Manajemen Operasional

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Manajemen operasional ialah suatu area bisnis yang berfokus kepada suatu proses produksi produk ataupun jasa. Yang dimana terdapat suatu manajer operasi yang mempunyai tanggung jawab terhadap proses input (material/energi/tenaga kerja) menjadi output (produk/jasa). Pada Kesempatan kali ini akan membahas tentang manajemen operasional. Untuk itu marilah simak ulasan yanga ada dibawah berikut.

√ Manajemen Operasional : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi & Ruang Lingkupnya Lengkap


Pengertian Manajemen Operasional

Manajemen operasional ialah suatu bentuk dari pengelolahan yang menyeluruh dan optimal pada sebuah masalah tenaga kerja, barang, mesin, peralatan, bahan baku, atau produk apapun yang bisa dijadikan sebuah barang atau jasa yang tentunya bisa di perjual belikan. Yang dimana ada tanggung jawab dari manajer operasional terhadap penghasilan produk atau jasa, mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi, dan menimbangkan pengambilan keputusan dari fungsi operasi.


Pengertian Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

1. Jay Heizer dan Berry Rander (2009:4)

Menurut Jay Heizer dan Berry Rander menyatakan bahwa manajemen operasional ialah sebuah serangkaian kegiatan yang menghasilkan sebuah nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah suatu input menjadi output.


2. Eddy Herjanto (2007:2)

Menurut Eddy Herjanto menyatakan bahwa manajemen operasional ialah suatu kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan sebuah barang, jasa dan kombinasinya, yang melalui proses transformasi dari sumber daya produksi yang menjadi keluaran yang diinginkan.


3. William J. Stevenson (2009:4)

Menurut William J. Stevenson menyatakan bahwa manajemen operasional ialah sebuah sistem manajemen atau serangkaian proses dalam suatu pembuatan produk atau penyediaan jasa.


4. Richard L. Daft (2006:216)

Menurut Richard L. Daft menyatakan bahwa manajemen operasional ialah suatu bidang manajemen yang mengkhususkan pada suatu produksi barang, serta menggunakan sebuah alat dan teknik khusus untuk memecahkan masalah produksi.


5.James Evans dan David Collier (2007:5)

Menurut James Evans dan David Collier menyatakan bahwa manajemen operasional ialah sebuah ilmu dan seni untuk memastikan bahwa suatu barang dan jasa diciptakan dan berhasil dikirim ke suatu pelanggan.


6. Pangestu Subagyo

Menurut Pangestu Subagyo menyatakan bahwa manajemen operasional ialah suatu penerapan ilmu manajemen untuk mengatur suatu kegiatan produksi atau operasi agar bisa dilakukan secara efisien.


Tujuan Manajemen Operasional

  • efficiency (meningkatkan efisiensi), Untuk meningkatkan efisiensi dalam perusahaan
  • Productivity (meningkatkan efektivitas), Untuk meningkatkan efektivitas dalam perusahaan
  • Economy (Mengurangi Biaya), Untuk mengurangi biaya dalam kegiatan perusahaan
  • Quality (Meningkatkan Kualitas), Untuk menigkatkan kualitas didalam perusahaan
  • Reduced processing time (Mengurangi waktu proses produksi), Untuk mengurangi waktu proses produksi didalam sebuah perusahaan

Ciri-ciri Manajemen Operasional

karakteristik manajemen operasional menurut Zulian Yamit (2003)

  • Memiliki sebuah tujuan yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa
  • Memiliki sebuah kegiatan yaitu dalam kegiatan proses transformasi
  • adanya suatu mekanisme yang mengendalikan suatu pengoperasian

Fungsi Manajemen Operasional

1. Fungsi perencanaan

Dalam perencanaan, manajer operasi untuk menentukan suatu tujuan subsistem operasi dari suatu organisasi dan mengembangkan sebuah program, kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan itu. Dalam tahap ini mencakup sebuah penentuan peranan dan focus dari operasi, termasuk dalam perencanaan produk, perencanaan fasilitas dan perencanaan penggunaan sumber daya produksi.


2. Fungsi pengorganisasian

Dalam pengorganisasian, manajer operasi menentukan sebuah struktur individu, grup, seksi, bagian, divisi atau departemen dalam suatu subsistem operasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Manajer operasi juga dalam menentukan kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan operasi serta untuk mengatur wewenang dan tanggung jawab yang diperlukan dalam melaksanakannya.


3. Fungsi penggerakan

Manajemen operasional ini memiliki fungsi yang dilaksanakan dengan memimpin, mengawasi dan memotivasi karyawan untuk melaksanakan tugas.


4. Fungsi pengendalian

Manajemen operasional mempunyai fungsi untuk mengembangkan sebuah estándar dan jaringan komunikasi yang diperlukan agar sebuah pengorganisasian dan penggerakan sesuai dengan yang direncanakan dan mencapai tujuan.


Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Ada beberapa aspek yang saling berhubungan erat dalam sebuah ruang lingkup manajemen operasional, antara lain :

  • Aspek Struktural, yaitu aspek yang mengenai suatu pengaturan komponen yang membangun suatu sistem manajemen operasional yan saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.
  • Aspek Fungsional, yaitu suatu aspek yang berkaitan dengan suatu manajerial dan pengorganisasian seluruh komponen struktural maupun interaksinya mulai dari suatu perencanaan, penerapan, pengendalian maupun perbaikan agar diperoleh suatu kinerja yang optimal.
  • Aspek Lingkungan, yaitu sebuah sistem dalam manajemen operasional yang berupa pentingnya memperhatikan suatu perkembangan dan kecenderungan yang berhubungan erat dengan lingkungan.

Ruang lingkup manajemen operasional berhubungan dengan keputusan tentang proses pengoperasian sebuah sistem produksi, pemilihan dan persiapan sistem operasional yang meliputi :

  • Mengambil keputusan dalam Perencanaan jumlah kapasitas produksi yang optimal;
  • Mengambil keputusan dalam Perencanaan bangunan pabrik, layout, desain tata letak fasilitas;
  • Mengambil keputusan dalam Desain proses transformasi;
  • Mengambil Keputusan dalam Desain aliran kerja;
  • Mengambil keputusan dalam Manajemen persediaan;
  • Mengambil keputusan dalam Manajemen proyek;
  • Mengambil keputusan dalam membuat Skejul Kerja;
  • Untuk Pengendalian dan Pengawasan Kualitas;
  • Untuk Pemeliharaan Fasililitas Produksi;

Didalam sebuah perusahaan pasti ada sebuah manajemen operasional agar untuk mengatur kegiatan dalam sebuah perusahaan. Itulah ulasan tentang Manajemen Operasional : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi & Ruang Lingkupnya Lengkap Semoga apa yang diuals diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :