Materi Jantung

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Jantung merupakan salah satu organ vital yang di miliki manusia, oleh karena itu kita harus menjaga baik baik jantung agar bekerja dengan baik. Untuk lebih jelasnya lagi tentang apa itu jantung. Disini akan mengulas tentang pengertian jantung, bagian bagian jantung, dan fungsi jantung menurut para ahli kesehatan secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Jantung : Pengertian, Bagian Dan Fungsinya Menurut Ahli Kesehatan Lengkap


Pengertian Jantung

Jantung ialah suatu organ muskular pada manusia yang memiliki fungsi untuk memompa darah melalui pembuluh darah dalam suatu sistem sirkulasi darah manusia.Jantung ini bentuknya mirip seperti buah pir yang terbalik dengan ukuran yang sama dengan kepalan tangan orang dewasa. Fungsi jantung memilki fungsi yang sangat vital karena jantung untuk menjaga darah supaya tetap mengalir dan untuk membawa oksigen serta sari-sari makanan ke dalam setiap sel tubuh. Jantung terdiri dari beberapa bagian dan bagian-bagian nya memiliki fungsi masing-masing.


Bagian-Bagian Jantung

1. Aorta

Aorta ialah sebuah arteri terbesar dalam tubuh. yang letaknya di bagian atas jantung.

Fungsi aorta ialah untuk membawa darah yang mengandung suatu oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.


2. Vena Kava Superior

Vena kava superior (vena cava) ialah suatu vena besar dalam tubuh yang letaknya juga di bagian atas jantung.

Fungsi vena kava superior : untuk membawa kembali darah kaya karbon dioksida dari semua tubuh bagian atas ke jantung


3. Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis ialah suatu arteri yang mengangkut darah dari jantung ke bagian paru-paru.

Fungsi arteri pulmonalis : Untuk mengganti suatu karbon dioksida dan uap air yang ada di dalam darah dengan oksigen.


4. Katup Aorta

Katup aorta ialah suatu katup yang memisahkan suatu ventrikel kiri dengan aorta. Perubahan suatu tekanan darah pada kedua sisi katup yang menyebabkan suatu katup dapat terbuka dan tertutup.

Fungsi katup aorta : Untuk mencegah suatu darah mengalir ke arah yang salah.


5. Atrium

Atrium ialah suatu bentuk jamak dari suatu atria yang memiliki arti yang sama dengan serambi. Atrium memiliki dua bagian, yaitu Terdapat dua atrium yaitu atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi kanan). Atrium memiliki dua ruangan teratas dari empat ruang utama pada suatu jantung.

Fungsi atrium kiri dan atrium kanan : atrium kiri untuk menerima darah dari paru-paru yang banyak oksigen dan membawanya ke suatu ventrikel kiri. Sedangkan fungsi atrium kanan ialah untuk menerima darah dari seluruh tubuh yang banyak akan karbon dioksida yang kemudian membawanya ke ventrikel kanan.


6. Vena pulmonalis

Vena pulmonalis ialah suatu vena yang membawa darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya di suatu atrium kiri. Atrium kiri memiliki Ukuran yang lebih kecil dari vena cava dan terdiri dari suatu vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri.

Fungsi vena pulmonalis : untuk membawa darah yang kaya oksigen kembali ke suatu jantung yang kemudian diedarkan ke semua tubuh.


7. Katup Trikuspidalis

Katup trikuspidalis atau katup trikuspid ialah suatu katup yang memiliki tiga daun katup. Katup ini bisa terbuka jika sistole berkontraksi dan bisa menutup kembali.

Fungsi katup trikuspidalis : Untuk memisahkan suatu atrium kanan dan suatu ventrikel kanan dan untuk membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari suatu atrium kanan ke ventrikel kanan.


8. Katup Mitral

Katup mitral atau yang disebut bicuspid ialah suatu katup yang memisahkan suatu atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini bisa terbuka pada saat darah kaya oksigen di atrium kiri hendak mengalir ke suatu ventrikel kiri.

Fungsi katup mitral : untuk mencegah suatu darah yang telah berada di suatu ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.


9. Ventrikel

Ventrikel ialah memiliki dua ruang kosong dari empat ruang di bagian bawah jantung. Ventrikel juga sering disebut dengan bilik. Ada dua bagian ventrikel, yaitu ventrikel kiri (bilik kiri) dan ventrikel kanan (bilik kanan).

Fungsi ventrikel : untuk menerima darah dari suatu atrium yang kemudian membawanya keluar dari suatu jantung. Fungsi ventrikel kiri yaitu untuk menerima darah dari suatu atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh. dan fungsi ventrikel kanan ialah untuk menerima darah dari atrium kanan dan membawanya ke sebuah paru-paru.


10. Vena Kava Inferior

Vena kava inferior atau vena cava inferior ialah suatu vena terbesar dalam suatu tubuh manusia.

Fungsi vena kava inferior : untuk membawah darah dari bagian bawah tubuh ke atrium kanan jantung.


11. Katup Atrioventrikular

Katup atrioventrikular atau katup atrioventrikuler ialah suatu katup yang terletak di antara suatu atrium dan suatu ventrikel.

Fungsi katup atrioventrikular : untuk membuat suatu darah hanya bisa mengalir dari suatu atrium ke ventrikel.


12. Dinding Jantung

Dinding jantung ialah suatu bagian terluar yang melapisi suatu jantung. Dinding jantung ini terdiri dari tiga macam lapisan yaitu lapisan endokardium (terdalam), lapisan miokardium (bagian tengah), dan lapisan epikardium (terluar). Lapisan Endokardium yang terdiri dari epitel pipih selapis. Lapisan Miokardium yang terdiri dari otot kardiak (otot jantung). Lapisan Epikardium ialah suatu membran fibrosa.

Fungsi dinding jantung : Untuk membuat jantung berdetak dan mencegah agar jantung tidak bocor.


jantung memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh manusia, berhentinya kinerja jantung akan mengakibatkan manusia meninggal. Itulah penjelasan tentang √ Jantung : Pengertian, Bagian & Fungsinya Lengkap. Semoga ilmu yang dibaca oleh pembaca bermanfaat. sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :