Pengertian Hiponim

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Hiponim.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Hiponim? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Hiponim : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap


Pengertian Hiponim

Hiponim dalam bahasa Inggris disebut sebagai Hyonymy. Berasal dari bahasa Yunani kuno “Hypo” yang artinya “di bawah” dan “onoma” yang berarti “nama”.

Hiponim atau Kata Tertentu merupakan salah satu frasa atau kata yang kelompok semantik atau maknanya terkandung dalam kata lain, yakni hypernim atau kata umumnya.

 


Pengertian Hiponim Menurut Para Ahli


1. Edi Subroto

Hiponim yaitu sebuah kata yang memperlihatkan hubungan antara kata yang sifatnya vertikal (atas – bawah) ataupun hubungan antara klasifikas dengan anggota-anggota yang menjadi anggota kelompok maupun bawahannya.


2. Chaer

Hiponim yakni salah satu relasi semantik antara sebentuk ujaran yang memiliki makna yang termasuk dalam makna berupa ujaran lainnya.


3. Djajasudarma

Hiponim ialah suatu hubungan makna yang memiliki artian hirarki. Hubungan hiponimi memiliki kedekatan dengan sinonim.

Apabila suatu kata mempunyai seluruh unsur manka kata lain, namun tidak sebalinya, maka hubungan itu dikatakan sebagai hiponim.


4. Sumarlam

Hiponim merupakan segala satuan bahasa dari kata, frasa dan kalimat yang maknanya dinilai sebagai bagian dari makna unit bahasa lainnya.


5. Palmer

Hiponim mencakup relasi logis pada entilamen yang berarti bahwa jika hiponimnya sudah dikatakan maka bisa dibayangkan nama kelompoknya dan apabila nama kelompok sudah disebutkan, maka hiponimnya bisa disebutkan.

 


Jenis – Jenis Hiponim


1. Hiponim Umum

Baca Juga :  √ Sinonim, Antonim, Homonim, Konotasi, Polisemi, Denotasi, Akronim Hipernim & Hoponim : Pengertian & Contohnya Lengkap

Hiponim umum yakni salah satu kata yang menjadi nama umum, misalnya, teresa dan banglo house.

Ini berarti bahwa jenis rumah harus menggabungkan kata-kata rumah untuk membentuk komponen dari kata am.


2. Hiponim Tulen

Hiponim tulen merupakan suatu kata yang dapat mencakup dua kata yang dikelompokkan dengannya, yaitu nasi dan nasi.

 


Contoh Hiponim Dalam Kalimat

  • Ada beberapa jenis suara wanita, seperti mezzo-soprano, soprano dan contralto. (Kata-kata miring adalah suara yang bisa dipahami).
  • Kita berisiko mengembangkan dahak, kurap, kudis, dan bisul jika kita tidak mengikuti kebersihan tubuh. (Kata dalam huruf miring adalah hiponim untuk penyakit kulit).
  • Paduan suara menyiapkan makanan dari ayam, bebek, angsa dan kalkun. (kata-kata miring adalah nama-nama unggas).
  • Nadia goreng singkong dan ubi, dan Ayu mengupas kentang dari sup sayuran. (kata dalam huruf miring adalah sinonim untuk umbi-umbian)
  • Bu Ratna sering merasa mual setelah makan kol, kol, buncis, dan buncis. (Kata-kata miring adalah nama-nama sayuran).
  • Kemarin, ibu saya membeli Anna, katun, rajutan, spandex, dan kain satin untuk kebutuhan saya. (Kata-kata miring adalah hiponim jaringan.)
  • Park Arman berkata: “Jambu biji, petai, terong dan cabai adalah contoh tanaman dikotil. Tugas Anda adalah menambahkan contoh! ” (Kata-kata miring adalah hiponim untuk tanaman dikotil).
  • Meja dan bangku ini terbuat dari kayu mahoni, rosewood atau sengon. (Kata-kata miring adalah hiponim arboreal).
  • Para pelayan merasa malu dengan kenyataan bahwa mereka mengatur mobil, sepeda motor dan sepeda karena terlalu banyak orang. (Kata-kata miring adalah hiponim dari kendaraan).
  • Dari banyak sepatu olahraga yang saya miliki, sepatu olahraga yang paling saya gunakan adalah Nike, Fila, Adidas, dan Eagle. (Kata-kata miring adalah nama-nama sepatu olahraga).
  • Saya menyemprotkan insektisida di rumah untuk membunuh banyak serangga mati seperti kecoak, nyamuk, lalat dan semut. (Kata-kata miring adalah insonics serangga).
  • Saat ini, marmer, batu andesit, batu tulis, paliman dan candi banyak digunakan untuk membangun rumah. (Kata miring adalah hiponim batu).
  • Ada tiga jenis utama beras, yaitu: varietas padi hibrida, ditingkatkan dan lokal. (Kata miring adalah hiponim beras).
  • Kita bisa menggunakan air hujan, sumur, laut, sungai, danau, salju dan embun untuk membersihkan. (Kata-kata miring adalah nama air).
  • Kita harus bersyukur bahwa kita masih memiliki mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit yang sehat. (Kata-kata miring adalah hiponim dari panca indera)
  • Jupiter, Mars, Venus – planet selain Bumi di Galaksi Bima Sakti. (Kata-kata miring adalah hiponim planet ini)
  • Karena pemburu bakar sering mengunjungi daerah jembatan Chiminyak, harga untuk ikan mas, nila dan ikan lele telah meningkat tajam sejalan dengan permintaan pasar. (Kata-kata miring adalah nama ikan)
  • Jenis kata keterangan yang perlu kita ketahui meliputi kata keterangan modalitas, metode, jumlah, derajat, tumpang tindih, dan iringan. (Kata miring adalah eponymous dari kata keterangan).
  • Tugas Anda, misalnya, adalah untuk mengklasifikasikan harimau, naga, angsa, sapi, dan nyamuk! “- perintah guru. (kata-kata miring adalah nama binatang)
  • Sinta menyukai aroma bunga seperti melati, mawar, ylang dan malam yang lezat. (kata dalam huruf miring adalah hiponim yang menarik)
  • Marnie berlatih berbagai jenis spons dari spons karamel, spons buruk, spons pelangi, dan spons kukus. (kata dalam huruf miring adalah hiponim untuk spons)
  • Siapa yang bisa menjelaskan pentingnya otot lurik, otot polos, dan otot jantung?” Tanya guru itu. (Kata-kata miring seperti otot)
  • Toko kami juga menyediakan pupuk fosfat, nitrogen, dan pupuk kalium. (Kata dalam huruf miring adalah hiponim untuk pupuk)
  • Di institut kursus, Anda dapat memilih kursus dalam bahasa Inggris, Cina, Arab, dan Jerman. (Kata-kata miring adalah hiponim bahasa)
  • Sampai sekarang, Yasmin memelihara kucing Persia, biru Rusia, angora dan sabana di rumahnya. (kata dalam huruf miring adalah hiponim untuk kucing)
Baca Juga :  √ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Hiponim : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :