Ciri-Ciri Novel

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Novel ?? bagi para remaja wanita sudah tidak asing lagi yang nama nya novel, karena dikalangan remaja wanita, Membaca novel menjadi favorit bagi kaum remaja wanita dalam mengisi luang ketika bosan. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang pengertian novel, Jenis-jenis novel, dan unsur-unsur novel beserta contohnya. Untuk itu mari lah simak ulasan dibawah berikut.

√ Novel : Pengertian, Ciri, Unsur, Jenis & Contohnya Lengkap

Pengertian Novel

Novel ialah suatu karya fiksi prosa yang ditulis dengan secara naratif dan biasanya ditulis dalam sebuah bentuk cerita. Kata novel berasal dari bahasa Italia yaitu novella yang artinya sebuah kisah atau sepotong cerita. Penulis novel disebut dengan novelis. Isi dalam sebuah novel lebih panjang dan lebih kompleks dari isi cerpen, serta tidak ada sebuah batasan struktural dan sajak. Pada umumnya sebuah novel bercerita tentang suatu tokoh-tokoh dalam kehidupan sehari-hari dan beserta semua sifat, watak dan tabiatnya. Untuk lebih meyakinkan lagi tentang pengertian novel disini akan menjabarkan definisi pengertian novel menurut para ahli.


Pengertian Novel Menurut Para Ahli

1. Drs. Jakob Sumardjo

Menurut Drs. Jakob Sumardjo menyatakan bahwa Novel ialah sebuah bentuk sastra yang sangat populer di dunia. Bentuk sastra yang satu ini paling banyak beredar dan dicetak, karena daya komunitasnya yang sangat luas dalam masyarakat.


2. Drs. Rostamaji, M.Pd dan Agus Priantoro, S.Pd

Menurut Rostamaji dan Agus menyatakan bahwa Novel ialah suatu karya sastra yang mempunyai dua unsur, yaitu: intrinsik dan ekstrinsik yang dimana keduanya saling berhubungan karena mempunyai pengaruh dalam sebuah karya sastra.


3. Paulus Tukam, S.Pd

Menurut Paulus Tukam menyatakan bahwa Novel adalah suatu karya sastra yang berbentuk suatu prosa dan memiliki sebuah unsur-unsur intrinsik didalamnya.


4. Dr. Nurhadi, Dr. Dawud, Dra. Yuni Pratiwi, M.Pd, Dra. Abdul Roni, M. Pd

Menurut pendapat mereka, novel ialah sebuah bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat sebuah nilai-nilai budaya, sosial, pendidikan dan moral.


Struktur Novel

Dibawah ini merupakan struktur novel, berikut ini merupakan penjelasan mengenai struktur novel, yakni?

  • Abstrak : Abstrak merupakan bagian ringkasan isi cerita yang biasanya itu bisa ditemukan pada bagian awal /pertama cerita dalam novel.
  • Orientasi : orientasi merupakan bagian penjelasan tentang latar waktu serta suasana. Misalnya terjadinya cerita, kadang juga dapat berupa pembahasan penokohan atau perwatakan.
  • Komplikasi : adalah sebuah urutan kejadian yang dihubungkan dengan adanya sebuah sebab akibat, yang mana tiap-tiap peristiwa atau kejadian itu terjadi karena adanya suatu sebab serta mengakibatkan timbulnya kejadian atau peristiwa yang lainnya.
  • Evaluasi : evaluasi adalah bagian yang mana konflik yang terjadi pada tahap komplikasi itu terarah menuju pada titik tertentu.
  • Resolusi : resolusi adalah suatu bagian dalam novel yang menimbulkan solusi atas sebuah masalah  atau konflik yang sedang terjadi.
  • Koda : koda adalah suatu bagian akhir atau penutup cerita didalam novel.

Ciri-Ciri Novel

  • Mempunyai Jumlah katanya lebih dari 35.000 buah.
  • Mempunyai Jumlah waktu rata-rata nya yang dipergunakan dalam membaca sebuah novel yang paling pendek memakan waktu nya minimal 2 jam atau 120 menit.
  • Mmepunyai Jumlah halaman novel nya minimal 100 halaman.
  • Novel bergantung pada pelaku dan mungkin bisa lebih dari satu pelaku.
  • Dalam Novel menyajikan lebih dari satu impresi, efek dan emosi.
  • Mempunyai Skala novel nya luas.
  • Pada Seleksi dalam novel lebih luas.
  • Pada Kelajuan dalam novel kurang cepat.
  • Mempunyai sebuah unsur-unsur kepadatan dan intensitas dalam sebuah novel kurang diutamakan.

Unsur-Unsur Novel

1. Unsur Intrinsik

Unsur interinsik ialah sebuah unsur yang membangun sebuah karya atau karangan novel yang dari dalam yang akan mewujudkan suatu struktur karya sastra, yang seperti: tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, sudut pandang, gaya bahasa yang digunakan dan amanat.

  • Tema ialah pokok dari sebuah permasalahan yang terdapat pada sebuah cerita didalam novel yang dibuat

  • Penokohan ialah sebuah pemberian watak atau yang disebut karakter pada sebuah pelaku yang ada dialam sebuah cerita. Para pelaku atau tokoh bisa diketahui dari suatu karakternya yaitu dari ciri fisik, bertindak, maupun dari lingkungan tempat tinggal.

  • Alur ialah suatu rangkaian peristiwa yang membentuk jalannya sebuah cerita novel. Alur bisa dibedakan menjadi dua bagian, yaitu: Alur maju atau progresif yaitu jika dalam ceritanya bergerak secara beraturan dengan berdasarkan urutan dari suatu kronologis menuju sebuah alur cerita, dan sedangkan pada alur mundur atau flashback progresif, yaitu: jalan ceritanya terjadi karena ada sebuah kaitannya dengan peristiwa yang sedang berlangsung.

  • Gaya Bahasa ialah sebuah alat utama pengarang dalam menggambarkan atau melukiskan serta menghidupkan sebuah cerita secara estetika. Jenis dari gaya bahasa ini yaitu sebagai berikut:
    • Personifikasi, ialah salah satu gaya bahasa yang menggambarkan atau mendeskripsikan macam-macam sebuah benda mati yaitu dengan cara memberikan berbagai macam sifat seperti manusia.
    • Simile atau perumpamaan, ialah salah satu gaya bahasa yang menggambarkan sesuatu dengan perumpamaan atau pengibaratan.
    • Hiperbola, ialah salah satu gaya bahasa yang menggambarkan sebuah cerita dengan cara berlebihan dengan tujuan memberikan efek yang berlebihan pula.

  • Latar / Setting Latar ialah sebuah penggambaran akan terjadinya sebuah peristiwa dalam sebuah cerita yang meliputi yaitu waktu, tempat, sosial budaya, dan juga pada keadaan lingkungan.

  • Sudut Pandang Bisa disimpulkan bahwa sudut pandang adalah sebuah penempatan diri pengarang dan juga cara pengarang dalam melihat berbagai macam sebuah kejadian dalam cerita yang diceritakan atau dipaparkannya.

  • Amanat Amanat ialah sebuah pesan yang disampaikan yang terdapat pada sebuah cerita dalam novel.

2. Unsur Ekstrinsik

Unsur eksterinsik ialah sebuah unsur yang membangun dari luar sebuah karya sastra (novel), seperti pada sebuah aspek ekonomi penulis, budayanya, agama, latar belakang penulis, pendidikan penulis, dan lain sebgainya

  • Pada kapankah karya sastra itu dibuat.
  • Unsur latar belakang pada kehidupan si pengarang.
  • Unsur latar belakang sosial pada sih pengarang.
  • Haru ada Biografi Pengarang.
  • Sejarah dan lian-lain.

Jenis-Jenis Novel

1. Berdasarkan nyata atau tidaknya sebuah cerita, novel terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Novel fiksi, Jenis novel yang satu ini yaitu yang sesuai dengan namanya,novel ini berkisah tentang hal yang fiktif dan tidak pernah terjadi, tokoh, alur maupun latar belakangnya hanya sebuah rekaan penulis saja. contohnya: Film Twillight dan film Harry Potter
  • Novel non fiksinovel ini kebalikan dari sebuah novel fiksi yaitu sebuah novel yang mencritakan tentang hal yang nyata yang sudah pernah terjadi, biasanya jenis novel ini berdasarkan sebuah pengalaman seseorang,dan kisah nyata atau berdasarkan sejarah. contohnya: Film Laskar Pelangi

2. Jenis novel berdasarkan genre cerita, jenis novel ini di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Novel romantic jenis novel yang satu ini bercerita tentang seputar percintaan dan kasih sayang dari awal hingga akhir. contohnya : Pada film Ayat Ayat Cinta, Gita Cinta dari SMU
  • Novel horror jenis novel yang satu ini mempunyai cerita tentang yang menegangkan, seram dan pastinya membuat para pembaca novel ini berdebar debar, pada umumnya novel ini bercerita tentang hal hal yang mistis atau seputar dunia gaib. contohnya : Film Bangku Kosong, Hantu Rumah Pondok Indah. dan lain sebgainnya
  • Novel misteri jenis novel ini cerita nya lebih rumit karena cerita jenis novel ini akan menimbulkan rasa penasaran hingga akhir cerita. contohnya: Jenis-jenis Novel karangan Karen Rose dan Agatha Christie
  • Novel komedi Jenis novel yang satu ini sesuai dengan namanya, jenis novel ini mengandung sebuah unsur kelucuan atau membuat orang tertawa dan benar benar tertidur. contohnya : Novel Masuk Masukin Saja, Kambing Jantan, 30 Hari Mencari Cinta, dan lain sebgainya.
  • Novel Inspiratif jenis novel yang satu ini yang ceritanya mampu menginspiri banyak orang, pada umumnya novel ini sarat akan sebuah pesan moral atau hikmah tertentu yang bisa di ambil oleh sih pembaca sehingga pembaca merasa mendapatkan suatu dorongan dan motivasi untuk melakukan suatu hal yang lebih baik. contohnya : Novel Negeri 5 Menara, Laskar Pelangi, dan lain sebgainya.

3. Jenis novel berdasarkan isi,tokoh dan pangsa pasar

  • Teenlit berasal dari sebuah kata teen yang artinya remaja dan lit dari kata literature yang artinya sebuah tulisan /karya tulis. Jenis novel ini berceritakan tentang seputar permasalahan para remaja, pada umumnya, tentang masalah percintaan atau persahabatan. Tokoh dan target pasar novel ini ialah pada anak usia remaja, usia yang di anggap labil dan mempunyai banyak permasalahan. contohnya: pada novel Me vs Heighells, Dealova, dam lain sebgainya.
  • Chicklit chick ialah bahasa slang dari amerika yang artinya wanita muda, jadi jenis novel yang satu ini menceritakan tentang seputar kehidupan atau permasalahan yang di alami oleh seorang wanita muda pada umumnya. Jenis buku novel ini sebenarnya bisa di nikmati oleh siapa saja, namun umumnya cerita dari novel ini lebih kompleks, rumit bahkan kadang mengandung sebuah unsur dewasa yang tidak terlalu mudah di tangkap oleh sih pembaca usia remaja. contohnya : Pada novel Miss Jutek, Testpack, dan lain sebagainya.
  • Songlit jenis novel yang satu di tulis berdasarkan sebuah lagu contohnya ruang rindu, di mana judul novel ini ialah judul sebuah lagu ciptaan band letto yang berasal dari band indonesia yang terkenal lewat sebuah lagu ini yang menjadi soundtrack sinetron intan yang melambungkan nama naysila mirdad dan dude harlino menjadi artis sinteron, novel jenis ini bisa di nikmati oleh siapa saja baik remaja maupun orang dewasa.
  • Novel dewasa novel jenis ini tentu saja hanya di peruntukkan hanya bagi orang dewasa karena umumnya menceritakan tentang seputar percintaan yang mengandung sebuah unsur sensualitas orang dewasa. contohnya : pada novel Saman dan Larung penulis Ayu Utami

Novel merupakan salah satu karya tulis dalam bentuk cerita dan tidak jarang novel ini dijadikan film layar lebar. Itulah penjelasan tentang √ Novel : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca sekian dan terimkasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :