Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kode Etik.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kode Etik? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ 12 Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli


1. Drs. Sidi Gajabla

Kode etik yaitu salah satu teori yang berkenaan dengan tingkah laku atau perbuatan manusia yang dilihat dari sisi baik dan sisi buruknya sejauh mana bisa ditetapkan oleh akal sehat manusia.


2. Sumaryono

Kode etik yakni beberapa studi yang berkenaan dengan kebenaran dan ketidak benaran berdasarkan kodrat manusia yang dinyatakan melalui kehendak manusia dalam bertingkah laku atau bertindak.


3. Soergarda Poerbakawatja

Kode etik ialah berbagai ilmu yang memberikan arahan atau petunjuk, acuan, serta pijakan kepada tindakan manusia.


4. H. A. Mustafa

Kode etik merupakan suatu ilmu yang menyelidiki, mana yang baik dan yang buruk dengan melihat amal perbuatan manusia sejauh yang bisa diketahui oleh akal pikiran manusia.


5. Franz Magnis Suseno

Kode etik adalah sebuah ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan petunjuk dan pijakan pada tindakan manusia.


6. Ramali & Pamuncak

KOde etik sebagai ilmu pengetahuan mengenai prilaku yang benar dalam satu profesi.


7. W. J. S. Poerwadarminto

Kode etik yaitu semua ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan asas-asas akhlak (moral).


8. Ahmad Amin

Kode etik ialah pengetahuan yang menjelaskan mengenai arti baik & buruk serta apa tindakan yang seharusnya diambil ataupun dilakukan oleh manusia, dan juga menyatakan satu tujuan yang perlu dicapai oleh manusia dalam perbuatannya serta menunjukkan arah untuk melakukan apa yang seharusnya didilakukan oleh manusia tersebut.

Baca Juga :  Pantun Teka Teki

9. Suseno

Kode etik yakni segala ilmu yang membicarakan mengenai bagaimana dan mengapa kita mengikuti ajaran moral tertentu atau bagaimana kita dalam mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan ajaran moral.


10. O. P Simorangkir

Kode etik merupakan beberapa pandangan dari manusia di dalam berperilaku berdasarkan ukuran serta nilai yang baik.


11. Sidi Gajalba

Kode etik adalah sebuah teori mengenai tingkah laku dari perbuatan manusia yang memiliki sudut pandang dari sisi yang buruk dan sisi yang baik tentunya sejauh yang bisa ditentukan oleh akal pikiran manusia.


12. H. Burhanudin Salam

Kode etik salah satu cabang filsafat yang membicarakan tentang norma dan nilai moral yang bisa menentukan perilaku Setiap manusia di dalam kehidupan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 12 Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :