Cara Menjaga Kesehatan

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kesehatan.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kesehatan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Kesehatan : Pengertian, Jenis, Cara Menjaga dan Usaha Menjaga Terlengkap


Pengertian Kesehatan

Kesehatan berasal dari kata “sehat” dan diberi imbuhan ke-an. Kata sehat ini dari bahasa arab artinya sembuh, selamat dari cela, ataupun cacat & nyata, benar serta sesuai dengan kenyataan.

Kesehatan merupakan salah satu keadaan atau kondisi tubuh manusia yang tidak lemah, semangat dan tidak merasakan rasa sakit didalam tubunya.

 


Jenis – Jenis Kesehatan


1. Kesehatan Tubuh

Kesehatan tubuh yakni sebuah kesehatan yang dilihat dari kondisi fisik tubuh seseorang.

Kesehatan tubuh berkaitan erat dengan masalah-masalah fisik seperti terbebas dari luka atau jenis penyakit yang tampak dari luar maupun dari dalam.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, manusia perlu melakukan dua hal dalam hidupnya, yaitu menjaga pola makan yang sehat dan melakukan olahraga.

Dengan menjaga pola makan yang sehat maka tubuh akan terhindal dari berbagai macam penyakit sedangkan dengan melakukan olahraga kan membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat dan kuat.


2. Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan salah satu kesehatan yang terlihat dari kondisi jiwa maupun kondisi mental seseorang. Kesehatan mental berkaitan dengan masalah stress dan masalah-masalah terkait pikiran lainnya.

Orang dengan memiliki mental yang sehat cenderung memiliki emosi yang stabil, keseimbangan jiwa, dan tidak terlalu banyak memikirkan permasalahan.

Untuk mendapatkan kestabilan dan keseimabangan emosi dalam tubuhnya, manusia membutuhkan tubuh yang sehat dan hati yang bersih dari sifat iri, dengki, sirik, dendam dan berbagai macam sifat buruk lainnya.

Baca Juga :  √ Kelenjar Saliva (Air Ludah) : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Struktur Terlengkap

 


Cara Menjaga Kesehatan

  • Makan teratur diantaranya sarapan, makan siang, dan makan malam.
  • Tidak termasuk snack.
  • Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein, vitamin, nutrisi, gizi, zat besi, karbohidrat, dan mineral.
  • Melakukan aktivitas secara seimbang, diantaranya kegiatan bekerja/ belajar diiringi kegiatan olahraga
  • Pola tidur sehat dan normalnya selama 7-8 jam.
  • Membiasakan diri tidak merokok
  • Membiasakan diri tidak mengonsumsi narkoba
  • Tidak mengonsumsi makanan yang terlalu mengandung kolesterol.

 


Usaha Menjaga Kesehatan


1. Health Behavior

Health Behavior ialah berbagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh individu dengan membangun kesehatan melalui cara mencegah penyakit/ menanggulangi gangguan penyakitnya.

Kegiatan seperti itu syaratnya seseorang harus faham dasar pemikiran dan manfaat dari aktivitas bahwa hal itu dapat memberikan manfaat penting.

Contohnya, makan makanan berigizi atau bernutrisi, diet makanan berkolesterol tinggi, memeriksa teratur terhadap gigi, dan kesehatan fisik.


2. Ilness Behavior

Illness Behavior yaitu segala kegiatan yang dapat dilakukan oleh individu yang sakit, guna mendapatkan informasi, nasihat atau cara penyembunyannya supaya dapat kembali pada kesehatan sebelumnya.

Contohnya mengalami sakit perut dibutuhkan nasihat dokter, teman/ perawat, dan obat apa yang harus dikonsumsi.


3. Stick Role Behavior

Stick-role behavior yakni suatu yang dilakukan oleh seseorang guna untuk menjalani berbagai proses penyembuhan dari rasa sakitnya.

Taraf perilaku ini dialami oleh individu yang lebih berat dibanding dengan illness behavior.

Perilaku tersebut, individu merasa sakit dan memang harus menjalani rawat inap di rumah sakit karena tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas harian.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kesehatan : Pengertian, Jenis, Cara Menjaga dan Usaha Menjaga Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga Artikel :