Pengertian Sosialisasi Menurut Para ahli

Diposting pada
SeputarIlmu.Com – Haii para pencari ilmu !!! Pada kesempatan kali seputarilmu.com akan membahas tentang pengertian sosialisasi menurut para ahli. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini
Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi merupakan proses belajar yang dilakukan oleh seseorang untuk berbuat atau bertingkah laku berdasarkan patokan yang terdapat dan diakui dalam masyarakat. Melalui Proses sosialisasi kemudian mengadopsi kebiasaan, sikap dan ide orang lain serta dapat hidup tertib dan taat peraturan.

Secara sempit proses sosialisasi dapat diartikan sebagai proses pembelajaran seseorang dalam mengenal lingkungan sekitarnya, baik lingkungan fisik maupung lingkungan sosialnya. Pengenalan ini dilakukan individu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar yang akan membekali diri nya dalam pergaulan yang lebih luas.

Sedangkan dalam arti luas, proses sosialisasi diartikan sebagai proses interaksi dan pembelajaran seseorang mulai dari lahir hingga meninggalnya dalam suatu kebudayaan masyarakat.


Pengertian Sosialisasi Menurut Para ahli

1. Koentjaraningrat

Sosialisasi adalah seluruh proses dimana seseorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan menyesuaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitar nya.


2. Irvin L. Chid

Sosialisasi adalah segenap proses yang menuntut individu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yangdiyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompok nya.


3. Edward Shils

Sosialisasi merupakan proses sosial yang dijalankan seseoarang atau proses sepanajang umur yang perlu dilalui seseorang individu untuk menjadi seseorang anggota kelompok dan masyarakat nya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat tersebut.


4. Horton Dan Hunt

Sosialisasi adalah suatu proses seseorang menghayati (internalize) norma-norma kelompok tempat ia hidup sehigga timbulah diri yang unik.


5. Soerjono Soekanto

Sosialisasi ialah proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berprilaku orang-orang disekitarnya.


6. Peter L. Berger

Sosialisasi adalah proses dimana seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.


7. Prof. Dr. Nasution, S.H.

Menurut Prof. Dr. Nasution, S.H. mengungkapkan bahwa sosialisasi adalah sebuah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial “sebagai warga masyarakat yang dewasa”


8. Broom dan Selznic

Menurut Broom dan Selznic menyatakan bahwa Sosialisasi merupakan proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri seseorang.


9. Nursal Luth

Menurut Nursal Luth mengungkapkan bahwa Sosialisasi merupkan proses ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat.


10. Stewart

Menurut Stewart mengungkapkan bahwa Sosialisasi adalah sebuah proses mendapatkan kepercayaan, sikap, nilai dan kebiasaan dalam kebudayaannya.


11. Jack Levin Dan James L. Spates

Menurut mereka Sosialisasi adalah suatu proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.


12. John C. Macionis

Menurut John C. Macionis mengungkapkan bahwa Sosialisasi adalah suatu pengalaman sosial seumur hidup dimana individu bisa mengembangkan potensinya dan mempelajari pola-pola kehidupan.


13. David Gaslin

Menurut David Gaslin mengungkapkan bahwa Sosialisasi adalah sebuah proses belajar yang dialami seseorang untuk mendapatkan pengetahuan tentang nilai dan norma-norma supaya bisa berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.


14. James. W. Vander Zanden

Menurut James. W. Vander Zanden mengungkapkan bahwa Sosialisasi adalah suatu proses interaksi sosial dimana orang mendapatkan pengetahuan, nilai, sikap dan perilaku esensial untuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.


15. Paul B. Horton

Menurut Paul B. Horton mengungkapkan bahwa Sosialisasi adalah sebuah proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarkat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.


16. Karel J. Veeger

Menurut Karel J. Veeger mengungkapkan bahwa Sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar.


17. Robert M.Z. Lawang

Menurut Robert M.Z. Lawang mengungkapkan bahwa adalah suatu proses mempelajari norma, nilai, peran dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.


18. David B. Brinkerhoft Dan Lynn K.White

Menurut David B. Brinkerhoft Dan Lynn K White mengungkapkan bahwa Sosialisasi adalah suatu proses belajar peran, status dan nilai yang diperlukan untuk partisipasinya dalam institusi sosial.


19. Sukandar Wiraatmaja

Menurut Sukandar Wiraatmaja mengungkapkan bahwa sosialisasi adalah proses belajar mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat.


20. Charlotte Buhler

Menurut Charlotter Buhler mengungkapkan bahwa sosilisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompknya, agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.


21. Wikipedia

Menurut Wikipedia sosialisasi adalah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.


22. Bruce J. Cohen

Menurut Bruce J. Cohen mengungkapkan bahwa sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kepastiannya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota.


23. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI sosialisasi adalah suatu proses belajar seseorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.


24. Wright Wright

Menurut Wright Wright mengungkapkan bahwa sosialisasi adalah proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan “sampai tingkat tertentu” norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.


25. Giddens

Menurut Giddens mengungkapkan bahwa sosialisasi adalah sebuah prose yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadaar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat ia tinggal.


26. Ritcher JR

Menurut Ritcher JR mengungkapkan bahwa adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.


27. Ahmadi

Menurut Ahmadi pengertian sosialisasi mencakup :

  • Proses sosialisasi adalah proses belajar. Yaitu suatu proses akomodasi di mana individu menahan, mengubah impuls – impuls dalam dirinya lalu diikuti oleh upaya pewarisan cara hidup atau kebudayaan masyarakatnya
  • Dalam proses sosialisasi itu individu mempelajari kebiasaan, sikap, ide – ide nilai – nilai dan tingkah laku dalam masyarakat di mana ia hidup, dan
  • Semua sikap dan kecakapan yang dipelajari dalam proses sosialisasi itu disusun dan dikembangkan secara sistematis dalam pribadinya.

Itu lah ulasan tentang Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian terimakasih 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya :