Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Kepribadian ??? Kepribadian itu adalah suatu tingkah laku ciri khas yang dimiliki seseorang individu. Agar lebih memahami konsep dan pengertian tentang kepribadian yang luas. Marilah kita simak batasan yang telah diberikan oleh beberapa ahli berikut.

√ 21 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli Secara Lengkap


Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

1. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat Kepribadian adalah beberapa ciri watak yang diperlihatkan seseorang secara lahir, konsisten, dan konsukuen. Setiap manusia melakukan proses sosialisasi. Proses sosialisasi berlangsung selama manusia masih hidup didunia ini. Kepribadian seseorang individu dapat terbentuk dalam bertingkah laku, sehingga individu memiliki identitas khusus yang berbeda dengan orang lain.


2. George Herbert Mead

Menurut George Herbert Mead kepribadian adalah tingkah laku manusia berkembang melalui perkembangan diri. Perkembangan kepribadian dalam diri seseorang berlangsung seumur hidup. Menurutnya, manusia akan berkembang secara bertahap melalui interaksi dengan anggota masyarakat.


3. Theodore R Newcombe

Menurut ahli sosiologi yang bernama Theodore R Newcombe kepribadian ialah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap prilaku.


4. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren kepribadian adalah organisasi faktor-faktor sosiologis, psikologis, dan biologis yang didasari oleh prilaku individu.


5. Yinger

Menurut Yinger kepribadian adalah keseluruhan tingkah laku dari seseorang dengan suatu sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.


6. Robert Sutherland

Menurut Robert Sutherland kepribadian adalah abstraksi individu dan kelakuan nya sebagaimana halnya sama lingkungan masyarakat dan kebudayaan. oleh karena itu kepribadian digambarkan sebagai hubungan saling memengaruhi antara tiga aspek tersebut.


7. M.A.W. Brower

kepribadian adalah corak tingkah laku sosial seorang individu yaitu meliputi keinginan, opini, dorongan, dan kekuatan, serta prilaku-prilaku seseorang.


8. Theodore M. Newcomb

Menurut ahli sosiologi Theodore M. Newcomb kepribadian yaitu suatu kelompok sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang dari perilakunya. Hal tersebut berarti bahwa kepribadian itu dimaksudkan untuk menunjukkan kelompok dari tingkah-tingkah seorang individu untuk dapat berbuat, mengetahui, berpikir, dan merasakan secara khusus jika ia berhubungan dengan orang lain atau juga pada saat ia menghadapi suatu masalah / keadaan.


9. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren kepribadian ialah sebagai kelompok faktor-faktor psiologis, biologis, dan sosiologis yang didasari prilaku individu itu sendiri. Faktor-faktor biologis tersebut meliputi keadaan fisik, watak, seksual, sistem saraf, proses pendewasaan individu yang bersangkutan, dan juga kelainan-kelainan biologis lainnya.


10. Horton

menurut Horton menyatakan bahwa kepribadian ialah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen seseorang. Sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen itu akan terwujud dalam tindakan dari seseorang bila dihadapkan pada situasi tertentu.


11. Schaefer dan Lamm

Menurut Keduanya menyatakan bahwa kepribadian ialah sebagai keseluruhan pola sikap, kebutuhan, cirri-ciri khas, dan perilaku seseorang.


12. Atkinson

Menurut Atkinson menyatakan bahwa kepribadian adalah pola dari perilaku dan cara berpikir khas, yang menentukan penyesuaian diri individu terhadap lingkungan. Kepribadian juga mencakup kepribadian umum yang bisa diamati oleh orang lain serta kepribadian yang terdiri dari pikiran dan pengalaman yang jarang diungkapkan.


13. Kimmel

Menurut Kimmel menyatakan bahwa meskipun terdapat beberapa definisi kepribadian yang berbeda, Tapi hampir dari semua teori tersebut menekankan definisi kepribadian pada 3 (tiga) karakteristik utama, yakni :

Kepribadian merefleksikan keunikan dari individu sebagai person
Teori- teori dari kepribadian memfokuskan pada sifat-sifat individu yang cukup stabil selama periode waktu yang lama dalam situasi yang berbeda -beda

Kepribadian itu dilihat sebagai hubungan antara individu dengan lingkungan fisik serta sosialnya, dalam pengertian bahwa kepribadian tersebut merefleksikan suatu pola-pola atau cara-cara individu beradaptasi dengan lingkungan.


14. Menurut Hjelle & Ziegler

perbedaan pendapat mengenai definisi kepribadian tersebut terjadi karena kepribadian yang dipahami, dan perbedaan antara teori kepribadian itu memperlihatkan mengenai perbedaan pandangan asumsi-asumsi dasar manusia.


15. Sujanto

Menurut Sujanto menyatakan bahwa kepribadian adalah suatu totalitas psikofisis yang rumit dari individu, sehingga nampak dalam tingkah lakunya yang unik.


16. Kartini dan Dali (2006)

Menurut Keduanya menyatakan bahwa kepribadian ialah tingkah laku khas dan sifat seseorang seseorang yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Kemudian, kepribadian bisa juga berarti integrasi karakteristik dari pola, minat


17. Allport

Menurut Allport menyatakan bahwa kepribadian ialah sebagai susunan sistem-sistem psikofisik yang dinamis dalam diri individu, yang menentukan penyesuaian yang unik terhadap lingkungan. Sistem psikofisik yang dimaksud Allport yaitu meliputi sikap, keyakinan, keadaan emosional, keyakinan dan nilai. Selain itu termasuk juga perasaan dan motif yang bersifat psikologi akan tetapi mempunyai dasar fisik dalam kelenjar, saraf, dan keadaan fisik anak secara umum.


18. Cuber

Menurut Cuber menyatakan bahwa kepribadian ialah gabungan keseluruhan dari sifat-sifat yang tampak dan terlihat oleh seseorang.


19. Browen

Menurut Browen menyatakan bahwa kepribadian ialah corak tingkah laku sosial yang meliputi opini, sikap, corak kekuatan, keinginan, dan dorongan seseorang.


20. Theodore

Menurut Theodore menyatakan bahwa kepribadian ialah organisasi sikap-sikap/ prespositons yang seseorang miliki sebagai latar belakang terhadap perilaku. Pastilah terdapat penyebab dari munculnya kepribadian seseorang. mari simak faktor faktor yang mempengaruhi kepribadian dibawah ini.


21. Gordon Allport

Menurut Gordon Allport menyatakan bahwa Kepribadian yaitu sebuah organisasi (berbagai aspek psikis dan fisik) yang merupakan suatu struktur yang sekaligus proses. Jadi, kepribadian itu ialah sesuatu yang dapat berubah.


Itulah penjelasan tentang √ 21 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli Secara Lengkap. Semoga bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :