Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Manajemen keuangan merupakan sistem kegiatan perusahaan untuk mendapatkan dana dan untuk mendapatkan aktiva. Disini akan mengulas definisi-definisi pengertian menurut para ahli didunia, Untuk itu mari simak definisi menurut para ahli.

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli Lengkap


Pengertian Manajemen keuangan Menurut Para Ahli

1. Bambang Riyanto

Bambang Riyanto menyatakan bahwa manajemen keuangan merupakan suatu keseluruhan kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan suatu usaha untuk mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.


2. J. L. Massie

J. L. Massie menyatakan bahwa Manajemen keuangan ialah aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan memakai dana yang diperlukan untuk suatu operasi yang efektif dan efisien.


3. Sonny, S. (2003)

Sonny, S. (2003) Menyatakan bahwa manajemen keuangan ialah kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana untuk mendapatkan dana, memakai dana, dan untuk mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.


4. Agus Sartono

Agus Sartono menyatakan bahwa Manajemen keuangan ialah bisa dapat diartikan sebagai manajemen dana baik yang berkaitan dengan suatu pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun suatu usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau untuk pembelanjaan secara efisien. (2001:6)


5. JF Bradley

JF Bradley menyatakan bahwa Manajemen keuangan ialah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan model secara bijaksana & seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.


6. Brigham & Houston yang diterjemahkan oleh Dodo, H. Dan Herman, W.

Manajemen keuangan menurut Brigham dan Houston yang diterjemahkan oleh Dodo, H. Dan Herman, W. yaitu Manajemen keuangan ialah bidang yang terluas dari tiga bidang keuangan, dan memiliki kesempatan karir yang sangat luas.


7. Grestenberg

Grestenberg menyatakan bahwa manajemen keuangan ialah bagaimana suatu bisnis diselenggarakan untuk memperoleh dana , cara mereka memperoleh dana , cara bagaimana penggunaan mereka dan bagaimana bisnis di didistribusikan


8. Sutrisno

Sutrisno menyatakan bahwa Manajemen Keuangan ialah Sebagai semua kegiatan perusahaan dengan usaha-usaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk memakai dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien. (2003:3)


9. Weston dan Copeland

Weston dan Copeland  menyatakan bahwa Manajemen keuangan bisa dirumuskan oleh suatu fungsi dan tanggung jawab para manajer keuangan. Fungsi pokok manajemen keuangan yaitu menyangkut keputusan tentang penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden pada suatu perusahaan.


10. James Van Horne

James Van Horne menyatakan bahwa ialah segala kegiatan yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan serta untuk pengelolaan aktiva dengan tujuan semua aktivitas.


Itulah definisi-definisi tentang 10 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Termiakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :