Data Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Kata data berasal dari bahasa Latin yaitu datum yang artinya suatu bentuk jamak yang berarti sesuatu yang diberi. Data ialah sekumpulan fakta yang didapat dan untuk diperuntukan menjadi suatu data untuk diproses atau diolah sehingga menjadi sesuatu yang dapat dimengerti oleh orang lain. Untuk lebih jelas lagi tentang mengenai data mari simak penjelasan dibawah berikut.

√ Data : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat & Contohnya Lengkap


Pengertian Data Secara Umum

pengertian data adalah sekumpulan keterangan atau fakta mentah berupa simbol, angka, kata-kata, atau citra, yang didapatkan melalui proses pengamatan atau pencarian ke sumber-sumber tertentu.

Pendapat lain mengatakan, definisi data adalah kumpulan keterangan-keterangan atau deskripsi dasar dari suatu hal (objek atau kejadian) yang diperoleh dari hasil pengamatan (observasi) dan dapat diolah menjadi bentuk yang lebih kompleks, seperti; informasi, database, atau solusi untuk masalah tertentu.

Secara etomologis, istilah “data” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Datum” yang artinya sesuatu yang diberikan. Dengan kata lain, data merupakan hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa simbol, warna, kata-kata, angka, atau citra.


Pengertian Data Menurut Para Ahli

1. Selamet Riyadi

Menurut Selamet Riyadi menyatakan bahwa data adalah suatu kumpulan informasi yang didapatkan dari suatu pengamatan yang dimana data bisa berupa suatu angka-angka atau lambang.


2. Zulkifli A.M

Menurut Zulkifli A.M menyatakan bahwa data adalah suatu keterangan, bukti atau suatu fakta tentang suatu kenyataan yang masih mentah (original) dan belum diolah sama sekali.


3. Haer Thalib

Menurut Haer Thalib menyatakan bahwa Data ialah suatu kumpulan fakta yang tak lain ialah suatu kejadian atau suatu kenyataan.


4. Arikunto

Menurut Arikunto menyatakan bahwa data ialah suatu kumpulan fakta dan angka-angka yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi.


5. Kristanto

Menurut Kristanto menyatakan bahwa Data ialah sebuah fakta yang mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang sebuah keadaan atau suatu kejadian.


6. Wahyu Supriyanto & Ahmad Muhsin

Menurut Wahyu Supriyanto & Ahmad Muhsin menyatakan bahwa Data ialah bahan baku dari suatu informasi atau simbol yang mewakili suatu kuantitas, fakta, tindakan, benda dan lain-lainnya.


7. Lia Kuswayatno

Menurut Lia Kuswayatno Menyatakan bahwa data sebagai sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam suatu kehidupan nyata.


8. Anhar

Menurut Anhar menyatakan bahwa data ialah suatu kenyatakan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan suatu kesatuan yang nyata yang nantinya akan digunakan untuk sebagai bahan dasar sebuah informasi.


Jenis-Jenis Data

1. Jenis-jenis data Menurut sifatnya :

  • Data Kualitatif ialah data yang tidak berbentuk angka contohnya: Kuesioner Pertanyaan tentang suasana kerja,suatu kualitas pelayanan dalam sebuah rumah sakit atau suatu gaya kepemimpinan, dll.
  • Data Kuantitatif ialah data yang berbentuk suatu angka,

contohya: suatu harga saham, besarnya suatu pendapatan, dan lain sebagainya.


2. Jenis-jenis data menurut sumbernya yaitu :

  • Data Internal ialah data dari dalam sebuah organisasi yang menggambarkan suatu keadaan organisasi tersebut. Misalnya: perusahaan, jumlah suatu karyawannya, jumlah suatu modalnya, jumlah produksinya dan lain sebagainya.
  • Data Eksternal ialah data dari luar sebuah organisasi yang dapat menggambarkan suatu faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja sebuah organisasi.

Contohnya: suatu daya beli masyarakat yang mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.


3. Jenis-jenis data menurut cara memperolehnya, antara lain:

  • Data Primer ialah suatu data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi yang secara langsung dari suatu objek yang diteliti dan untuk kepentingan suatu studi yang bersangkutan yang dapat berupa suatu interview, observasi.
  • Data Sekunder ialah suatu data yang didapatkan/dikumpulkan dan disatukan oleh suatu studi-studi sebelumnya atau yang telah diterbitkan oleh berbagai suatu instansi lain. Biasanya sumber tidak langsung yang berupa suatu data dokumentasi dan suatu arsip-arsip resmi.

4. Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya, antara lain:

  • Data cross section ialah suatu data yang dikumpulkan pada sebuah waktu tertentu (at a point of time) untuk menggambarkan suatu keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut. contohnya : suatu data penelitian yang menggunakan suatu kuesioner.
  • Data berkala ialah suatu data yang dikumpulkan dari suatu waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian/kegiatan yang selama periode tersebut.

contohnya : suatu perkembangan uang yang beredar, dan harga 9 macam bahan pokok suatu penduduk.


Fungsi Data

Pada dasarnya data berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan manusia. Namun, penggunaan istilah data lebih banyak dipakai di bidang teknologi komputer dan juga kegiatan penelitian.

Mengacu pada definisi data di atas, adapun fungsi data adalah sebagai berikut:

  • Data dapat berfungsi sebagai acuan dalam mengambil suatu keputusan dalam pemecahan masalah.
  • Data bisa dijadikan sebagai pedoman atau dasar suatu penelitian atau perencanaan.
  • Data dapat berfungsi sebagai acuan dalam implementasi suatu kegiatan.
  • Data berfungsi sebagai dasar untuk melakukan evaluasi terhadap suatu kegiatan.

Manfaat Data

  • Untuk suatu komponen utama atau penting dalam suatu sistem informasi,dikarenakan dasar dari dalam menyediakan suatu informasi
  • Menentukan kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang disajikan tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
  • Untuk mengatasi suatu kerangkapan data (redundancy data)
  • Untuk menghindari terjadinya suatu inkonsistensi data
  • Untuk mengatasi suatu kesulitan dalam mengakses data
  • Untuk menyusun sebuah format yang standar dari suatu data.
  • Untuk Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). Suatu database bisa dimanfaatkan secara bersamaan oleh banyak pengguna (multiuser).
  • Untuk melakukan suatu perlindungan dan suatu pengamanan data. Setiap sebuah data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh suatu pihak yang diberi otoritas dengan memberikan sebuah login dan password terhadap masing-masing sebuah data.

Agar pengguna bisa menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari sebuah data. Yang hal ini untuk bertujuan menyederhanakan suatu interaksi antara pemakai dengan sistemnya dan sebuah database yang dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pemakai, programmer dan administratornya. Untuk mendapatakan penelitian dari sekumpulan data yang terdiri dari obeservasi, dan wawancara.


Suatu kumpulan informasi yang diolah menjadi sebuah informasi yang sangat penting. Itulah penjelasan tentang √ Data : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang dijelaskan diatas bermanfaat bagi pembaca dan bagi yang membutuhkannya. Sekian dan terimkasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :