Jenis-Jenis Manusia Purba Pada Masa Pra Aksara

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Jenis-Jenis Manusia Purba di Zaman Pra aksara-Manusia purba atau yang biasa disebut dengan manusia prasejarah merupakan manusia yang hidup sebelum mengenal tulisan. Cara hidup mereka masih sangat sederhana dan masih sangat bergantung pada alam. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa situs tempat dimana fosil manusia purba banyak ditemukan, seperti di Mojokerto, Solo, Ngandong, Pacitan, atau yang paling terkenal yaitu Sangiran.

Manusia Purba adalah jenis manusia pada zaman prasejarah, manusia purba memiliki jenis-jenis dan ciri-ciri masing-masing dari ciri-ciri tersebut dapat ditemukan jenis manusia purba ini dan dari Penelitian manusia purba dilakukan dengan mengadakan peneliatian penggalian wilayah yang diperkirakan sebagai tempat hidup manusia purba

Jenis-Jenis Manusia Purba Pada Masa Pra Aksara


Jenis-Jenis Manusia Purba Pada Masa Pra Aksara

1. Meganthropus Paleojavanicus

Jenis purba ini terutama berdasarkan penelitian Von Koeningswald di sangiran 1936 dan 1941 yang menemukan fosil rahang manusia yang berukuran besar. Dari hasil rekontruksi ini kemudian para ahli menamakan jenis manusia ini dengan sebutan  Meganthropus Paleojavanicus, artinya manusia raksasa dari Jawa. Jenis manusia purba ini memiliki ciri rhang yang kuat dan badan nya tegap. Diperkirakan makanan jenis manusia ini adalah tumbuh-tumbuhan. Masa hidupnya diperkirakan pada zaman Pleistosen awal.


2. Pithecanthropus Erectus

Jenis manusia in didasarkan pada penelitian Eugene Dubois tahun 1890 didekat Trinil, sebuah desa dipinggiran Bengawan Solo, diwilayah Solo, di wilayah Ngawi. setelah direkontruksi terbentuk kerangka manusia, tetapi masih terlihat tanda-tanda kera. oleh karena itu jenis in dinamakan Pithecanthropus Erectus, artinya manusia kera yang berjalan tegak. jenis ini ditemukan di Mojokerto, sehingga disebut  Pithecanthropus Mojekertensis. Jenis manusia purba yang juga terkenal sebagai rumpun Homo Erectus ini paling banyak ditemukan di Indonesia. Diperkirakan jenis manusia purba ini hidup dan berkembang sekitar zaman pleistosen Tengah.


3. Homo Sapiens

Fosil jenis homo ini pertama diteliti oleh Von Reitschoten di Wajak. Penelitian dilanjutkan oleh Eugene Dubois bersama kawan-kawan dan menyimpulkan sebagi jenis Homo. Ciri-ciri jenis manusia Homo Sapiens ini muka lebar, hidung dan mulut nya menonjol. Dahi juga masih menonjol, sekalipun tidak semenonjol jenis Pithecanthropus. Bentuk fisik nya tidak jauh berbeda dengan manusia sekarang. Hidup dan perkembangan jenis manusia ini sekitar 40.000-25.000 tahun yang lalu. Tempat-tempat penyebaran nya tidak hanya dikepulauan Indonesia tetapi juga di Filipina dan Cina Selatan.


Itulah penjelasan tentang Jenis-Jenis Manusia Purba Pada Masa Pra Aksara semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :