Karakteristik Tesis

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Tesis.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tesis? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Tesis : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis dan Karakteristik Terlengkap


Pengertian Tesis

Tesis merupakan salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang dijadikan tugas akhir mahasiswa yang dalam bentuk dokumen tertulis dimana dalam pembuatannya menggunakan metode ilmiah yang tujuannya untuk mendapatkan gelar tertentu pada pendidikan di perguruan tinggi.

 


Pengertian Tesis Menurut Para Ahli


1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Tesis yakni sebuah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen dalam karangan yang berfungsi untuk mendapatkan gelarh kesarjanaan pada perguruan tinggi.


2. Wikipedia

Tesis ialah salah satu pernyataan atau teori yang didukung oleh arguman yang dikemukakan dalam karya tulis ilmiah; untuk mendapatkan gelar pada perguruan tinggi.

 


Ciri – Ciri Tesis

  • Pada umunya penyajian karya ilmiah maka strukturnya sangat ketat, seringkali terdiri dari bagian awal atau pendahuluan, bagian inti atau pokok pembahasan dan bagian penutup (berisi kesimpulan).
  • Jenis komponen karya ilmiah beragam, tetapi semua karya ilmiah mempunyai pendahuluan, bagian inti, penutup dan daftar pustaka.
  • Sikap seorang penulis dalam sebuah karya ilmiah objektif, yang berarti karya tersebut disampaikan dengan gaya bahasa impersonal, dengan penggunaan bentuk pasif yang banyak, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.
  • Umumnya bahasa yang dipakai adalah bahasa baku.
  • Biasanya terdapat tulisan yang bersifat objektif, artinya disampaikan dengan gaya bahasa impersonal.
Baca Juga :  √ 15 Sistematika Karya Tulis Ilmiah Terlengkap

 


Tujuan Tesis

  • Untuk menjelaskan atau mendeskripsikan sebuah fenomena ilmu pengetahuan dengan komprehensif.
  • Untuk dapat merumuskan hipotesis berdasarkan sebuah teori dan menghasilkan sebuah jawaban dari hipotesis tersebut.

 


Jenis – Jenis Tesis


1. Tesis Kuantitatif

Tesis kuantitatif ialah suatu tesis yang dibikin atau dibuat untuk mendirikan ataupun membangun berbagai macam pernyataan maupun kerangka hipotetikal. Tesis kuantitatif sering pula disebu Nalar Deduktif Hipotetikal.


2. Tesis Kualitatif

Tesis kualitatif yakni sebuah jenis tesis yang dibikin bukan untuk membangun berbagai macam pernyataan maupun kerangka hipotetikal.

Tesis jenis ini ditujukan sebagai penelitian yang bersifat non kuantitatif. Sering disebut dengan Nalar Induktif Non Hipotetikal.

 


Karakteristik Tesis

  • Tesis umumnya difokuskan hanya pada suatu pertanyaan sentral yang ada dalam disiplin pendidikan. Tesis ini cenderung dilakukan sesuai dengan jenis program studi yang diambil oleh mahasiswa yang akan membuatnya.
  • Tesis pada umumnya dibangun berdasarkan tes empirik dari posisi teoritis tertentu.
  • Tesis ini selalu menggunakan beberapa data primer sebagai data utama dan ditambahkan dengan beberapa data sekunder sebagai data pendukung atau data perbandingan.
  • Tesis ini juga harus ditulis menggunakan kata kata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika program studi yang diambil adalah program studi bahasa asing, tesis juga harus ditulis menggunakan tata bahasa asing yang baik dan benar.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Tesis : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis dan Karakteristik Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :