Organ Tumbuhan

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Seperti yang telah dipelajari sebelumnya Tumbuhan juga mempunyai jaringan-jaringan, dan sel-sel seperti manusia dan hewan. Disini juga akan mengulas tentang tumbuhan, yang akan diulas dari tuumbuhan adalah pengertian, bagian-bagian, dan fungsi organ pada tumbuhan. Untuk itu mari simak ulasan dibawah berikut.

Organ Tumbuhan : Pengertian, Bagian, Fungsi & Gambarnya Lengkap


Pengertian Organ Pada Tumbuhan

Organ merupakan kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu. organ pada tumbuhan meliputi daun, akar, dan batang, dan memiliki fungsi nya masing-masing.


Bagian-Bagian Organ Pada Tumbuhan

1. Daun

Daun terdiri dari beberapa jaringan yaitu jaringan epidermis, pagar, bunga karang, pengangkutan. jaringan epidermis sebagai pelindung jaringan lain, jaringan pagar dan jaringan bunga karang untuk membentuk jaringan perenkim untuk digunakan sebagai tempat fotosintesis.

Baca Juga Secara Lengkap : Daun

daun


Fungsi Daun Pada Tanaman

  • Fungsi daun memilki fungsi yaitu untuk tempat melakukan proses fotosintesis
  • Fungsi kedua Pada beberapa jenis tanaman memiliki fungsi untuk sebagai alat perkembangan vegetatif
  • Fungsi yang ketiga daun memiliki fungsi untuk tempat evaporasi atau penguapan
  • Sebagai alat pernafasan
  • Untuk Menyerap Cahaya matahari

2. Akar

Akar terdiri dari jaringan epidermis, parenkim dan pengangkutan. Akar mempunyai fungsi menempelkan dan menancapkan tubuh tumbuhan dalam tanah. Akar adalah bagian tumbuhan berbiji yang berada di dalam tanah, berwarna putih, dan bentuknya meruncing sehingga lebih mudah menebus tanah. Akar berasal dari akar lembaga (radix) yang terdapat dibiji tumbuhan. Akar mengalami perkembangan dari sebuah meristem apikal ujung akar yang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra). Tudung akar memiliki fungsi untuk melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah.

Baca Juga Secara Lengkap : Akar

akar


Fungsi Akar

  • Mengikat tubuh tumbuhan pada tanah
  • Fungsi akar memiliki suatu fungsi yaitu untuk menyimpan cadangan makanan dalam bentuk umbi-umbian
  • akar juga memiliki fungsi untuk menyerap air dan garam-garam mineral terlarut
  • Sebagai alat pernafasan

3. Batang

Batang adalah penghubung antara akar dan batang yang terdiri dari sebuah jaringan-jaringan epdermis, parenkim, dan pengangkutan. Batang merupakan salah satu dari organ tumbuhan berpembuluh yang memiliki fungsi sebagai penyangga. Batang disusun oleh beberapa macam jaringan yang berbeda sehingga terdiri beberapa tipe seperti batang berkayu, batang lembut dan lunak (herbaseus), dan yang terakhir batang tipe rumput (kalmus).

Baca Juga Secara Lengkap : Batang

Batang Pada Tumbuhan


Fungsi Batang

  • Menyalurkan air dan garam mineral dari akar ke daun dan zat makanan dari daun ke semua seluruh bagian tubuh.
  • Mengarahkan tumbuhan agar mendapatkan cahaya matahari yang cukup
  • Batang memiliki fungsi untuk tempat penimbunan cadangan makanan
  • Tempat melekatnya daun, bunga, dan buah.

4. Bunga

Bunga adalah modifikasi tunas (batang dan daun) yang bentuk, warna, dan susunannya disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan itu sendiri. Oleh sebab itu, bunga berfungsi untuk tempat berlangsungnya penyerbukan dan pembuahan yang akhirnya bisa menghasilkan alat-alat perkembangbiakan. Mengingat pentingnya bunga bagi tumbuhan maka pada bunga terdapat sifat-sifat yang merupakan penyesuaian untuk penghasil alat perkembangbiakan.

Baca Juga Secara Lengkap : Bunga

Bunga Pada Tumbuhan


Itulah ulasan tentang  Organ Tumbuhan : Pengertian, Bagian, Fungsi & Gambarnya Lengkap.  Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih. Jangan Lupa Share Jika Bermanfaat 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya :