Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Para Ahli & Misinya Terlengkap

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Ekonomi Kreatif.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Ekonomi Kreatif? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ 7 Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Para Ahli dan Misinya Terlengkap


Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Para Ahli


1. Institute For Development Economy and Finance

Ekonomi kreatif yaitu salah satu proses peningkatan nilai tambah hasil dari eksplorasi kekayaan intelektual berupa kreativitas, keahlian, dan bakat individu menjadi suatu produk yang dapat dijual.


2. Departemen Perdagangan Republik Indonesia

Ekonomi kreatif yakni sebuah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.


3. Simatupang

Ekonomi kreatif ialah suatu industri yang berfokus pada kreasi dan ekploitasi karya kepemilikan intelektual seperti seni, film, permainan atau desain fashion, dan termasuk layanan kreatif antar perusahan seperti iklan.


4. Howkins

Ekonomi kreatif ini terdiri dari periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, desain, fashion, film, musik, seni pertunjukkan, penerbitan, penelitian dan pengembangan (R and D), perangkat lunak, mainan dan permainan, televisi dan radio, dan permainan video.


5. DCMS Creative Industries Task Force

Ekonomi kreatif merupakan berbagai industri yang berasal dari kreativitas, keahlian serta bakat seseorang dan memiliki potensi mendapatkan kekayaan serta membuka lapangan pekerjaan melalui ekploitasi kekayaan intelektual dan konten.


6. Kementerian Perdagangan Indonesia

Ekonomi kreatif adalah beberapa upaya pembangunan ekonomi secara berkelanjutan melalui dari berbagai kreativitas dengan iklim perekonomian yang berdaya saing dan juga memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan.

Baca Juga :  Ekonomi Kreatif

7. United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD)

Ekonomi kreatif sebagai konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan pada aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

 


Misi Ekonomi Kreatif

  • Peningkatan kontribusi industri kreatif terhadap pendapatan dommestik Bruto Indonesia.
  • Peningkatan ekspor nasional berbasis kreativitas dan muatan lokal dengan semangat kontemporer.
  • Peningkatan serapan tenaga kerja sebagai dampak terbukannya lapangan kerja baru di industri kreatif.
  • Peningkatan jml perusahaan berdaya saing tinggi yang bergarak di industri kreatif.
  • Penguatan pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan bagi bumi dan generasi mendatang.
  • Penciptaan nilai ekonomis dari inovasi kreatif, termauk yang berlandaskan kearifan dan warisan budaya nusantara.
  • Pertumbuhkembangkan kawasan kreatif yang potensial di wilayah Indonesia.
  • Penguatan citra kreatif produk/jasa sebagai upaya ‘Nasional Branding’ atau pencitraan negara Indonesia di mata dunia Internasional.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 7 Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Para Ahli dan Misinya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :