Pengertian & Cabang-Cabang Ilmu Kimia

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Mendengar kata kimia, apalagi untuk pelajar SMA hal yang sangat menakutkan untuk didengar, karna pelajaran satu ini sangat membosankan dan sangat sulit untuk dipelajari, tapi tidak ada nama nya pelajaran yang sulit jika kita ingin belajar, Disini saya akan membantu untuk mengurangi kesulitan belajar kimia. dan disini saya akan membahas tentang pengertian dan 8 manfaat kimia, mari kita lihat dibawah ini.

√ Pengertian Ilmu Kimia & Cabang - Cabang Ilmu Kimia [ LENGKAP ]


Pengertian Kimia

Kimia merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai komposisi,struktur dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul,serta perubahan atau transformasi serta interaksi untuk membentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dan yang mempunyai masa dan menempai ruang. kimia juga sering disebut sains fisik.

Untuk mengurangi kesulitan dalam mempelajarinya, ilmu kimia diperluas menjadi cabang-cabang ilmu kimia yang lebih spesifik seperti kimia fisika, kimia anorganik, kimia organik, biokimia, kimia lingkungan, kimia bahan makanan, serta kimia analitik. Berikut ini penjelasan cabang-cabang ilmu kimia.


Pengertian Ilmu Kimia Menurut Para Ahli

1. Brady ( 1994 : 3 )

Menurut Brady ( 1994 : 3 ) Pengertan Ilmu Kimia adalah sebuah ilmu mengenal bahan kimia. Bahan kimia bukanlah zat abstrak yang perlu ditakuti oleh manusia biasa.

Bahan ini mencakup benda yang ada di sekitar kita. Selanjutnya ilmu kimia dapat didefinisikan sebagai ilmu murni yang mempelajari bahan-bahan yang ada di alam semesta, interaksi diantaranya dan perubahan energy yang berhubungan atau disebabkan oleh adanya perubahan-perubahan alam.


2. Agung Nugroho Catur Saputro & Irwan Nugraha, ( 2008)

Menurut Agung Nugroho Catur Saputro & Irwan Nugraha Ilmu kimia merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya.


3. Irfan Anshory (2000: 3)

menurut Irfan Anshory ilmu kimia menurut Irfan Anshory adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur materi, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi lain, serta energy yang menyertai perubahan materi.


Cabang-Cabang Ilmu Kimia

1. Kimia Fisika

Kimia fisika merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur, sifat, dan perubahan kimia suatu zat serta perubahan energi yang menyertai perubahan kimia tersebut.


2. Kimia Anorganik

Kimia anorganik amerupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari unsur-unsur pembentuk senyawa, sifat unsur, dan senyawanya, penggunaan dan pembuatannya.


3. Kimia Organik

Kimia organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur dan pembentukan senyawa karbon, termasuk reaksi yang terlibat, mekanisme reaksi, dan ikatan serta kekuatan ikatan antar atom dalam senyawa karbon tersebut.


4. Kimia Lingkungan

Kimia lingkungan amerupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang interaksi yang melibatkan zat dan reaksi kimia di alam, serta polusi di alam.


5. Kimia Analitik

Kimia analitik merupakan cabang ilmu kimia yang mengkaji tentang analisis zat atau senyawa, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, meliputi sampling, penyiapan sample siap ukur, pengukuran, pemisahan, peralatan untuk keperluan pengukuran dan sebagainya.


6. Biokimia

Biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari zat kimia serta reaksi kimia yang menyertai proses-proses biologi seperti proses metabolisme dalam tubuh, (reaksi enzimatik, penguraian atau hidrolisis protein, karbohidrat dan lemak).


7. Kimia Makanan

Kimia makanan merupakan cabang ilmu kimia yang fokus pada kajian mengenai komposisi kimia, reaksi kimia, dan proses kimia dalam makanan. Makanan yang dimaksud meliputi makro nutrisi, mikro nutrisi, dan zat aditif dalam makanan.


Itulah ulasan tentang Pengertian dan Cabang-Cabang Ilmu Kimia Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :