Sistem Pemerintahan

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Di dalam sebuah negara pasti mempunyai sistem pemerintahan untuk mengatur dan menjaga kestabilan sebuah negara. Tapi sudahkah anda tahu macam macam sistem pemerintahan yang ada didunia ?? Jika belum disini akan menjelaskan semuanya. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Sistem Pemerintahan


Pengertian Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan adalah sistem yang dimiliki suatu negara dalam mengatur pemerintahannya. Sesuai dengan kondisi negara masing-masing.
Sistem pemerintahan mempunyai sistem dan tujuan untuk menjaga suatu kestabilan negara itu.

Namun di beberapa negara sering terjadi tindakan separatisme karena sistem pemerintahan yang dianggap memberatkan rakyat ataupun merugikan rakyat. Sistem pemerintahan mempunyai fondasi yang kuat dimana tidak bisa diubah dan menjadi statis.

Jika suatu pemerintahan mempunya sistem pemerintahan yang statis, absolut maka hal itu akan berlangsung selama-lamanya hingga adanya desakan kaum minoritas untuk memprotes hal tersebut.

Secara luas berarti sistem pemerintahan itu menjaga kestabilan masyarakat, menjaga tingkah laku kaum mayoritas maupun minoritas, menjaga fondasi pemerintahan, menjaga kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, keamanan sehingga menjadi sistem pemerintahan yang kontinu dan demokrasi dimana seharusnya masyarakat bisa ikut turut andil dalam pembangunan sistem pemerintahan tersebut.Hingga saat ini hanya sedikit negara yang bisa mempraktikkan sistem pemerintahan itu secara menyeluruh.

Secara sempit,Sistem pemerintahan hanya sebagai sarana kelompok untuk menjalankan roda pemerintahan guna menjaga kestabilan negara dalam waktu relatif lama dan mencegah adanya perilaku reaksioner maupun radikal dari rakyatnya itu sendiri.


Macam-Macam Sistem Pemerintahan

1. Sistem Pemerintahan Presidensial

Baca Juga :  Pemilu Adalah

Presidensial, yaitu sistem pemerintahan negara republik yang kekuasaan eksekutif dipilih melalui pemilu dan terpisah dengan kekuatan legislatif. Pada sistem pemerintahan presidensial kedaulatan negara dibagi dalam trias politica oleh Monstequieu yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.


2. Sistem Pemerintahan Parlementer

Parlementer adalah sebuah badan legislatif khususnya di negara-negara sistem pemerintahannya berdasarkan sistem Westminster dari Britania Raya. Nama ini berasal dari bahasa Perancis yaitu parlement. Badan legislatif yang disebut parlemen dilaksanakan oleh sebuah pemerintah dengan sistem parlementer dimana eksekutif secara konstitusional bertanggungjawab kepada parlemen.


3. Sistem Pemerintahan Semipresidensial

Semipresidensial adalah sistem pemerintahan yang menggabungkan kedua sistem pemerintahan presidensial dan parlementer.

Didalam sistem pemerintahan tersebut yaitu dalam otoritas tertinggi terletak pada dua partai, yakni di tangan Parlemen (sebagai Wakil Rakyat) dan Presiden (sebagai Kepala Negara).


4. Sistem Pemerintahan Komunis

Komunis adalah istilah politik yang digunakan untuk mendeskripsikan bentuk pemerintahan suatu negara yang menganut sistem satu partai dan mendeklarasikan kesetiaan kepada komunisme (Marxisme, Leninisme, atau Maoisme) dan menganut terhadap prinsip komunisme (yang tidak mengakui adanya suatu keberadaan Tuhan).

Didalam sebuah pemerintahan komunis, yaitu pada setiap orang harus hidup secara setara, tidak ada yang miskin atau yang kaya, setiap orang harus saling mendukung dan harus saling membantu.


5. Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal

Demokrasi Liberal yaitu demokrasi yang didasarkan pada kebebasan individualisme. Demokrasi ini juga dapat diartikan sebagai demokrasi yang mencita-citakan tercapainya pemerintahan yang tunduk kepada hukum.

Demokratis liberal adalah sebuah sistem dalam pemerintahan yang sudah digabungkan terhadap sistem pemerintahan secara demokratis dan di dalam sistem pemerintahan liberal.

Dalam sebuah sistem pemerintahan tersebut dapat mengontrol yang dilakukan oleh kepala pemerintahan yang dipilih dengan cara langsung dari rakyat.

Baca Juga :  Sistem Pemerintahan Semipresidensial

6. Sistem Pemerintahan Liberal

Liberal, yaitu sistem yang menganut kebebasan bagi warga negaranya. Dalam sebuah sistem pemerintahan tersebut, pemerintah tidak menyediakan banyak kebijakan dan sebagian besar dalam kegiatan negara dapat dilakukan dengan sektor swasta.

Dalam sistem ini, memiliki suatu tatanan yang terdiri dari berbagai komponen yang saling tergantung dan mempengaruhi terhadap fungsi pemerintah.


Itulah ulasan tentang Sistem Pemerintahan : Pengertian & Macam-Macamnya Lengkap.  Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih


Baca Juga Artikel Lainnya :