Fungsi Sosialisasi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu ?? Kembali lagi dengan seputarilmu.com. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang sosialisasi. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Sosialisasi : Pengertian, Fungsi & Tujuannya Lengkap


Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi merupakan sebagai sebuah proses seumur hidup yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari cara-cara hidup, norma, dan nilai sosial yang terdapat dalam kelompoknya agar dapat berkembang menjdi pribadi yang bisa diterima oleh masyarakat.

Fungsi umum dari sosialisasi tersebut dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang individu dan kepentingan masyarakt.


Fungsi Sosialisasi

1. Individu

Sosialiisasi berfungsi sebagai sarana pengenalan, pengakuan, dan penyesuaian diri terhadap nilai-nilai, norma-norma, dan struktur sosial yang ada didalam masyarakat sehingga dapat berprilaku tertib dan disiplin. Dengan demikian, seseorang menjadi warga masyarakat yang baik. Pengertian warga masyarakat yang baik adalah warga yang mampu memenuhi segala kewajiban dan menerima semua haknya sebagai warga masyarakat.


2. Kepentingan Masyarakat 

Sosialisasi berfungsi sebagai sarana pelestarian, penyebar luasan, dan pewarisan nilai-nilai serta norma-norma sosial. Dengan demikian nilai dan norma tetap terpelihara dari generasi ke generasi dalam masyarakat yang bersangkutan. Apabila fungsi sosialisasi seperti yang dijelaskan diatas berjalan dengan baik, maka diharapkan dapat memenuhi tujuan sosialisasi.


Tujuan Sosialisasi

  • Agar setiap orang dapat hidup dengan baik ditengah-tengah masyarakat nya. seseorang dapat hidup dengan baik dalam masyarakat apabila menghayati nilai dan norma dalam kehidupan.
  • Agar setiap orang dapat menyesuaikan tingkah lakunya dengan harapan masyarakat. setiap masyarakat memiliki budaya-budaya masing-masing. Budaya ini bersifat mengikat warga nya. oleh karena itu setiap individu hendakanya dapat menyesuaikan diri dengan budaya itu.
  • Agar setiap orang dapat menyadari keberadaan nya dalam masyarakat. Warga masyarakat yang menyadari keberadaan nya senantiasa mampu berperan aktif dan positif dalam kehidupan sehari-hari.
  • Agar setiap orang mampu menjadi anggota masyarakat yang baik. ciri anggota masyarkat yang baik adalah bahwa diri nya berguna.
  • Agar masyarakat tetap utuh. Keutuhan masyarkat dapat terjadi apabila diantara warga nya saling berinteraksi dengan baik.
  • Memberikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melangsungkan kehidupan ditengah-tengah masyarakat.
  • Mnegembangkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efekif dan mengembangkan kemampuan membaca, menulis dnan bercerita.
  • Membantu seseorang mengendaliakan fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihan mawas diri  yang tepat.

Terima kasih sudah membuka artikel tentang Fungsi Sosialisasi semoga ilmu nya bermanfaat buat pembaca 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya :