Jenis-Jenis Batuan Pembentuk Kerak Bumi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Untuk membentuk sebuah kerak bumi, kerak bumi tersusun oleh bebatuan, jenis jenis batuan yang membentuk kerak bumi yaitu sebagai berikut. Untuk lebih jelasnya lagi mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Jenis-Jenis Batuan Pembentuk Kerak Bumi


1. Batuan Beku

Magma  yang mendingin dan mengeras akan membentuk batuan beku. Batuan beku terbentuk disepanjang tepi lempeng tektonik tempat magma keluar dari dalam bumi. magma dapat keluar dipermukaan bumi melalui kawah gunung api. Batuan beku dibedakan menjadi 3 yaitu :

  • Batuan beku dalam (plutonik), Terbentuk dari pembekuan magam secara perlahan ketika magma masih berada dalam bumi. Pembekuan magma yang lambat menghasilkan kristal-kristal mineral batuan berukuran besar. contoh nya granit, diorit, dan gabro.
  • Batuan Beku Gang (Korok), Terbentuk dari pembekuan magma dilorong antara dapur magma permukaan bumi. Pembekuan magma berlangsung lebih cepat sehingga kristal-kristal mineral batuan besar dan kecil. contoh batuan nya granit porfir.
  • Batuan Beku Luar (Lelehan), Yaitu terbentuk dari pembekuan dari magma secara cepat setelah magma sampai dipermukaan bumi. Akibatnya, Kristal-kristal mineral yang terbentuk berukuran kecil, besar, contoh nya batuan baslat, andesit, zeolit, obsidian, riolit, dan batu apung.

2. Batuan Endapan (Sedimen)

Pengendapan material hasil erosi menghasilkan batun sedimen atau batuan endapan. Material hasil erosi terangkut dan terendapan oleh tenaga angin, air, atau gletser. Batuan sedimen tersebar luas dipermukaan bumi. Sekira 70% batuan dipermukaan daratan berupa batuan sedimen. Batuan Sedimen  dapat dijumpai sebagai endapan sungai atau danau.


3. Batu Malihan (Metamorf)

Tekanan dan suhu yang tinggi dari dalam bumi dapat membentuk batuan malihan. Tekanan dan suhu yang tinggi mampu menempatkan dan meremukan batuan beku dan batun endapan. Tempratur dan tekanan mengakibatkan tekstur dan struktur batuan berubah sehingga membentuk batuan baru. contoh batuan malihan adalah batuan marmer berasal dari batu kapur, antrsit berasal dari batu bara muda (lignit), Batu sabak (Slate) berasal dari batu lempung, batu kuarsit berasal dari batu pasir.


Itulah ulasan dari Jenis-Jenis Batuan Pembentukan Kerak Bumi . Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terima kasih 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya :