Pengertian Lockdown, Karantina & Isolasi Virus Corona Terlengkap

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Virus Corona.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Virus Corona? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Pengertian Lockdown, Karantina dan Isolasi serta Cara Mencegah Virus Corona Terlengkap


Pengertian Lockdown

Lockdown merupakan salah satu situasi di mana orang tidak diizinkan masuk atau meninggalkan gedung atau area secara bebas karena sebuah keadaan darurat.

Lockdown juga bisa diartikan sebagai protokol darurat yang biasanya mencegah orang meninggalkan suatu area. Protokol ini biasanya hanya bisa diajukan oleh seseorang dalam posisi otoritas seperti pemimpin negara atau daerah.

 


Pengertian Karantina

Karantina adalah suatu tempat penampungan yang biasanya lokasi tertentu dibuat sejauh mungkindari keramaian untuk dapat memastikan apakah orang-orang yang dikarantina benar-benar terbebas dari virus.

Periode isolasi menurunkan kemungkinan orang dapat menularkan penyakit ke orang lain.

Tak seperti isolasi yang diperuntukkan bagi orang yang telah terinfeksi, karantina tidak hanya diperuntukkan bagi orang sakit saja.

Orang yang tampak sehat dapat menyebarkan patogen tanpa pernah tahu bahwa mereka memilikinya. Inilah yang membuat karantina penting dilakukan.

 


Pengertian Isolasi

Isolasi yaitu sebuah langkah memisahkan orang sakit yang memiliki penyakit menular dari orang yang tidak sakit. Isolasi memungkinkan orang yang terinfeksi menjauh dari orang sehat untuk mencegah penyebaran penyakit.

Isolasi bisa dilakukan oleh pihak medis yang berwenang atau dilakukan secara mandiri. Dalam istilah medis, isolasi merupakan salah satu dari beberapa tindakan yang dapat diambil untuk menerapkan pengendalian infeksi.

Fasilitas khusus digunakan untuk merawat pasien yang diisolasi seperti pelindung diri dan ruangan khusus. Ruang isolasi khusus dapat dibangun di rumah sakit, atau dapat pula membangun unit isolasi sementara di tengah keadaan darurat.

Baca Juga :  Komponen Ekosistem

 


Cara Mencegah Penularan Virus Corona

  • Tetap di rumah kecuali untuk mendapatkan perawatan medis. Anda harus membatasi aktivitas di luar rumah, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis.
  • Tetap di rumah dan hindari area publik. Jangan pergi bekerja, sekolah, atau pergi ke area publik. Hindari menggunakan transportasi umum atau berbagi perjalanan.
  • Pisahkan diri dari orang lain dan hewan di rumah.
  • Jika ingin memeriksakan diri ke dokter, hubungi penyedia layanan kesehatan dan beri tahu mereka bahwa Anda memiliki atau mungkin memiliki virus Corona.
  • Kenakan masker wajah jika sakit atau sedang merawat orang yang sakit.
  • Tutupi mulut dan hidung saat batuk atau bersin.
  • Sering mencuci tangan.
  • Hindari berbagi barang-barang pribadi.
  • Bersihkan semua permukaan benda yang sering disentuh setiap hari.
  • Memantau gejala saat sedang sakit.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Pengertian Lockdown, Karantina dan Isolasi serta Cara Mencegah Virus Corona Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :