Hewan Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Avertabrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Disini saya akan menjelaskan pengertian Avertebrata, jenis-jenis avertebrata, dan kelas avertebrata. untuk itu mari simak penjelasan dibawah berikut.

√ Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang) : Pengertian, Jenis, Klasifikasi, Ciri & Contohnya Lengkap


Pengertian Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)

Avertebrata hewan yang tidak memiliki tulang belakang. avertebrata diklasifikasikan menjadi 8. dan kebanyakan cara reproduksi nya dengan reproduksi seksual


Jenis-Jenis Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)

1. Hewan Berpori (Porifera)

Porifera sering disebut hewan berpori-pori karena tubuhnya berpori. Kebanyakan hewan dari golongan ini hidup dilaut dangkal, tetapi ada pula yang hidup di ari tawar. Porifera mempunyai rangka tubuh yang menyerupai duri (spikula) yang tersusun dari zat apur, kersik, atau zat tanduk yang disebut spongin.

Contoh anggota porfera : Xestospongia sp, Reniochalina sp, dan cribrochalina sp.

Menurut Bahan penyusun rangkanya, porifera dibagi menjadi 3 kelas, yaitu : 1. Hexactinelida, 2. Demospongia, dan 3. calcarea.


2. Hewan Berongga (Coelenterata)

Hewan berongga merupakan hewan yang memiliki rongga. Rangka dari zat kapur/zat tanduk dan bersifat hermaprodit. Bersifat heterotof dengan memakan plankton dan hewan kecil di air. Habitat di air laut maupun di air tawar. Berdasarkan bentuk dominan dalam siklus hidupnya,

Contoh Hewan berongga diklasifikasikan menjadi 3 kelas yaitu : Hydrozoa, scyphozoa, dan anthozoa.


3. Cacing Pipih (Platyheminthes)

Platyheminthes sering disebut cacing pipih (platy berarti pipih dan heminthes berarti cacing) karena bentuk tubuhnya pipih dorsoventral. Platyheminthes meliputi kelompok cacing yang tubuhnya pipih dan relatif sederhana dibandingkan dengan filum cacing yang lain.

Contoh Hewan Platyheminthes dibagi menjadi 3 kelas, yaitu : Turbelaria (Cacing berambut getar), trematoda (cacing isap), dan cestoda (cacing pita).


4. Cacing Gilig (Nemathelminthes)

Nemathelminthes berasal dari bahasa yunani nematos (benang) dan thelminthes (cacing) yang berarti cacing yang berbetnuk gilig seperti benang. nama lain Nemathelminthes adalah nematoda.

Contoh Hewan Nemathelminthes dibagi menjdai dua kelas, yaitu : Nematoda, dan Nematophora.


5. Cacing Berbuku-Buku (Annelida)

Annelida berasal dari bahasa yunani, annulus yang berarti cincin, dan oidos berarti bentuk. Dari namanya Annelida dapat disebut sebagai cacing yang bentuk tubuhnya bergelang-gelang atau disebut cacng gelang. Menurut banyak sedikitnya rambut (seta),

Contoh Hewan annelida dibagi menjadi tiga kelas yaitu : polyhaeta, olygochaeta, dan hirudinea.


6. Hewan Lunak (Mollusca)

Mollusca berasal dari bahasa latin molluscus yang artinya lunak. Mollusca merupakan kelompok hewan yang bertubuh lunak. Oleh karena struktur tubuhnya yang lunak inilah, Mollusca dikelompokan hewan lunak.

Contoh Hewan Mollusca terbagi menjadi lima kelas berdasarkan tipe kaki, posisi kaki, dan tipe cangkang. Lima kelas tersebut adalah, Amphineura, gastropoda, schaphopoda, pelecypoda, dan cephalopoda.


7. Hewan Berkulit Duri (Echinodermata)

Echinodermata adalah hewan yang tubuhnya diselimuti duri, ada lempengan zat kapur/zat kitin yang keras. Tubuh simetri radial dengan lima lengan. Pada tubuhnya terdapat sistem ambulakral untuk alat gerak, bernafas, dan menangkap mangsa.

Contoh Hewan Berkulit Duri Ada 5 kelas yaitu : asteroidea, echinoidea, landak laut, ophiuroidea, crinoidea, dan holothuroidea.


8. Hewan dengan kaki beruas-ruas (Arthropoda)

Arthropoda berasal dari kata arthros (sendi atau ruas) dan podos (kaki) yang berarti hewan dengan kaki yang bersendi atau beruas-ruas. Arthropoda memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Arthropoda adalah hewan berbuku-buku, tubuhnya dibedakan atas kepala, dada, dan perut. Tubuh terbungkus zat kitin yang keras, memiliki alat indra yang peka terhadap sentuhan dan bau-bauan, memiliki mata faset yaitu mata majemuk terdiri atas beribu-ribu mata kecil berbentuk segi enam.

Contoh Hewan Arthropoda dikelompokan menjadi 4 kelas yaitu : Insecta (serangga), crustacea(udang-udangan), arachnoidea (Laba-laba), dan Myriapoda (lipan)


Ciri Ciri Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)

  • Rangka tubuh terletak di luar.
  • Susunan saraf terletak di bawah sistem pencernaan.
  • Multiseluler.
  • Sistem ekskresi masih sangat sederhanal.
  • Simetri tubuh bilateral dan radial.

Itulah penjelasan tentang √ Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang) : Pengertian, Jenis, Klasifikasi, Ciri & Contohnya Lengkap. semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :