Stakeholder Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Stakeholder.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Stakeholder? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ 5 Pengertian Stakeholder Menurut Para Ahli & Hubungannya Terlengkap


Pengertian Stakeholder Menurut Para Ahli


1. Wibisono

Stakeholder ialah seseorang maupun kelompok yang punya kepentingan secara langsung atau tidak langsung bisa mempengaruhi atau dipengaruhi atas aktivitas dan eksistensi perusahaan.


2. AA1000 SES

Stakeholder yaitu sekelompok yang dapat mempengaruhi dan/atau terpengaruh oleh aktivitas, produk atau layanan, serta kinerja suatu organisasi.


3. Freeman

Stakeholders yakni suatu kelompok masyarakat ataupun individu yang saling mempengaruhi dan dipengaruhi oleh pencapaian tujuan tertentu dari organisasi.


4. Biset

Stakeholder adalah seseorang atau individu atau kelompok masyarakat yang memiliki kepentingan atau perhatian pada permasalahan tertentu.


5. ISO 26000 SR

Stakeholder merupakan semua individu atau kelompok yang memiliki kepentingan terhadap keputusan serta aktivitas organisasi.

 


Hubungan Stakeholder Dengan Perusahaan


1. Inactive (Hubungan Tidak Aktif)

Hubungan yang ini dapat membuat perusahaan menyakini bahwasannya mereka dapat mengambil keputusan dengan sepihak saja tanpa ada pertimbangan.


2. Reactive (Hubungan yang Reaktif)

Hubungan ini membuat suatu perusahaan cenderung mempertahankan diri dan akan bergerak ketika di paksa melakukan sesuatu.


3. Proactive (Hubungan yang Proaktif)

Hubungan pada sebuah perusahaan mengantisipasi berbagai macam kepentingan stake holder sepeti pada pihak perusahaan yang memiliki departemen untuk menyelidiki iso yang berkaitan dengan stakeholdernya.


4. Interactive (Hubungan yang Interaktif)

Hubungan ini dapat membuat perusahaan menggunakan suatu pendekatan bahwa dari pihak perusahaan memerlukan suatu hubungan yang saling menghormati, percaya dan juga terbuka agar hubungan ini terus berlangsung.

Baca Juga :  √ Saraf Simpatik & Parasimpatik : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jalur & Perbedaannya Lengkap

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 5 Pengertian Stakeholder Menurut Para Ahli & Hubungannya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :