Pengertian Sel Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – sel merupakan suatu organ yang paling kecil didalam tubuh makhluk hidup. Untuk lebih jelas dan dipercaya disini akan mengulas pengertian sel menurut beberapa para ahli didunia. Mari simak ulasan dibawah berikut.

Pengertian Sel Menurut Para Ahli di Dunia Lengkap


Pengertian Sel Menurut Beberapa Para Ahli di Dunia

1. Robert Hooke (1665)

Menurut Robert Hooke menyatakan sel itu sebagai tempat-tempat kecil yang dibatasi oleh dinding. Hal tersebut dikatakan oleh Hooke usai mengerjakan penelitian yang sederhana dengan sebuah gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana.


2. Robert Brown (1831)

Robert Brown merupakan orang pertama kali yang menyatakan bahwa nukleus merupakan bagian dari makhluk hidup. Berdasarkan penelitian nya telah diketahui bahwa suatu inti sel selalu terdapat dalam sel hidup dan kehadiran inti sel itu sangat penting, yaitu untuk mengatur segala proses terjadi didalam sel.


3. Matthias Jacob Schleiden (1838) dan Theodor Schwann (1839)

Schleiden melakukan penelitian kepada tumbuhan. Setel melakukan pengamatan tubuh tumbuhan, ia menemukan bahwa banyak sel yang tumbuh. setelah dari penelitian itu akhirnya dia bisa menyimpulkan bahwa suatu satuan terkecil dari dalam tumbuhan adalah sel. Schwann melakukan penelitian terhadap hewan. Ternyata dalam penelitiannya tersebut ia melihat bahwa tubuh hewan juga tersusun dari banyak sel.


4. Felix Durjadin dan Johannes Purkinye

Felix Durjadin dan Johannes Purkinye melakukan penelitian Pada tahun 1835 sesudah melakukan penelitian struktur sel, Felix Durjadin dan Johannes Purkinye melihat ada cairan di dalam suatu sel, setelah melakukan penelitian, cairan itu dikasih nama protoplasma.


5. Max Schultze (1825-1874)

Menurut Max Schultze menyatakan protoplasma adalah suatu dasar-dasar fisik kehidupan. Protoplasma merupakan tempat terjadinya proses hidup.


Itulah pernyataan-pernyataan tentang Pengertian Sel Menurut Para Ahli di Dunia Lengkap. Semoga bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :