Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Sistem Informasi Manajemen. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Sistem Informasi Manajemen? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 16 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

1. Nash & Robert

Sistem informasi manajemen yaitu segala kombinasi dari user/orang, teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu.

2. James O’Brien

Sistem informasi manajemen ialah beberapa kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user atau manusia, hardware, software, jaringan komputer dan jaringan komunikasi data, dan juga database yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang suatu organisasi.

3. Danu Wira Pangestu

Sistem informasi manajemen yakni sekumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna bagi semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Baca Juga : Sistem Informasi Manajemen

4. Azhar Susanto

Sistem informasi manajemen merupakan berbagai kumpulan/ group dari sub sistem/ komponen apapun, baik fisik maupun non fisik yang saling berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi dalam hal pengevaluasian, pengendalian dan perbaikan berkelanjutan.

5. Raymond McLeod Jr

Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pengguna yang memiliki kebutuhan yang sama.

6. Bodnar & Hopwood

Sistem informasi manajemen sebagai kumpulan dari perangkat keras atau hardware maupun perangkat lunak atau software untuk mentransformasikan data ke dalam suatu bentuk informasi yang lebih berguna.

7. Joel D. Aron

Sistem informasi manajemen yaitu salah satu sistem informasi yang memberikan informasi atau data yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam mengambil keputusan.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

8. Gordon B. Davis

Sistem informasi manajemen yakni semua sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasional, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

9. James AF Stoner

Sistem informasi manajemen ialah suatu metode formal yang memberikan pihak manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya, dan dapat mendukung proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, serta fungsi operasi sebuah organisasi yang lebih efektif.

10. Leonardo Hasahatan Siregar

Sistem informasi manajemen merupakan berbagai sistem yang terstruktur dan dipakai dalam pengelolaan data berbasis komputer.

11. George M. Scott

Sistem informasi manajemen adalah serangkaian sub-sistem informasi secara keseluruhan yang terintegrasi rasional dan terpadu serta dapat mengubah data yang tersedia menjadi informasi melalui suatu proses/metode yang digunakan untuk peningkatan produktivitas yang cocok dengan gaya kepemimpinan manajer berdasarkan kriteria kualitas yang ditentukan.

12. Jogiyanto Hartono

Sistem informasi manajemen sebagai sekumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli

13. Tuba, Mc lean dan Waterbee

Sistem informasi manajemen yaitu beberapa sistem yang mengumpulkan, mengoperasikan, menyimpan, melakukan analisa, dan menyebarkan informasi dengan tujuan yang spesifik.

14. Ensiclopedia of Management

Sistem informasi manajemen yakni sebuah pendekatan yang dilakukan secara terencana dan disusun dalam rangka memberi bantuan untuk mempermudah proses manajerial pada pejabat pimpinan organisasi.

15. E.S Margianti & Suryadi H.S

Sistem informasi manajemen ialah beberapa sistem berdasarkan komputer yang menjadikan sebuah informasi dapat digunakan oleh para manajer untuk kebutuhan yang sama.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli

16. Imam Prayogo Pujiono

Sistem informasi manajemen merupakan salah satu sistem yang dapat mengolah serta mengorganisasikan data dan informasi sehingga dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk mendukung perencanaan, pengendalian dan pelaksanaan tugas dalam suatu organisasi.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.