Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Untuk menghindari terjadinya berbagai prilaku menyimpang dimasyarkat sehingga dapat tercipta kehidupan dalam masyarakat yang lancar, tertib, dan teratur, maka perlu ada nya pengendalian sosial. Untuk mempelajari tentang pengendalian sosial yang dikemukakan oleh para ahli didunia sebagai berikut.

Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli Lengkap


Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

1. Peter L. Berger

Pengendalian sosial Merupakan berbagai cara yang digunakan masyarakat untuk mentertibkan anggotanya yang menyimpang.


2. Bruce J. cohen

Menurut Bruce J. Cohen pengendalian sosial merupakan cara-cara atau metode yang digunakan untuk mendorong seseorang agar berprilaku selaras dengan kehendak kelompok atau masyarakat luas tertentu.


3. Joseph S. Roucek

Menurut Joseph S. Roucek pengendalian sosial ialah segenap cara dan proses pengawasan yang direncanakan atau tidak direncanakan yang bertujuan mengajak, mendidik, atau bahkan memaksa warga masyarakat agar mematuhi norma dan nilai yang berlaku.


4. Horton

Menurut Horton pengendalian sosial merupakan segenap cara dan proses yang ditempuh oleh sekelompok orang atau masyarakat, sehingga para anggota nya dapat bertindak sesuai harapan kelompok atau masyarakat.


5. Soetandyo Wignyo Subroto

Menurut Soetandyo pengendalian sosial merupakan sanksi, yang merupakan bentuk penderitaan yang sengaja disediakan oleh masyarakat.


6. Astrid S. Susanto

Menurut Astri S. susanto pengendalian sosial merupakan mengontrol psikologis dan non-fisik karena merupakan “tekanan mental� terhadap individu sehingga individu akan bersikap dan bertindak sesuai dengan penilaian dalam kelompok.

Dari beberapa definisi diatas , dapat disimpulkan bahwa pengendalian sosial merupakan proses yang digunakan oleh seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi, mengajak, bahkan memaksa individu atau masyarakat agar berprilaku sesuai dengan norma dan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat, sehingga tercipta ketertiban masyarakat.


Itulah ulasan tentang Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli semoga bermanfaat bagi pembaca sekian dan terimakasih.