Macam-Macam Norma

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Norma merupakan suatu yang mengatur seseorang individu atau kelompok didalam lingkungan masyarakat. jadi norma-norma itu sangat penting didalam masyarakat tanpa ada nya norma masyarakat akan semena-mena didalam lingkungan masyarakat. Untuk lebih jelas nya lagi disini akan mengulas tentang pengertian norma, macam-macam norma  dan beserta contohnya. Untuk itu mari simak ulasan dibawah berikut.

√ Macam-Macam Norma : Pengertian, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap

 


Pengertian Norma

Norma merupakan suatu pedoman, ketentuan dan acuan yang harus bagi para suatu individu dan anggota masyarakat dan semua objek yang menjadi milik masyarakat tersebut agar mengikuti dan mematuhi aturan-aturan yang sudah di tetapkan serta mengakui adanya peraturan yang ada dilingkungan masyarakat, dan jika tidak mengikuti, mematuhi, dan mengakui pedoman akan diberikan sanksi sesuai yang telah ditetapkan.

 


Pengertian Norma Menurut Para Ahli

1. John J. Macionis

Menurut John J. Macionis, menyatakan bahwa norma merupakan aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat yang memandu sebuah perilaku anggota-anggotanya.


2. Soerjono Soekano

Menurut Soerjono Soekano menyatakan bahwa norma yaitu suatu perangkat aturan agar hubungan antar manusia di dalam masyarakat terjalin dengan baik.


3. Robert Mz. Lawang

Menurut Robert Mz. Lawang menyatakan bahwa norma merupakan sebuah gambaran mengenai apa yang diinginkan baik dan pantas sehingga sejumlah angggapan yang baik dan perlu dihargai sebagaimana mestinya.


4. Craig Calhoun

Menurut Craig Calhoun menyatakan bahwa norma merupakan pedoman atau aturan yang menyatakan mengenai bagaimana seseorang supaya bertindak dalam situasi-situasi tertentu.

Baca Juga :  Bela Negara

5. Antony Giddens

Menurut Antony Giddens menyatakan bahwa norma merupakan suatu prinsip atau aturan yang konkret, yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat.


6. Broom dan Selznic

Menurut Broom dan Selzniceng menyatakan bahwa norma merupakan rancangan ideal mengenai perilaku manusia yang mana memberikan batasan untuk anggota-anggota masyarakat guna mendapatkan tujuan hidupnya.

 


Fungsi Norma

Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi norma bagi masyarakat:

  • Sebagai pedoman dan aturan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Norma menciptakan sebuah keteraturan dan stabilitas dalam bermasyarakat.
  • Sebagai dasar dalam memberikan sebuah sanksi kepada anggota masyarakat yang melanggar.
  • Norma menciptakan suatu keterlibatan dan keadilan dalam bermasyarakat.
  • Norma membantu masyarakat dalam mencapai suatu tujuan bersama.

 


Tujuan Norma

Norma memiliki sebuah tujuan yang baik bagi setiap anggotanya. Tujuan norma adalah menjadi sebuah pedoman, arahan, dasar, dan tata tertib bagi anggota masyarakat supaya tercipta masyarakat yang teratur dan tenteram. dan untuk mengatur sebuah tingkah laku masyarakat serta membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Dengan menaati suatu norma, maka supaya tercipta tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang tertib, aman, rukun, dan damai. Masyarakat yang taat norma dapat menciptakan suatu kehidupan yang adil.

 


Macam-Macam Norma Beserta Contohnya

1.  Norma agama

Norma agama adalah norma yang lahir dari pedoman-pedoman yang sudah ada di kitab suci dan atas keyakinan sang pencipta. jika melanggar yang telah dilarang oleh agama akan mendapatkan dosa. Hukuman tersebut tidak akan ditindak saat masih hidup melainkan saat sudah meninggal dunia. tapi jika maha pencipta menghendaki lain bisa menghukum saat hidup. contoh nya bencana alam, mendapatkan ajab didunia. apabila yang sudah melanggar ajaran-ajaran yang sudah ada dialam kitab-kitab suci semua agama.

Baca Juga :  Kode Etik

Contoh Norma Agama

  • Menolong Sesama manusia
  • Membantu orang yang mendapatkan kesusahan
  • Selalu beramal
  • Selalu mengerjakan perintah-perintah maha pencipta
  • mengerjakan ibadah

2. Norma Kesusilaan

Norma susila ialah suatu peraturan hidup yang muncul dari hati nurani manusia. Norma susila untuk menentukan yang mana yang baik dan mana yang buruk. Norma susila juga mendorong manusia untuk suatu kebaikan akhlak pribadinya. jika melanggar akan mendapatkan sanksi yaitu seperti dikucilkan dan dicibirkan didalam masyarakat bahkan bisa jadi dapat pula pengancaman didalam masyrakat.


Contoh Norma Kesusilaan

  • Tidak melakukan kriminal 
  • Menghormati sesama
  • Bersikap jujur, adil, dan sopan
  • Tidak melakukan yang dilarang agama
  • Menghormati orang lain terutama orang tua
  • Selalu melakukan kebaikan

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan ialah suatu pedoman dan aturan atau nilai nilai yang telah diatur dalam agama ataupun dalam adat istiadat masyarakat.kesopanan juga tidak lepas didikan orang tua sejak kecil, jika orang tua mengajarkan kesopanan terhadap anak-anak nya akan tau apa arti dari kesopanan. Contoh dari norma kesopanan ialah cara berbicara seseorang terhadap orang yang lebih tua. karna jika berbicara kepada orang yang lebih tua harus berbicara nya sesuai dengan norma kesopanan terhadap berbicara terhadap orang tua.


Contoh Norma Kesopanan

  • Menghormati orang yang lebih tua
  • Mengucapkan salam jika masuk ke rumah
  • Mengucapakan permisi jika mau lewat di tengah-tengah orang yang berbicara
  • Mendengarkan orang yang berbicara terhadap kita.

4. Norma Hukum

Norma hukum ialah aturan aturan dan ketentuan dalam hidup yang ada dilingkungan masyarakat dan didalam negara yang berlaku kepada setiap semua anggota masyarakat dinegara yang telah ditentukan oleh kesepakatan antara kepala-kepala negara, perwakilan rakyat dan suatu lembaga adat tertentu dalam masyarakat yang telh diatur oleh undang-undang. jika melanggar dari norm hukum akan ditinjak lanjuti sesuai hukuman yang ditentukan oleh pengadilan. hukuman yang akan diterima jika melanggar yaitu di penjara atau bisa jadi dihukum mati.

Baca Juga :  Norma Sosial

Contoh Norma Hukum

  • Tidak melakukan perbuatan kriminal sesuai norma hukum
  • Tidak minum minuman keras
  • Tidak melakukan narkoba 
  • Tidak melakukan seks diluar nikah
  • Selalu membayar pajak tepat waktu

Itulah penjelasan tentang Macam-Macam Norma : Pengertian, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :