Bauran Pemasaran

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Bauran Pemasaran.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bauran Pemasaran? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Bauran Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Konsep dan Unsur Terlengkap


Pengertian Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara terpadu.

 


Konsep Bauran Pemasaran


1. Bauran Pemasaran 4P

  • Product – Mulai dari bentuk produk, layanan yang diberikan dalam produk, mengenai ketersediaan garansi dan juga hal-hal yang berhubungan dengan pengembalian produk. Dalam elemen ini dibahas segala sesuatu yang berhubungan dengan produk.
  • Price – Dalam pemberian harga produk juga perlu di atur dengan strategi baik dalam harga net, mengenai diskon, mengenai pembayaran dan juga hal-hal lainnya yang berhubungan dengan strategi pemberian harga
  • Promotion – Promosi ini dapat berhubungan dengan strategi penjualan, misalnya mengenai pengiklanan, mengenai promosi penjualan, mengenai personal selling, direct marketing hingga penjualan pada personal.
  • Place – Yaitu mengenai distribusi yang juga sebagai strategi mengenai cakupan distribusi, mengenai fasilitas penyimpanan, mengenai transportasi dan hal-hal lainnya.

2. Bauran Pemasaran 7P

  • Produk – Dalam strategi ini produk yang dibuat haruslah yang memberikan manfaat. Selain itu ada juga hal lain yang di atur dalam penyusunan produk seperti pada Bauran pemasaran 4P seperti mengenai variasi produk, garansi, retur dan hal-hal lainnya.
  • Price – Dalam pemberian harga diperlukan strategi yang tepat yang berhubungan dengan sasaran pasar dan juga hal-hal lain mengenai aturan transaksi seperti aturan pembayaran dan juga hal lainnya.
  • Promotion – Strategi promosi juga merupakan hal yang diatur dalam Bauran pemasaran 7P ini.
  • Place – Place masih berhubungan dengan strategi distribusi yang digunakan dalam perusahaan.
  • People – Yang dimaksud dengan people disini adalah sumber daya manusia yang digunakan. Dalam strategi Bauran pemasaran 4P yang diperhatikan adalah strategi yang berhubungan dengan hubungan perusahaan dengan konsumen tanpa memperhatikan bagaimana strategi pengelolaan dalam perusahaan.
  • Process – Selain pengelolaan sumber daya manusianya, pengelolaan terhadap proses bisnis yang ada di dalam perusahaan juga merupakan hal yang penting diperhatikan dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu strategi Bauran pemasaran 7P ini memasukkan hal yang berkaitan dengan proses bisnis di dalamnya.
  • Physical Evidence – Ketika anda akan membuat sebuah perusahaan, bukti fisik berupa keberadaan bangunan perusahaan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Bukan hanya wajib ada tapi juga ada syarat dan ketentuannya yang diatur dalam strategi Bauran pemasaran 7P ini.
Baca Juga :  Tugas Sekretaris

 


Unsur – Unsur Bauran Pemasaran


1. Produk

Produk ialah segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, dan kemudian dibeli lalu dapat dipergunakan atau dikonsumsi, yang mana produk ini dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.


2. Harga

Harga yaitu sebuah nilai uang yang dipertukarkan oleh konsumen untuk memiliki atau menggunakan produk dan mendapatkan manfaat dari produk itu sendiri.


3. Distribusi

Distribusi adalah salah satu saluran/jalur distribusi yang produsen gunakan untuk menyalurkan barang sehingga dapat sampai kepada konsumen atau pemakai industri.


4. Promosi

Promosi merupakan berbagai komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pasar sasaran akan adanya produk dengan cara membujuk, mempengaruhi, dan meyakinkan target pembeli.

 


Tujuan Bauran Pemasaran


1. Periklanan (Advertising)

Periklanan yakni salah satu kegiatan penting dalam marketing mix. Tujuan utama dari periklanan ini adalah untuk memberikan informasi tentang produk (barang/ jasa) kepada target konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.


2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Ialah suatu kumpulan berbagai alat intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian suatu barang/ jasa.

Kegiatan inti sebagian besar berjangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang. Tujuan dari sales promotion ini yait untuk dapat meningkatkan penjualan.

Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara pemberian diskon, pengadaan kontes, pemberian kupon atau sampel produk.


3. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Direct marketing merupakan sebuah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.

Tujuan direct marketing adalah untuk mengkomunikasikan produk atau jasa secara langsung kepada konsumen yang dianggap target market potensial.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Bauran Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Konsep dan Unsur Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ Rekayasa Perangkat Lunak : Pengertian, Tujuan, Sejarah, Kriteria, Ruang Lingkup dan Faktor Pendukung Terlengkap

Baca Juga Artikel :