Pengertian Paru-Paru

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Paru-paru ialah salah satu organ yang terpenting bagi suatu tubuh manusia, karena paru-paru memiliki fungsi yang sangat vital dalam tubuh manusia, karena jika paru-paru tidak berfungsi dengan baik, maka akan menyebabkan suatu kematian. karena manusia butuh oksigen setiap detiknya untuk bertahan hidup dengan cara bernafas, sehingga paru-paru sangat berperan aktif bagi pernafasan manusia.

Paru-Paru : Pengertian, Bagian & Fungsinya Menurut Para Ahli Lengkap


Pengertian Paru-Paru

Paru-paru (pulmo) ialah suatu organ yang bertanggung jawab untuk suatu proses respirasi yang terdiri dari suatu pulmo dekstra (paru kanan) dan pulmo sinistra (paru kiri). Paru-paru sangat vital bagi tubuh manusia, karena salah satu fungsinya untuk memasukan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida saat tubuh menghirup udara


Bagian-Bagian Paru-Paru

1. Bronkus

Bronkus ialah bercabang batang yang menghubungkan antara paru-paru kiri, paru-paru kanan, dan trakea. Bronkial yang terdiri dari tulang rawan, lapisan mukosa dan otot polos. Cartilage memiliki fungsi sebagai suatu kerangka bronkial lapisan mukosa yang menghasilkan lendir untuk menjebak suatu partikel asing yang memasuki paru-paru, dan otot polos yang memungkinkan kita untuk bernapas secara otomatis tanpa kita sadari.


2. Bronkiolus

Bronkiolus ialah suatu cabang bronkus yang bermuara di suatu alveoli. Struktur bronkus tidak mempunyai tulang rawan, silia, dan akhirnya terdiri dari suatu bersilia yang berbentuk kubus jaringan epitel.


3. Alveolus

Alveoli ialah yang mana suatu pertukaran oksigen dan suatu karbon dioksida difusi. yang Struktur alveolarnya terdiri dari suatu membran tipis dan ada banyak kapiler darah. Dalam suatu alveolar rilis darah karbon dioksida ke udara dan mengambil oksigen dari udara.


4. Pleura

Pleura ialah suatu selaput yang melapisi suatu organ paru-paru. Struktur kantongnya juga halus dan licin. Fungsi pleura yaitu untuk mengurangi suatu gesekan ketika paru-paru saat mengembang atau mengempis. Pleura memiliki dua lapisan yaitu, pleura parietalis dan pleura visceral. dan ada suatu cairan sedikit yang mengandung glikosaminoglikan antara kedua daerah.


5. Diafragma

Diafragma ialah suatu serat otot yang membentuk perbatasan antara suatu rongga dada dan rongga perut. Diafragma juga meemiliki peran penting dalam proses pernapasan perut. Diafragma yang terdiri dari otot, pembuluh darah, dan saraf yang disebut juga saraf frenikus.


6. Trakea (Tenggorokan)

Trakea ialah suatu tabung dengan panjang nya sekitar 5 inci yang menghubungkan antara laring ke bronkus. Trakea yang terdiri dari tulang rawan hialin yang berbentuk seperti huruf C yang dilapisi oleh epitel bersilia. Fungsi trakea ialah sebagai saluran pernapasan. Silia ditemukan didalam sel-sel epitel yang berfungsi untuk menangkap suatu partikel asing dan membawanya ke faring sehingga bisa memasuki sistem pencernaan.


