Pengambilan Keputusan

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Didalam hidup semua pasti pernah mengalami bimbang dalam mengambil keputusan didalam hidupnya. Untuk tidak salah dalam mengambil keputusan. Disini akan mengulas tentang pengambilan keputusan secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

√ Pengambilan Keputusan : Pengertian, Macam, Teknik & Tujuannya Lengkap


Pengertian Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan sangat penting dalam manajemen dan merupakan tugas utama dari seseorang pemimpin (manajer). Pengambilan keputusan (decision making) diproses oleh pengambil keputusan (decision maker) yang hasil nya keputusan (decision). Keputusan-keputusan ini akan menimbulkan aktivitas-aktivitas, sehingga proses manajemen dapat terlaksana. Keputusan akan menimbulkan aktivitas dan atau mengakhiri aktivitas.


Macam-Macam Pengambilan Keputusan :

1. Keputusan Auto Generated

Keputusan ini diambil dengan cepat dan kurang memperhatikan, mempertimbangkan data, informasi, fakta, dan lapangan keputusan nya.


2. Keputusan Induced

Keputusan induced diambil berdasarkan scientific management atau manajemen ilmiah, sehingga keputusan itu logis, ideal, rasional untuk dilaksanakan dan resiko nya relatif kecil, proses pengambilan keputusan lebih lambat.


Basis Pengambilan Keputusan

1. Keyakinan

Manajer (decision maker) dalam pengambilan keputusan (decision making) nya didasarkan atas keyakinan bahwa “keputusan” (decision) inilah yang terbaik setelah diperhitungkan dan dianalisis faktor-faktor internal dan eksternal serta dampak positif dan negatif dari keputusan tersebut.


2. Intuisi

Manjer dalam pengambilan keputusan didasarkan atas suara hati (intuisi) nya, bersifat ilham dan perasaan-perasaan (good feeling) nya, sasaran-sasaran, pengaruh, preferensi-preferensi, dan pisikologis individu pengambil keputusan memegang peranan penting.


3. Fakta-Fakta

Pengambilan keputusan didasarkan atas hasil analisis data, informasi, dan fakta-fakta, serta didukung oleh kemampuan imajinasi, pengalaman, perspektif yang tepat, dan daya pikir untuk mengimplementasikan situasi dan dan kondisi masa depan.


4. Pengalaman

Manajer dalam pengambilan keputusan nya didasarkan kepada pengalaman nya dan pengalaman pihak-pihak lain. Pengalaman sangat berharga memberikan petunjuk-petunjuk dan memberikan jawaban atas pertanyaan “apa yang harus dilakukan dalam situasi dan kondisi.


5. Kekuasaan

Decision maker dalam pengambilan keputusan (decision making) harus berpedoman atas kekuasaan (authority) yang dimiliki nya, supaya keputusan (decision) itu sah dan legal untuk diberlakukan. hal ini disebabkan authority merupakan dasar hukum untuk bertindak dan berbuat sesuatu.


Teknik-Teknik Pengambilan keputusan

1. Operation Research

yaitu dengan penggunaan metode-metode scientific (yang meliputi teknik-teknik matematis) dalam analisis dan pemecahan suautu maslah tertentu, penerapan teknik ini adalah usaha inventarisasi.


2. Linear Programming

yaitu dengan menggunakan rumus-rumus matematik yang disebut juga vector analysis.


3. Gaming War Games

Yaitu dengan teori yang biasa nya digunakan untuk menentukan strategi.


4. Probability

Yaitu dengan teori kemungkinan yang dapat diterapkan pada kalkulasi rasionalitas hal-hal yang tidak normal, mengenai sebuah keputusan yang dipertimbangkan dan diperhitungkan.


5. Rangking and statistical weighting

Yaitu dengan cara: 1. Melokalisasi berbagai faktor yang akan mempengaruhi keputusan terakhir, 2. menimbang faktor-faktor yang dapat dibandingkan dan yang tercakup didalam setiap alternatif.


Tujuan Pengambilan Keputusan

Dalam mengambil keputusan memiliki tujuan dalam pengambilan keputusan itu bisa dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut :

1. Tujuan yang bersifat tunggal

Tujuan pengambilan keputusan yang sifatnya tunggal yakni terjadi jika dalam keputusan yang dihasilkan hanya menyangkut satu masalah, yang artinya bahwa sekali diputuskan, tidak ada kaitannya dengan masalah lain


2. Tujuan yang bersifat ganda

Tujuan pengambilan keputusan yang sifatnya ganda yakni terjadi bila keputusan yang dihasilkan itu menyangkut lebih dari satu masalah, yang artinya keputusan yang diambil itu sekaligus memecahkan dua (atau lebih) masalah yang sifatnya kontradiktif atau yang sifatnya tidak kontradiktif.


Itulah ulasan tentang Pengambilan Keputusan Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :