Pengertian Indikator

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Indikator.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Indikator? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Indikator : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap


Pengertian Indikator

Indikator merupakan salah satu yang dapat digunakan sebagai petunjuk atau standar dasar sebagai acuan dalam mengukur adanya perubahan pada suatu kegiatan ataupun kejadian.

Penggunaan alat indikator cukup banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada mesin penanak nasi (rice cooker).

Semua rice cooker pasti memiliki lampu indikator sebagai penanda apakah nasi masih dalam keadaan memasak atau sudah matang.

 


Fungsi Indikator

  • Sebagai alat penunjuk adanya perubahan di dalam suatu kegiatan atau kejadian tertentu.
  • Sebagai sebuah pedoman bagi pengguna dalam menyusun alat ukur.
  • Sebagai suatu pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan suatu kegiatan.
  • Sebagai pedoman dalam segala upaya mengembangkan suatu kegiatan sesuai dengan karakteristik, potensi, kebutuhan, dan lingkungan.
  • Sebagai pedoman dalam memberikan suatu penilaian terhadap hasil suatu kegiatan.

 


Jenis – Jenis Indikator


1. Indikator Pendidikan

Indikator pembelajaran atau indikator pendidikan merupakan sebuah penjabaran secara keseluruhan dari kompetensi dasar.

Dimana penjabaran ini menunjukkan respon yang diberikan peserta didik terkait dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh pendidik.


2. Indikator Kerja

Indikator kinerja karyawan adalah suatu tolak ukur seorang karyawan dalam menjaga kualitas pekerjaannya sesuai dengan standar kebutuhan perusahaan.

Baca Juga :  Manajemen Talenta

Dalam mengukur kinerja karyawan, terdapat beberapa indikator yang sering digunakan diantaranya ketepatan waktu, kualitas pekerjaan, kemandirian, efektivitas dan lain sebagainya.

Dalam dunia kerja, indikator adalah pengukuran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan apresiasi atau insentif kepada karyawan yang bersangkutan.


3. Indikator Penelitian

Indikator dalam penelitian lebih sering digunakan dalam dunia sains. Salah satu indikator yang banyak diaplikasikan untuk penelitian yaitu indikator asam basa.

Dimana seorang peneliti mengukur tingkat keasaman atau basa suatu sampel menggunakan indikator tersebut.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Indikator : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :