Transparansi Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Transparansi Keuangan.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Transparansi Keuangan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ 6 Pengertian Transparansi Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Transparansi Keuangan Menurut Para Ahli


1. Mardiasmo

Transparansi Keuangan yaitu sebuah keterbukaan (openness) pemerintah dalam memberikan informasi yang terkait dengan aktivitas pengelolaan sumber daya publik kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi.


2. Agoes dan Ardana

Transparansi Keuangan yakni suatu kewajiban bagi para pengelola untuk menjalankan prinsip keterbukaan dalam proses keputusan dan penyampaian informasi.


3. Dwijowijoto

Transparansi Keuangan ialah semua keputusan yang diambil dan penerapannya dibuat dan dilaksanakan sesuai koridor hukum dan peraturan yang berlaku.


4. Tanjung

Transparansi Keuangan merupakan segala keterbukaan dan kejujuran kepada masyarakat berdasarkan pertimbangan bahwa masyarakat memiliki hak untuk mengetahui secara terbuka dan menyeluruh atas pertanggungjawaban pemerintahan dalam sumber daya yang di percayakan kepadanya dan ketaatannya pada peraturan perundang-undangan.


5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 24 Tahun 2005 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan

Transparansi Keuangan adalah salah satu pelaksanaan tugas dan kegiatan yang bersifat terbuka bagi masyarakat mulai dari proses kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian yang mudah diakses oleh semua pihak yang membutuhkan informasi tersebut.


6. Hidayat

Transparansi Keuangan sebagai masyarakat harus bisa memperoleh informasi secara bebas dan mudah tentang proses dan pelaksanaan keputusan yang diambil.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 6 Pengertian Transparansi Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  Good Governance

Baca Juga Artikel :