Fungsi Paru-Paru

  • Paru-paru ialah organ respirasi untuk pertukaran gas pernapasan karbon dan oksigen diaksida.
  • Karena ketika bernapas karbon kita memancarkan limbah dungsi diaksida paru merupakan bagian dari sistem ekskresi.Untuk mengontrol pH darah dengan mengubah suatu tekanan karbon dioksida.
  • Untuk menyaring bekuan darah yang terbentuk di suatu vena.
  • Untuk mempengaruhi suatu konsentrasi beberapa zat biologis dan obat yang yang digunakan dalam pengobatan darah.
  • Untuk mengubah suatu angiotensin I menjadi angiotensin II oleh suatu enzim angiotensin-converting.
  • Untuk dapat berfungsi sebagai suatu lapisan pelindung shock jantung.
  • Untuk memberikan suatu aliran udara untuk membuat suara.
  • Fungsi paru-paru juga sebagai reservoir darah didalam tubuh. Volume darah paru ialah rata-rata sekitar 450 mililiter, dan sekitar 9 persen dari total volume darah dari seluruh sistem peredaran darah.
  • Eskalator ialah suatu sistem pertahanan yang penting terhadap infeksi udara ditanggung. Partikel debu dan bakteri di udara yang dihirup terperangkap di suatu lapisan lendir hadir pada permukaan mukosa dari saluran pernapasan dan naik menuju faring oleh berirama ke atas pemukulan silia.

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru

1. Asma

Salah satu macam penyakit paru-paru yang cukup populer yaitu penyakit Asma. Penyakit yang satu ini akan terjadi karena radang paru-paru yang bisa mengakibatkan rasa sesak nafas bagi para pengidapnya. Biasanya serangan sesak nafas ini ditandai dengan pernafasan yang mengeluarkan suara yang secara berulang-ulang. Asma sendiri mempunyai beberapa tingkatan mulai dari tingkat rendah sampai dengan asma yang berada pada tingkat tertinggi.


2. Pneumonia

Pneumonia atau yang biasa disebut juga dengan penyakit radang paru-paru, penyakit yang satu ini termasuk dalam kategori yang cukup berbahaya, karena tidak hanya menular, tetapi jika tidak segera diobati bisa mengakibatkan kematian. Penyakit pneumonia ini dapat menyerang kaum dewasa maupun anak-anak.

Penyakit pneumonia adalah salah satu penyakit paru-paru basah yang diakibatkan oleh adanya suatu peradangan di salah satu atau pada kedua bagian paru-paru. Penyebab utama yaitu infeksi bakteri, sering kali dari jenis streptococcus pneumoniae. Gejala utama yang dapat dialami yaitu demam tinggi, batuk dahak berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.


3. Legionnaries

Penyakit legionnaries dikarenakan oleh bakteri bernama legionella pneumophilia yang sering ditemukan pada sebagian sumber air, khususnya pada saluran pipa ledeng dan dimanapun lokasinya yang ada air yang menggenang. Pertumbuhan bakteri tersebut cukup cepat dan dapat berkembangbiak di dalam air. Kebanyakan bakteri ini timbul saat musim hujan. Gejala legionnaries mirip dengan pneumonia atau radang paru-paru khususnya gangguan saluran napas. Tapi, legionnaries juga dapat mengalami diare, nyeri perut, atau ikterus.


4. Pneumotoraks

Macam penyakit paru-paru lainnya, yaitu pneumotoraks yang ada pada selaput paru atau yang disebut juga dengan pleura. Penyakit ini dikarenakan satu atau kedua membran pleura tertembus dan udara masuk ke dalam rongga pleura yang sehingga mengakibatkan paru-paru mengempis. Penyebab lain dari pneumotoraks yaitu patah tulang rusuk dan luka dada. Biasanya, gejala yang terjadi yakni dada sesak, nyeri, dan sesak napas.


5. Tuberkulosis

Penyakit paru-paru yang terakhir yaitu Tuberkulosis. Penyakit ini termasuk yang cukup banyak diidap oleh masyarakat, termasuk dapat menyerang anak-anak yang mempunyai sistem imun yang belum stabil. Gejala pada penyakit ini, yakni demam dan batuk terus-menerus, nafsu makan menurun, dan tubuh yang melemah.


Manusia membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup dengan cara pernafasan, tanpa menghirup oksigen manusia akan mengakibatkan kematian. Itulah penjelasan tentang √ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Lengkap Semoga apa yang diulas disini bermanfaat dan akan menambah ilmu bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :