Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Strategi. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Strategi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 30 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

1. Bussines Dictionary

Strategi merupakan suatu metode atau rencana yang dipilih untuk membawa masa depan yang diinginkan, seperti pencapaian tujuan atau solusi untuk masalah.

2. Siagian

Strategi ialah serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut.

3. Stephanie K. Marrus

Strategi adalah sebuah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

4. David

Strategi yakni salah satu cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture.

Baca Juga : Materi Strategi

5. Pearce & Robinson

Strategi yaitu berbagai rencana main suatu perusahaan. Strategi mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai bagaiman, kapan dan dimana ia harus bersaing menghadapi lawan serta dengan maksud dan tujuan apa.

6. Morrisey

Strategi sebagai proses untuk menentukan arah yang harus dituju oleh suatu perusahaan supaya dapat tercapai segala misi.

7. Syafrizal

Strategi merupakan semua cara untuk mencapai suatu tujuan dengan berdasarkan analisa terhadap faktor eksternal dan internal.

8. Anthony dan Govindarajan

Strategi ialah segala proses dalam manajemen yang sistematis yang didefinisikan sebagai proses dalam pengambilan keputusan atas program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi & perkiraan sumber daya yang akan dialokasikan dalam setiap program selama beberapa tahun mendatang.

9. Mintzberg

Strategi adalah berbagai pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan-tujuan utama organisasi, kebijakan, dan urutan kegiatan menjadi suatu kesatuan.

10. Wright

Strategi yaitu sebuah alat atau tindakan yang digunakan oleh manajemen untuk mencapai kinerja yang konsisten dengan misi dan tujuan organisasi.

Baca Juga : Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

11. Carl Von Clausewits

Strategi yakni suatu penggunaan pertempuran untuk memenangkan peperangan (“the use of engagements for the object of war”).

12. Craig & Grant

Strategi sebagai penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang (targeting and long-term goals) sebuah perusahaan dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan (achieve the goals and objectives).

13. Johnson & Scholes

Strategi adalah sebuah arah dan ruang lingkup sebuah organisasi dalam jangka panjang yang mencapai keuntungan bagi organisasi melalui konfigurasi sumber daya dalam lingkungan yang menantang, untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memenuhi harapan pemangku kepentingan.

14. Hamel dan Prahalad

Strategi merupakan beberapa tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.

15. Glueck dan Jauch

Strategi ialah serangkaian rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi.

16. A. Halim

Strategi yaitu segala cara dimana sebuah lembaga atau organisasi mencapai suatu tujuannya sesuai dengan peluang dan ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi serta kemampuan dan sumber daya.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

17. Kaplan dan Norton

Strategi yakni seperangkat hipotesis suatu model dalam hubungan cause dan effect yaitu suatu hubungan yang bisa di ekspresikan dengan hubungan antara if & then.

18. Rangkuti

Strategi sebagai salah satu alat untuk dapat mencapai tujuan.

19. Lynch

Strategi merupakan semua pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utama atau kebijakan perusahaan dengan rangkaian tindakan dalam sebuah pernyataan yang saling mengikat.

20. Argyris

Strategi adalah berbagai respon secara terus-menerus dan adaptif terhadap peluang dan ancaman eksternal serta kekuatan dan kelemahan internal yang dapat mempengaruhi organisasi.

21. Kuncoro

Strategi ialah beberapa penentuan kerangka kerja dari aktivitas bisnis perusahaan dan memberikan pedoman untuk mengordinasikan kegiatan.

22. Andrews

Strategi yaitu berbagai pola sasaran, tujuan dan kebijakan/rencana umum untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan, yang dinyatakan dengan mendefinisikan apa bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, atau yang seharusnya dijalankan oleh perusahaan.

Baca Juga : Strategi Pemasaran

23. James Brian Quin

Strategi yakni segala pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utama, kebijakan, dan urutan tindakan organisasi ke dalam keseluruhan yang kohesif.

24. Porter

Strategi sebagai alat yang sangat penting untuk mencapai keunggulan bersaing.

25. Chandler

Strategi adalah sebuah alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, serta prioritas alokasi sumber daya.

26. Tjiptono

Strategi merupakan suatu rencana untuk pembagian dan penggunaan kekuatan militer pada daerah-daerah tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

27. Anderson et al

Strategi yaitu berbagai visi jangka panjang yang terdiri dari misi, tujuan atau sasaran, kebijakan serta distintive competence dari suatu perusahaan.

Baca Juga : Strategi Komunikasi

28. Hill

Strategi yakni segala cara yang memfokuskan pada suatu hal yang berkaitan dengan aktivitas manufakture dan pemasaran. Kesemuanya dilakukan untuk mengembangkan perspektif perusahaan melalui agregasi.

29. Skninner

Strategi ialah semua filosofi yang memiliki keterkaitan dengan alat dalam mencapai tujuan.

30. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Strategi sebagai ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa-bangsa untuk dapat melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Pengertian Strategi Menurut Para Ahli Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.