petunjuk atau keterangan.


3. Wilson R. dan T. Sapanuchart

Indikator yaitu sebuah ukuran tidak langsung dari suatu kejadian atau kondisi.

Contohnya berat badan bayi berdasarkan umur merupakan indikator terhadap status gizi bayi tersebut.


4. World Health Organization (WHO)

Indikator yakni berbagai variabel yang dapat membantu penggunanya dalam kegiatan pengukuran berbagai macam perubahan yang terjadi baik secara langsung ataupun tidak langsung.


5. Lawrence Green

Indikator adalah salah satu variabel yang dapat menunjukkan ataupun mengindikasikan kepada penggunanya tentang kondisi tertentu, sehingga dapat digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi.


6. Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan, Amerika Serikat

Indikator sebagai statistik dan hal yang normatif yang menjadi perhatian kita yang rnernbantu kita dalarn rnernbuat penilaian ringkas, kornprehensif dan berirnbang terhadap kondisi-kondisi atau aspekaspek penting dari suatu masyarakat.


7. Green

Indikator yaitu beberapa variabel-variabel yang mengindikasikan atau rnernberi petunjuk kepada kita tentang suatu keadaan tertentu, sehingga dapat digunakan untuk mengukur perubahan.


8. Buku Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota – Kemenkes RI

Indikator yakni berbagai variabel yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau status dan memungkinkan dilakukannya pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 8 Pengertian Indikator Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :