Entrepreneur Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Entrepreneur.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Entrepreneur? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Entrepreneur : Pengertian, Ciri, Sifat dan Kelebihannya Terlengkap


Pengertian Entrepreneur

Entrepreneur atau Pengusaha merupakan seseorang yang melakukan kegiatan wirausaha dimana biasanya orang tersebut memiliki bakat dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, membuat standar operasional, memasarkan produk, dan bisa mengatur modal untuk operasional.


Tujuan Entrepreneur

  • Dapat meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dan berkualitas.
  • Dapat menumbuhkan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat pada masyarakat.
  • Dapat mewujudkan kemampuan para wirausaha sehingga menghasilkan kesejahteraan masyarakat.
  • Dapat membudayakan sikap pantang menyerah, semangat, berperilaku baik dan kewirausahaan pada masyarakat.

Ciri-Ciri Entrepreneur

  • Creation yakni membuat suatu peluang bisnis dan peluang yang ada
  • Innovation ialah dapat melakukan pengembangan bisnis inovasi pada lingkungan bisnisnya yang mencakup produk-produk baru, proses, market, material dan organisasi.
  • Risk Undertake yaitu masing-masing entrepreneur menerima dan mengambil risiko bahwa bisnis yang dilakukannya akan mengalami kerugian atau kegagalan
  • General Management merupakan salah satu pemilik bisnis harus dapat melakukan pengelolan dan pengalokasian semua sumber dayanya yang terbatas
  • Performance Intention adalah bisa menciptakan pertumbuhan yang tinggi dan memperoleh laba atau keuntungan.

Sifat-Sifat Entrepreneur


1. Percaya Diri

Seorang entrepreneur harus dapat memiliki sifat percaya diri yang dimulai dari diri yang mantap, tidak mudah terombang-ambing oleh pendapat dan saran orang lain tapi menggunakan saran sebagai masukkan.

Baca Juga :  Kewirausahaan Adalah

2. Berorientasi Pada Tugas dan Hasil

Seorang entrepreneur harus fokus pada prestasi yang ingin dicapai, jangan mengutamakan prestige atau gengsi.


3. Berorientasi Pada Masa Depan

Seorang Entrepreneur harus bisa memiliki beberapa visi ke depan atau berpikir kedepan, hal tersebut karena dalam menjalankan usaha bukan hanya untuk didirikan sementara tapi selamanya, sehingga sebelum mendirikan usaha atau bisnis perlu dilakukan penyusunan rencana dan strategi yang matang.


4. Pengambilan Risiko

Cara pengambilan resiko dapat berpengaruh penting dalam dunia wirausaha yang penuh dengan resiko dan tantangan.

Hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa bagaimana seseorang entrepreneur mengambil resiko dengan penuh pertimbangan.


5. Kepemimpinan

Dalam diri seorang entrepreneur haruslah memiliki jiwa kepemimpinan. Seorang pemimpin yang baik harus mendengar saran dan kritik dari bawahannya demi kemajuan kinerja perusahaan.


6. Keorisinilan

Artinya, jadi entrepreneur yang tidak hanya menjadi pengekor bagi orang lain, memiliki pendapat sendiri, ide yang orisinil dan mampu merealisasikan ide tersebut.


7. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas ialah sebuah kemampuan mengembangkan ide baru dan menemukan cara baru dalam melihat peluang ataupun berupa permasalahan yang akan dihadapinya.

Sedangkan Inovasi adalah kemampuan untuk menggunakan solusi kreatif dalam mengisi peluang hingga mampu membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat.


Contoh Pekerjaan Enterpreneur


1. Social Enterpreneur

Umumnya bisnis ini akan dilaksanakan oleh beberapa orang yang berkecimpung di dunia pelayanan sosial laksana kesehatan, edukasi dan sebagainya yang membutuhkan sokongan sumber daya manusia. Contohnya ialah membuka Taman Kanak-Kanak dan membuka Klinik.


2. Lifestyle Enterpreneur

Yakni salah satu jenis bisnis independent yang dikuasai oleh satu orang. Enterpreneur jenis ini hidup di jalan yang ia pilih sendiri. Dengan kata lain cocok style-nya.

Baca Juga :  √ 10 Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli Terlengkap

Contoh gampang dari enterpreneur ini ialah membuka bisnis studio potret (apabila ketertarikannya di bidang potografi), membuka bisnis jual perangkat musik (apabila seorang pencinta musik) dan beda sebagainya.


3. Amateur Enterpreneur

Ialah serangkaian jenis enterpreneur pemula yang belum kawakan (amatir).

Umumnya jenis ini akan menegakkan sebuah bisnis yang masih dalam taraf biasa saja dan tidak mempunyai landasan logis, namun mengekor trend. Contohnya ialah bisnis online shop dan sebagainya.


4. Profesional Enterpreneur

Yaitu seorang enterpreneur profesional yang kawakan di bidangnya. Jenis ini paling mudah dicerna karena mempunyai ciri gampang kelihatan dan lazimnya bisnis yang didirakan dalam sekala besar.

Contohnya ialah membuka suatu cafe, menegakkan co-working space dan beda sebagainya.


Kelebihan Menjadi Seorang Entrepreneur

  • Mereka punya kesempatan untuk mewujudkan impian pribadi
  • Punya kesempatan untuk menciptakan perubahan pada diri sendiri dan lingkungannya
  • Mereka dapat memaksimalkan potensi diri
  • Mendapatkan keuntungan baik secara finansial maupun kualitas hidup
  • Mereka bisa memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungannya
  • Bisa melakukan banyak hal yang disukai dan memanfaatkannya untuk hal-hal baik

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Entrepreneur : Pengertian, Ciri, Tujuan, Sifat, Kelebihan & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :