Pengertian Akomodasi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Akomodasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Akomodasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Akomodasi : Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Bentuk Terlengkap


Pengertian Akomodasi

Akomodasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah atau konflik yang terjadi antara dua pihak atau lebih sehingga tercapai suatu keadaan yang lebih kondusif.

Biasanya akomodasi diawali dari berbagai upaya dari pihak-pihak yang bertikai untuk saling mengurangi konflik yang terjadi dari masing-masing pihak agar masalah yang terjadi segera selesai.

Dengan adanya akomodasi maka diharapkan semua pihak yang bertikai mendapatkan win-win solution.

 


Karakteristik Akomodasi

  • Kebutuhan akan akomodasi terjadi karena adanya konflik atau pertentangan.
  • Akomodasi bersifat universal.
  • Akomodasi adalah proses yang berkesinambungan atau terjadi secara terus menerus.
  • Akomodasi adalah perpaduan antara perasaan cinta dan kebencian.

 


Tujuan Akomodasi

  • Mengurangi pertentangan antara orang perorangan atau kelompok-kelompok karena terjadinya konflik dan perbedaan paham.
  • Mencegah meledaknya suatu pertentangan untuk sementara waktu atau secara temporer.
  • Memungkinkan terwujudnya kerja sama antara kelompok-kelompok sosial yang hidupnya terpisah sebagai akibat faktor-faktor sosial psikologis dan kebudayaan
  • Mengusahakan peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah, misalnya lewat perkawinan campuran.
  • Melebur kelompok sosial yang terpisah akibat konflik tertentu yang sedang terjadi.

 


Bentuk – Bentuk Akomodasi


1. Koersi

Koersi adalah semua bentuk akomodasi yang berlangsung karena paksaan kehendak suatu pihak terhadap pihak lain yang lemah dengan didominasi suatu kelompok atas kelompok lain.


2. Kompromi

Kompromi ialah salah satu bentuk akomodasi dimana pihak-pihak terlibat perselisihan saling meredakan tuntutan sehingga tercapai suatu penyelesaian bersama dengan cara kompromi.

Baca Juga :  √ Perang Dingin : Pengertian, Sejarah, Latar Belakang, Akhir Perang dan Dampak Terlengkap

3. Arbitrase

Arbitrase merupakan sebuah bentuk akomodasi yang terjadi jika terdapat pihak-pihak yang berselisih tidak sanggup mencapai kompromi sendiri, sehingga diundanglah kelompok ketiga yang tidak berat sebelah untuk mengusahakan penyelesaian.


4. Mediasi

Mediasi yakni suatu bentuk akomidasi dengan melibatkan pihak ketiga untuk penengah atau juru damai.


5. Konsiliasi

Konsiliasi yaitu beberapa bentuk akomodasi berupa upaya mempertemukan keinginan pihak-pihak yang berselisih untuk tercapainya suatu persetujuan bersama.


6. Toleransi

Toleransi sebagai bentuk akomodasi tanpa adanya persetujuan resmi karena tanpa disadari dan direncanakan, adanya keinginan untuk menghindarkan diri dari perselisihan yang saling merugikan.


7. Stalemate

Stalemate yakni berbagai bentuk akomodasi yang terjadi saat kelompok yang terlibat pertentangan memiliki kekuatan seimbang, sehingga konflik akan berhenti dengan sendirinya.


8. Segregation

Segregation ialah serangkaian upaya penyelesaian sengketa dengan cara masing-masing pihak saling menghindarikonflik agar tidak berkelanjutan.


9. Adjudication

Adjudication yaitu segala bentuk akomodasi dengan menggunakan jalan hukum yaitu pengadilan. Masing masing pihak sepakat untuk membawa masalah tersebut ke meja peradilan.


10. Elimination

Elimination merupakan sekumpulan upaya penyelesaian sengketa karena salah satu pihak bersedia mengalah, meminta maaf atau mengundurkan diri dari persaingan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Akomodasi : Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Bentuk Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :