Pelayanan Kesehatan

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Pelayanan Kesehatan.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Pelayanan Kesehatan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Pelayanan Kesehatan : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi dan Jenis Terlengkap


Pengertian Pelayanan Kesehatan

Pelayanan Kesehatan merupakan salah satu pelaksanaan pemeliharaan kesehatan dalam rangka mencapai derajat kesehatan baik itu untuk individu maupun masyarakat dengan secara optimal.

 


Pengertian Pelayanan Kesehatan Menurut Para Ahli


1. Depkes RI

Pelayanan kesehatan yaitu segala upaya yang menyelenggarakan perorangan atau bersama-sama dalam organisasi untuk mencegah dan meningkatkan kesehatan, memelihara serta menyembuhkan penyakit dan juga memulihkan kesehatan perorangan, kelompok, keluarga dan ataupun publik masyarakat.


2. Prof. Dr. Soekidjo Notoatmojo

Pelayanan kesehatan ialah salah satu bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang tujuan utamanya adalah pelayanan preventif (pencegahan) dan promotif (peningkatan kesehatan) memiliki sasaran yaitu publik dan masyarakat.


3. Levey & Loomba

Pelayanan kesehatan yakni berbagai upaya untuk menyelenggarakan sendiri ataupun secara bersama-sama dalam suatu organisasi kesehatan untuk mencegah dan meningkatkan kesehatan, memelihara, dan menyembuhkan penyakit dari seseorang, kelompok, keluarga, ataupun masyarakat.


4. Prof. Dr. Soekijo Notoatmojo

Pelayanan kesehatan merupakan suatu bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang tujuan utamanya adalah pelayanan preventif (pencegahan) dan promotif (peningkatan kesehatan) memiliki sasaran yaitu publik dan masyarakat.

 


Tujuan Pelayanan Kesehatan

  • Promotif ialah suatu perawatan dan pengembangan kesehatan, keadaan tersebut sangat dibutuhkan seperti dalam pengembangan gizi.
  • Preventif yaitu sebuah penghindaran atas orang yang berbahaya tentang penyakit.
  • Preventif Primer yakni yang terdiri dari metode pendidikan, seperti imunisasi, pengadaan nutrisi yang baik.
  • Preventif Sekunder merupakan salah satu penyembuhan penyakit fase sejak dini.
  • Preventif Tersier adalah berbagai pemeriksaan penyakit, pembuatan pemeriksaan dan pengobatan.
  • Kuratif merupakan cara mengobati penyakit.
  • Rehabilitasi sebagai penyembuhan dan dengan teknik pengobatan.

 


Ciri Pelayanan Kesehatan Yang Baik

  • Ramah dan komunikatif.
  • Responsif atau cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan terutama kepada pasien yang membutuhkan penanganan segera.
  • Menyediakan sarana dan prasarana yang baik
  • Tidak pilih kasih dalam memberikan pelayanan baik kepada siapapun dan tidak membeda-bedakannya
  • Ikhas dan tulus dalam melayani pasien,serta memberikan pelayanan sebaik mungkin

 


Fungsi Pelayanan Kesehatan

  • Melaksanakan pelayanan kesehatan umum kepada masyarakat
  • Melaksanakan pemeriksaan dan pengobatan kepada masyarakat agar terhindar dari penyakit
  • Memberi penyuluhan pada pasien/ masyarakat tentang pentingnya kesehatan
  • Menjadikan masyarakat senantiasa sehat dan sejahtera
  • Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat

 


Jenis – Jenis Pelayanan Kesehatan


1. Pelayanan Kedokteran

Pelayanan kesehatan yang termasuk dalam kelompok pelayanan kedokteran (medical services) ini ditandai dengan cara pengorganisasian yang dapat bersifat sendiri (solo practice) atau secara bersama-sama dalam satu organisasi.

Tujuan utamanya untuk dapat menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan, serta sasarannya terutama untuk perseorangan dan keluarga.


2. Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pelayanan kesehatan yang termasuk dalam kelompok kesehatan masyarakat (public health service) juga ditandai dengan cara pengorganisasian yang umumnya secara bersama-sama dalam suatu organisasi.

Tujuan utamanya untuk bisa saling memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit, serta sasarannya untuk kelompok dan masyarakat.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Pelayanan Kesehatan : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :