Macam-Macam Sumber Energi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Didalam kehidupan dibumi ini banyak berbagai macam energi. Pada manusia juga sangat membutuhkan suatu energi untuk menjalankan suatu aktivitas sehari-hari. Untuk lebih jelasnya lagi tentang energi. Marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

Sumber Energi : Pengertian, Macam, Manfaat & Contohnya [ TERLENGKAP ]

Pengertian Energi

Kata energi berasal dari bahasa Yunani yaitu energia yang artinya adalah suatu kegiatan / aktivitas. Kata energi Terdiri dari dua kata yakni en (dalam) dan ergon (kerja). Jadi, Kata Energi memiliki arti umum yakni suatu kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan atau usaha.


Pengertian Energi Menurut Para Ahli

1. Pardiyono

Menurut Pardiyono menyatakan bahwa energi ialah suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau didapatkan dari suatu benda.


2. Aip Saripudin

Menurut Aip Saripudin menyatakan bahwa energi ialah suatu kemampuan untuk melakukan suatu urusan atau bisnis.


3. Sumantoro

Menurut Sumantoro menyatakan bahwa energi ialah suatu kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya yaitu mendorong / memindahkan suatu benda atau objek.


4. Arif Alfatah dan Muji Lestari

Menurut Arif & Muji menyatakan bahwa energi ialah sesuatu yang amat dibutuhkan oleh suatu tubuh manusia supaya bisa melakukan sebuah pekerjaan bisnis, karena pada kenyataannya, usaha yang dilakukan selalu nampak perubahan.


5. Alvin Hadivvono

Menurut Alvin Hadivvono menyatakan bahwa energi yaitu sesuatu yang bergerak, dan juga memiliki hubungan dengan ruang & waktu.


6. Campbell, Reece, dan Mitchell,

menurut mereka mengungkapkan bahwa energi ialah suatu kemampuan untuk mengatur ulang materi. Secara ringkas energi yaitu suatu kemampuan / kapasitas untuk melakukan suatu pekerjaan.


7. Robert L. Wolke,

Menurut Robert menyatakan bahwa energi ialah suatu kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.


8. Young

Menurut Young menyatakan bahwa energi ialah sebuah pekerjaan ialah suatu energi yang dihasilkan. Artinya ketika ingin melakukan suatu pekerjaan memerlukan sebuah energi.


9. Einstein

Menurut Einstein menyatakan bahwa energi ialah suatu produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.


10. Mikrajuddin

Menurut Mikrajuddin menyatakan bahwa energi ialah sebagai suatu kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan objek.


11. Michael J. Moran

Menurut Michael energi ialah suatu konsep dasar dari Termodinamika yang menjadi suatu aspek yang penting dari analisis teknis.


Macam-Macam Sumber Energi

1. Sumber energi yang terbarukan

atau yang bisa diperbaharui dan bisa dipakai tanpa adanya khawatir akan habis. contohnya :

a. Energi surya atau matahari

Energi matahari tidak akan habis sampai dunia ini kiamat, pemanfaatan sinar matahari yaitu dengan menggunakan sel surya yang fungsinya mengubah suatu energi surya menjadi sebuah energi listrik. Ada juga memanfaatkan sinar matrahari untuk memasak dengan menggunakan sebuah kompor bertenaga sinar matahari contohnya pada negara India.


b. Panas bumi

Panas bumi ialah suatu energi yang bersumber dari dalam perut bumi, Panas bumi yaitu suatu energi yang melimpah dan terbarukan yang sehingga tidak perlu untuk khawatir akan kehabisan suatu energi panas bumi.

Selain jumlahnya yang melimpah energi ini mempunyai harga yang lebih ekonomis dan ramah terhadap suatu lingkungan. Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang kaya akan energi panas bumi, hal ini di karenakan indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif yang menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi negara kita. Contohnya pemanfaatan panas bumi yaitu dengan mengubahnya menjadi sebuah pembangkit listrik.


c. Angin

Pemanfaatan pada energi angin sedang gencar-gencarnya di lakukan oleh banyak negara di seluruh dunia karena pada sumber energi ini tidak terbatas jumlahnya, pemanfaatan energi ini menggunakan sebuah kincir angin yang dihubungkan dengan sebuah generator atau turbin untuk menghasilkan tenaga listrik.


d. Energi Biomassa

Energi Biomassa yaitu terdiri dari suatu Tanaman hidup, pohon mati, dan serpihan kayu.


e. Energi Gas Alam

Energi gas alam yaitu suatu energi yang terbarukan dan harganya lebih terjangkau daripada sebuah bahan bakar minyak.


f. Pembangkit Listrik Tenaga Air

Energi yang bersumber dari suatu tenaga air sudah lama di manfaatkan oleh manusia karena ramah pada lingkungan dan juga sangat berlimpah. Pembangkit listrik tenaga air atau PLTA yaitu salah satu contoh pemanfaatan pada tenaga air untuk kehidupan yang lebih baik.


g. Energi Pasang Surut

Pada energi Pasang surut air laut dianggap lebih menjanjikan karna hasilnya yang maksimal bila di bandingkan dengan pada suatu tenaga surya dan tenaga angin. tetapi pada pemanfaatan energi pasang surut ini masih sedikit hal ini di karenakan biayanya yang sangat mahal.


2. Sumber Energi Tak Terbarukan

Pada sumber energi jenis ini jumlahnya sangat terbatas dan tidak bisa diperbarui meskipun ada yang bisa diperbaharui tetapi memerlukan banyak waktu yang sangat lama. sumber energi ini saat ini masih yaitu sumber energi utama yang banyak digunakan walaupun banyak pihak yang sudah beralih menggunakan sumber energi alternatif. Contohnya pada sumber energi tak terbarukan yaitu :

a. Sumber energi yang berasal dari fosil

Sumber energi ini sebenarnya bisa diperbaharui tetapi memerlukan banyak waktu hingga jutaan tahun, yaitu berasal dari makhluk hidup yang mati dan terpendam dalam tanah hingga jutaan tahun. contohnya pada Minyak bumi, dan batu bara.


b. Sumber energi yang berasal dari mineral alam

Mineral alam bisa dimanfaatkan menjdai suatu sumber energi setelah melalui beberapa proses, contohnya pada uranium yang bisa menghasilkan suatu energi nuklir.

Sumber energi sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup yang ada dibumi. Karna suber energi merupakan sebuah sumber buat bertahan hidup.


Manfaat Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Beberapa energi digunakan dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini ada sebagian contoh pemanfaatan dari energi dengan merubahnya dari satu bentuk ke bentuk lainnya:

  • Energi listrik menjadi energi panas pada pemakaian setrika untuk menggosok pakaian.
  • Energi kimia menjadi energi gerak (mekanik) pada makanan yang kita makan diolah dengan reaksi kimia menjadi sumber energi dalam beraktivitas.
  • Energi listrik menjadi energi bunyi ada pemakaian bel yang menghasilkan bunyi
  • Energi gerak (mekanik) menjadi energi panas pada gesekkan dua benda dengan terus menerus menghasilkan panas
  • Energi listrik menjadi energi gerak (mekanik) pada pemakaian kipas angin
  • Energi cahaya menjadi energi kimia pada pemanfaatan cahaya matahari.

Itulah ulasan tentang Sumber Energi : Pengertian, Macam, Manfaat & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi yang membutuhkan dan untuk bahan refensi sebuah tugas. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :