Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – motivasi ?? pasti semua orang memerlukan motivasi, saat ketika seseorang dalam keadaan tidak percaya diri, kata-kata motivasi sangat diperlukan sekali agar seseorang semang kembali untuk menjalankan aktivitas nya sehari-hari. tanpa ada nya motivasi dalam hidup, kehidupan orang tidak akan terarah dan sampai ketujuan yang akan orang-orang capai. untuk itu seputarilmu.com akan mengulas tentang apa itu motivasi, untuk lebih meyakinkan lagi motivasi akan dijelaskan oleh para ahli didunia.

Pengertian Motivasi Menurut para Ahli


Pengertian Motivasi Menurut Beberapa Para ahli

1. Drs Moekijat

Menurut Drs. Moekijat Motivasi adalah suatu pengertian yang mengandung semua alat penggerak alasan-alasan atau dorongan-dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan ia berbuat sesuatu.


2. Bernard Berelson dan Gray A. Steiner

Menurut Bernard Berelson dan Gray A. Steiner motivasi adalah suatu pendorong dari dalam untuk beraktivitas atau bergerak dan secara langsung atau mengarah kepada sasaran terakhir.


3. Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan motivasi adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang, agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upaya nya untuk mencapai kepuasan.


4. Harold Koontz

Menurut Harold Koontz motivasi adalah mengacu pada dorongan dan usaha untuk memuaskan kebutuhan atau suatu tujuan.


5. Wayne F. Cascio

Menurut Wayne F. Cascio motivasi adalah suatu kekuatan yang dihasilkan dari keinginan seseorang untuk memuaskan kebutuhannya.


6. Stephen P. Robbine

Menurut Stephen P. Robbine motivasi adalah sebagai suatu kerelaan untuk berusaha seoptimal mungkin dalam mencapai tujuan organisasi yang dipengaruhi oleh kemampuan usaha untuk memuaskan beberapa kebutuhan individu.


7. American Encyclopedia

Menurut American Encyclopedia motivasi adalah kecenderungan (suatu sifat yang merupakan pokok pertentangan ) dalam diri seseorang yang membangkit topangan dan mengarahkan tindak tanduknya.


8. Merle J. Moskowits

Menurut Merle J. Moskowits Motivasi adalah sebagai insiatif dan pengarahan tingkah laku dan pelajaran motivasi sebenarnya merupakan pelajaran tingkah laku.


9. Victor H. Vroom

Menurut Victor H. Vroom, motivasi adalah sebuah akibat dari suatu hasil yang ingin diraih atau dicapai oleh seseorang dan sebuah perkiraan bahwa apa yang dilakukannya akan mengarah pada hasil yang diinginkannya


10. Edwin B. Flippo

Menurut Edwin B. Flippo, motivasi adalah suatu keahlian dalam mengarahkan seorang pegawai & sebuah organisasi agar dapat bekerja supaya berhasil, hingga para pegawai dan tujuan dari organisasi tersebut tercapai.


11. R. Terry

Menurut R. Terry Menjelaskan bahwa motivasi adalah sebuah keinginan yang ada pada diri seseorang yang merangsangnya untuk melakukan berbagai tindakan.


12. Davies, Ivor K

Menurut Davies, Ivor K menyatakan Motivasi adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas.


13. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Motivasi adalah dorongan yg timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu;


14. Robbins dan Judge

Menurut Robbins dan Judge menyatakan bahwa Motivasi adalah suatu proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan individu agar dapat mencapai tujuannya.


15. Djamarah (2002: 34)

Menurut Djamarah menyatakan bahwa motivasi adalah sebagai perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feelling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.


16. H. Hadari Nawawi

Menurut H. Hadari Nawawi Mendefinisikan motivasi seseseorang melakukan sesuatu perbuatan atau kegiatan yang berlangsung secara sadar.


17. Sargent

Menurut Sargent menyatakan bahwa Motivasi adalah sesuatu apa yang membuat seseorang bertindak.


18. Sardiman (2006:73)

Menurut Sardiman menyatakan Motivasi merupakan perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya felling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.


19. Henry Simamora

Menurut Henry Simamora motivasi menurutnya adalah Sebuah fungsi dari pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang dikehendaki.


20. Siagian

Menurut Siagian Menyatakan bahwa motivasi merupakan dampak dari interaksi seseorang dengan situasi yang dihadapinya.


21. Azwar

Menurut Azwar menyatakan bahwa Motivasi merupakan sebuah rangsangan atau dorongan yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok masyarakat yang ingin bekerjasama secara maksimal dalam melakukan sesuatu yang sudah direncanakan untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan.


22. Prof. Drs. Nasution

Menurut Prof. Drs. Nasution menyatakan bahwa Motivasi adalah usaha-usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi sehingga anak itu mau melakukan sesuatu.


23. Soemanto

Menurut Soemanto menyatakan bahwa Secara umum mendefinisikan motivasi sebagai suatu perubahan tenaga yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi- reaksi pencapaian tujuan.


24. A. Anwar Prabu Mangkunegara

Menurut A. Anwar Prabu Mangkunegara Menyatakan bahwa motivasi dengan kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan dan memelihara prilaku yang berubungan dengan lingkungan kerja.


25. Weiner (1990)

Dikutip Elliot et al. (2000), motivasi didefinisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.


26. Mc. Donald

Menurut Mc. Donald menyatakan bahwa Motivasi ialah sebuah perubahan energi yang ada dalam diri seseorang yang ditandakan dengan adanya rasa (feeling) dan didahului dengan respon adanya sebuah tujuan.


27. Barton dan Martin

(Marwansyah dan Mukaram, 2000: 151) menjelaskan bahwa: motivasi adalah kekuatan yang menggerakkan perilaku yang memberi arah pada perilaku dan mendasari kecenderungan untuk tetap menunjukkan perilaku tersebut.


28. Mitchell, T. R

Menurut Mitchell, T. R menyatakan bahwa Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.


29. Victor H. Vroom

Menurut Victor H. Vroom menyatakan bahwa Motivasi ialah sebuah akibat dari suatu hasil yang ingin diraih atau dicapai oleh seseorang dan sebuah perkiraan bahwa apa yang dilakukannya akan mengarah pada hasil yang diinginkannya.


30. Malayu

Menjelaskan bahwa motivasi diambil dari kata latin yaitu movere yang artinya dorongan atau pemberian daya penggerak yang dapat menciptakan suatu kegairahan kerja seseorang agar mereka mau bekerja efektif, bekerjasama dan terintegrasi dengan segala upaya untuk mencapai sebuah kepuasan.


31. Morgan et al.

(Marwansyah dan Mukaram, 2002: 151) dijelaskan bahwa motivasi adalah kekuatan yang mengendalikan dan menggerakkan seseorang untuk melakukan tindakan atau perilaku yang diarahkan pada tujuan tertentu.


32. Winardi (2007,p1)

Menurut Winardi (2007,p1) menyatakan bahwa Motivasi berasal dari kata motivation yang berarti (menggerakkan). Motivasi merupakan hasil sejumlah proses yang bersifat internal atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap entutiasme dan persistensi dalam hal melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu.


33. Mulyasa (2003:112)

Menurut Mulyasa menyatakan bahwa Motivasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Peserta didik akan bersungguh-sungguh karena memiliki motivasi yang tinggi.


34. Hamalik (1992:173)

Menurut Hamalik menyatakan bahwa Motivasi adalah perubahan energi dalam diri atau pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.


35. Uno (2007)

Menurut Uno (2007) menyatakan bahwa Motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan.


36. Drs. Moh. Uzer Usman

Menurut Drs. Moh. Uzer Usman menyatakan bahwa Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan / tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan / keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan.


37. Sujono Trimo

Menurut Sujono Trimo menyatakan bahwa motivasi adalah suatu kekuatan penggerak dalam prilaku individu dalam prilaku individu baik yang akam menentukan arah maupun daya ahan (perintence) tiap perilaku manusia yang didalamnya terkandung pula ungsur-ungsur emosional insane yang berasangkutan.


38. Wikipedia

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.[1] Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan


Itulah penjelasan tentang Pengertian Motivasi Menurut para Ahli Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :