Jasa Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Semakin berkembang nya zaman,pekerjaan dibidang jasa bermacam-macam jenis pekerjaan jasa. Karena dizaman sekarang sangat membutuhkan yang namanya bidang jasa untuk membantu pekerjaan ataupun kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya lagi mari simak penjelasan yang ada dibawah berikut.

√ Jasa : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis & Contohnya Terlengkap


Pengertian Jasa Secara Umum

Jasa ialah suatu pemberian kinerja atau tindakan tak kasar mata dan satu pihak kepada suatu pihak lain. Pada umumnya jasa diproduksi dan dikonsumsi dengan bersamaan, di mana suatu interaksi antara pemberi jasa dan penerima jasa yang mempengaruhi hasil jasa tersebut. Adapun pengertian jasa yang lain ialah suatu kegiatan yang dapat diidentifikasikan, yang yang memiliki sifat tak teraba, yang direncanakan untuk suatu pemenuhan kepuasan konsumen. Untuk menghasilkan suatu jasa perlu atau juga tidak perlu penggunaan barang yang berwujud. Walaupun harus diperlukan barang berwujud, akan tetapi tidak terdapat suatu pemindahan hak milik atas benda tersebut.


Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

1. Phillip Kotler

Menurut Phillip Kotler menyatakan bahwa jasa ialah suatu Layanan setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain dalam suatu intangibel prinsip dan tidak menyebabkan suatu perpindahan kepemilikan. Produksi dapat terkoneksi dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.


2. Adrian Payne

Menurut Adrian Payne menyatakan bahwa Jasa ialah suatu kegiatan ekonomi yang memiliki sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang menghubungkan sejumlah interaksi dengan suatu pelanggan atau dengan barang-barang, tetapi tidak menghasilkan suatu transfer kepemilikan. Emitor perubahan kondisi dapat timbul dan suatu produksi layanan mungkin mempunyai atau mungkin tidak mempunyai hubungan dengan produk fisik.


3. Christian Gronross

Menurut Christian Gronross menyatakan bahwa Jasa ialah suatu proses yang terdiri dari suatu serangkaian kegiatan yang berwujud yang biasanya tetapi tidak selalu terjadi pada suatu interaksi antara suatu pelanggan dan layanan karyawan dan atau suatu sumber daya fisik atau barang atau penyedia sistem, yang disediakan sebagai solusi untuki permasalahan pelanggan “.

Suatu Interaksi antara penyedia layanan dan pelanggan sering terjadi dalam pelayanan, bahkan jika suatu pihak yang terlibat mungkin tidak menyadari hal itu. Selain itu, dimungkinkan ada suatu situasi di mana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi langsung dengan suatu perusahaan jasa.


4. Zeithaml dan Bitner

Menurut Zeithaml dan Bitner menyatakan bahwa jasa ialah semua kegiatan ekonomi yang menghasilkan output tidak dalam bentuk suatu produk fisik atau bentuk yang biasanya yang dikonsumsi selama produksi, dan memberikan suatu nilai tambah dalam bentuk seperti kenyamanan, hiburan, kesenangan atau kesehatan.


5. Lovelock Dan Wright (2002)

Menurut Lovelock Dan Wright (2002) mendefinisikan bahwa Jasa ialah suatu tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak kepada pihak lain. Walaupun suatu proses bisa dikaitkan dengan suatu produk fisik, kinerja pada dasarnya intagible dan biasanya tidak menghasilkan suatu kepemilikan salah satu faktor produksi.

Layanan jasa adalah suatu kegiatan ekonomi yang menciptakan suatu nilai dan memberikan manfaat bagi suatu pelanggan pada waktu dan tempat tertentu, sebagai akibat dari membawa perubahan yang diinginkan atas nama penerima layanan.


6. Djaslim Saladin

Menurut Djaslim Saladin menyatakan bahwa Jasa ialah suatu kegiatan atau manfaat yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke suatu pihak lain.


7. Norman

Menurut Norman menyatakan bahwa Jasa ialah suatu tindakan dan interaksi dalam bentuk kontak sosial antara suatu produsen dan suatu konsumen yang lebih dari sekedar hasil yang tidak diblokir.


Ciri – Ciri Jasa

Menurut Andrian Payne, (2001:9) jasa mempunyai ciri dan karakteristik khusus yaitu sebagai berikut :

1. Tidak berwujud

Ciri dan karakteristik jasa yang pertama yaitu Tidak berwujud. Sehingga jasa sifatnya abstrak maksudnya jasa tidak bisa dilihat, dirasakan, dicicipi atau disentuh seperti yang bisa dirasakan dari suatu barang.


2. Heteregonitas

Jasa bersifat heterogenitas karena jasa itu berupa suatu unjuk kerja, maka tidak ada hasil jasa yang sama meskipun dikerjakan oleh satu orang.


3. Tidak dapat dipisahkan

Jasa biasanya dihasilkan dan dikonsumsi pada saat bersamaan, dengan adanya partisipasi konsumen dalam proses tersebut. Berarti, konsumen harus berada di tempat jasa yang dimintanya, sehingga konsumen melihat dan bahkan ikut ambil bagian dalam suatu proses produksi tersebut.


4. Tidak tahan lama

Jasa tidak mungkin disimpan dalam persediaan. yang Artinya, jasa tidak dapat disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada produsen jasa di mana ia membeli jasa sehingga dapat disebut bahwa jasa mempunyai ciri yang tidak tahan lama.


Jenis – Jenis Jasa

  • Yang Pertama jasa Usaha Rumah Tangga, jenis jasa yang satu ini mencakup banyak hal yang ada didalam sebuah rumah tangga. Contohnya : Untuk merawat sebuah kebun, memperbaiki rumah, Menjual air minum, kelengkapan alat-alat rumah tangga, sebagai pembersihan rumah, dan lain sebagainya.
  • Yang kedua jasa Perumahan, jenis jasa ini mencangkup penyewaan sebuah kamar hotel (penginapan), apartemen, kost-kostan, dan lain sebagainya.
  • Yang ketiga jasa Hiburan atau Rekreasi, yang ketiga ini jenis jasa ini meliputi penyewaan alat-alat yang berhubungan dengan suatu hiburan, atau penyewaan tempat untuk melakukan suatu kegiatan hiburan.
  • Yang keempat jasa Perawatan Pribadi, jenis jasa yang ke empat ini ialah suatu perawatan kecantikan, pijit, salon, dan lain sebagainya.
  • Yang kelima Jasa Kesehatan, jenis jasa yang satu ini termasuk jasa yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, contohnya ialah perawatan dirumah sakit, bidan, puskesmas, dan lain sebagainya.
  • Yang keenam jasa Bisnis, jenis jasa yang satu ini meliputi jasa akuntan, jasa konsultan, jasa marketing, dan lain sebagainy.
  • Yang ketujuh jasa Komunikasi, contoh jasa komunikasi yaitu warnet, wartel pengiriman fax, kantor pos, dan lain sebagainya.
  • Yang kedelapan jasa Transportasi, jenis jasa ini sering kita gunakan saat kita berpergian disuatu tempat. contohnya angkutan darat, angkutan laut, angkutan udara, dan lain sebagainya.
  • Yang kesembilan Jasa Keuangan, jenis jasa keungan yang digunakan yaitu bank. contohnya leasing, pajak, Bank pinjamandan lain sebagainya.
  • Dan yang terakhir jenis Pendidikan, jenis jasa ini sangat penting untuk kelangsungan bangsa dan negara karena untuk mendidik anak-anak bangsa. contoh jenis jasa ini antara lian adalah guru privat, guru les, guru ngaji, guru sekolah.dan lain sebagainya.

Karakeristik Jasa

Jasa memiliki kurang lebih 4 (empat) buah karakteristik yang sangat berperan penting dalam sebuah rancangan sebuah program pemasaran, yaitu :

  • Yang pertama Intangibility (Tak Berwujud), jasa ialah sesuatu yang tak bisa dilihat, diraba, dicium, didengar sebelum adanya sebuah kesepakatan dari kedua belah pihak dari sebuah transaksi pembelian.
  • Yang kedua Inspirability (Tidak Dapat Dipisahkan), jasa yang tidak bisa dipisahkan dari suatu sumbernya, apakah sumber itu ialah mesin atau orang, hadir atau tidak.
  • Yang ketiga Variability (Berubah-ubah), jasa ini sesuatu yang memiliki sifat tidak tetap, artinya jasa ini bergantung pada siapa yang menyajikannya.
  • Yang terakhir Perishability (Mudah Lenyap), daya tahan suatu jasa ini tidak akan menjadi masalah jika suatu permintaan selalu ada, sebaliknya jika suatu permintaan menurun maka akan menjadi sebuah masalah bagi suatu penyedia jasa tersebut.

Semua kegiatan manusia pasti berkaitan dengan bidang jasa, oleh karena itu jasa sangat berperan penting untuk kelangsungan kegiatan manusia sehari-hari. Itulah penjelasan tentang √ Jasa : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis & Contohnya Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya Disini :