Manajemen Risiko Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Manajemen Risiko.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Manajemen Risiko? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ 18 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli


1. Tampubolon

Manajemen risiko ialah salah satu proses yang diarahkan dan proaktif yang bertujuan untuk mengakomodasi kemungkinan kegagalan dalam satu atau bagian dari suatu transaksi atau instrumen.


2. Fahmi

Manajemen risiko yaitu segala bidang ilmu yang secara khusus membahas bagaimana organisasi menerapkan langkah-langkah dalam memetakan semua masalah menggunakan pendekatan manajemen yang sistematis dan komprehensif.


3. Djojosoedarso

Manajemen risiko yakni sebuah penerapan fungsi manajemen dalam manajemen risiko, terutama risiko yang dihadapi oleh organisasi/perusahaan, keluarga dan masyarakat.

Ini termasuk kegiatan dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, memimpin/mengoordinasi, dan mengawasi (termasuk mengevaluasi) program manajemen risiko.


4. COSO (Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission)

Manajemen risiko sebagai proses yang dilakukan oleh dewan direksi, manajemen dan personil lainnya, diterapkan dalam penetapan strategi dan di seluruh perusahaan, yang dirancang untuk mengidentifikasi kejadian potensial yang dapat mempengaruhi entitas, dan mengelola risiko, untuk memberikan keyakinan memadai, tentang pencapaian tujuan entitas.


5. Djohanputro

Manajemen risiko adalah berbagai proses identifikasi, mengukur, memetakan, mengembangkan alternatif penanganan risiko, memonitor dan pengendalian penanganan risiko, yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis.


6. Dorfman

Manajemen risiko merupakan beberapa proses logis dalam usaha untuk memahami eksposur terhadap suatu kerugian.


7. Bramantyo

Manajemen risiko ialah segala proses terstruktur dan sistematis dalam mengidentifikasi, mengukur, memetakan, serta mengembangkan alternatif penanganan risiko.


8. Smith

Manajemen risiko yaitu semua proses identifikasi, pengukuran, dan kontrol keuangan dari sebuah risiko yang mengancam aset dan penghasilan dari sebuah perusahaan atau proyek yang bisa mengakibatkan kerugian perusahaan tersebut.

Baca Juga :  Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli Terlengkap

9. Siagian dan Sekarsari

Manajemen risiko luas tidak hanya terfokus pada pembelian asuransi tapi juga harus mengelola keseluruhan risiko-risiko organisasi.


10. Siahaan

Manajemen risiko merupakan salah satu perbuatan (praktik) dengan manajemen risiko, menggunakan metode dan peralatan untuk mengelola risiko sebuah proyek.


11. William

Manajemen risiko yakni berbagai aplikasi dari manajemen umum yang mencoba untuk mengidentifikasi, mengukur, dan menangani sebab dan akibat dari ketidakpastian pada sebuah organisasi.


12. Clough and Sears

Manajemen risiko adalah serangkaian pendekatan yang komprehensif untuk menangani semua kejadian yang menimbulkan kerugian.


13. Noshworthy

Manajemen risiko sebagai sebuah analisis risiko dan pengendalian risiko membentuk dasar manajemen risiko di mana pengendalian risiko adalah penerapan kontrol yang sesuai untuk mendapatkan keseimbangan antara keamanan, kegunaan dan biaya.


14. NIST

Manajemen risiko ialah segala proses dari mengidentifikasi, mengontrol dan meringankan sistem informasi terkait risiko dan melingkupi pengkajian risiko, analisa manfaat biaya, dan pemilihan, implementasi, pengetesan dan evaluasi keamanan dari usaha perlindungan.


15. Australia/New Zealand Standards

Manajemen risiko yaitu semua proses yang logis dan sistematis dalam mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mengendalikan, mengawasi, dan mengkomunikasikan risiko yang berhubungan dengan segala aktivitas, fungsi atau proses dengan tujuan perusahaan mampu meminimasi kerugian dan memaksimumkan kesempatan. Implementasi dari manajemen risiko ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi risiko sejak awal dan membantu membuat keputusan untuk mengatasi risiko tersebut.


16. Wikipedia

Manajemen risiko yakni beberapa pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman.

Atau suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.


17. Darmawi

Manajemen risiko adalah semua usaha untuk mengetahui, menganalisis serta mengendalikan risiko dalam setiap kegiatan perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Pengertian Akuisisi Menurut Para Ahli Terlengkap

18. Enterprise Risk Management

Manajemen risiko merupakan segala peristiwa dengan dampak negatif merupakan risiko, yang dapat mencegah penciptaan nilai atau mengikis nilai yang ada.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 18 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :