Pencemaran Udara Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Pencemaran Udara.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Pencemaran Udara? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ 13 Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli


1. Chambers

Pencemaran udara yaitu bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal dalam jumlah tertentu,.

Sehingga dapat dideteksi oleh manusia atau yang dapat dihitung dan diukur, serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi, dan material.


2. Kumar

Pencemaran udara yakni adanya bahan polutan di atmosfer dalam konsentrasi tertentu yang mengganggu keseimbangan dinamik atmosfer dan mempunyai efek pada manusia dan lingkungannya.


3. Corman

Pencemaran udara ialah salah satu kondisi dimana terdapat bahan kontamina di atmosfer karena perbuatan manusia.

Hal ini untuk membedakan dengan pencemaran udara alamiah dan pencemaran udara di tempat kerja.


4. Wisnu Arya

Pencemaran udara merupakan berbagai campuran dari berbagai macam gas yang tidak tetap sehingga gas-gas tersebut mengganggu kehidupan.

Dalam hal ini udara juga adalah atmosfer yang berada di sekeliling bumi yang fungsinya sangat penting bagi mahluk hidup.


5. Parker

Pencemaran udara adalah suatu perubahan atmosfer karena masuknya bahan kontaminan alami atau buatan ke dalam atmosfer tersebut.


6. Mukono

Pencemaran udara sebagai bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu, sehingga dapat di deteksi oleh manusia (yang dapat dihitung dan diukur) serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi dan material.


7. Wardhana

Pencemaran udara yaitu adanya bahan-bahan atau zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan terjadinya perubahan susunan komposisi udara dari susunan atau keadaan normalnya.

Baca Juga :  √ Perjanjian Linggarjati : Pengertian, Sejarah, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Waktu, Isi, Hasil, Pelanggaran & Dampaknya Lengkap

8. Soemarno

Pencemaran udara yakni masuknya zat pencemar (gas beracun dan aerosol) ke dalam atmosfer sehingga melampaui batas ambangnya dan mengganggu kehidupan, hewan, dan tumbuhan.


9. Keputusan Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup No.KEP-03/MENKLH/II/1991

Pencemaran udara ialah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitas udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.


10. Seinfeld dan Pandis

Pencemaran udara merupakan sebuah kondisi atmosfer ketika suatu substansi konsentrasi pencemar melebihi batas konsentrasi udara ambien normal yang menyebabkan dampak terukur pada manusia, hewan tumbuhan dan material.


11. Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1407 tahun 2002 tentang Pedoman Pengendalian Dampak Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi kesehatan manusia.


12. Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara

Pencemaran udara sebagai masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dari komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya.


13. Undang-Undang No. 23 Tahun 2007 Tentang Pencemaran Lingkungan

Pencemaran udara yaitu sebuah pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pencemaran yang berasal dari pabrik, kendaraan bermotor, pembakaran sampah, sisa pertanian, dan peristiwa alam seperti kebakaran hutan, letusan gunung api yang mengeluarkan debu, gas, dan awan panas.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 13 Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ Dataran Tinggi : Pengertian, Tanaman yang Cocok, Ciri dan Jenis Terlengkap

Baca Juga Artikel :