Flora Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Setiap Zona dan subzona pada biosfer memiliki flora dan fauna yang berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor-faktor linkungan yang mempengaruhi kehidupan flora dan fauna sehingga persebarannya dipermukaan bumi berbeda-beda. disini kita akan mempelajari tentang persebaran flora didunia dan jenis-jenis nya.

√ Flora : Pengertian, Klasifikasi, Jenis & Persebarannya Lengkap


Pengertian Flora

Kata Flora berasal dari bahasa latin yaitu Flora, yang mana bisa diartikan sebagai alam tumbuhan atau nabatah yang mana menyangkut semua aspek mengenai macam jenis tumbuhan dan tanaman. Biasanya dalam penggunaanya akan selalu di beri imbuhan dengan naman geografis, misalnya saja nabatah Jawa, nabatah Asia atau nabatah Eropa. kesimpulan nya berarti Flora merupakan sebagai alam tumbuhan atau nabatah yang mana menyangkut semua aspek mengenai macam jenis tumbuhan dan tanaman.


Klasifikasi Flora

Pengelompokan berbagai jenis tumbuhan ke dalam flora didasarkan pada suatu wilayah, iklim, perioda, atau lingkungan tertentu. Wilayah-wilayah atau daerah yang berbeda secara geografis, misalnya pada pegunungan yang dibandingkan dengan daerah dataran, biasanya memiliki jenis flora yang berbeda.

Flora juga bisa merujuk pada perioda tertentu misalnya flora fosil. Flora yang lain yang artikan dengan berdasarkan lingkungan, keadaan atau yang sifatnya khusus. Misalnya :

  • Flora asli merupakan terdapat berbagai jenis tumbuhan asli, yang hidup pada wilayah tertentu.
  • Flora tanaman (pertanian dan hortikultura) merupakan yang mencakup berbagai jenis tumbuhan yang ditanam atau dibudidayakan oleh manusia.
  • Flora gulma merupakan daftar berbagai jenis tumbuhan yang keberadaanya tidak diinginkan untuk tumbuh di lahan pertanian atau tempat lainnya, yang disusun dan dipelajari yang berkaitan dengan usaha dalam memberantas atau mengendalikan tumbuhan tersebut.

Jenis-Jenis & Persebaran Flora Di Dunia

Secara garis besar, kehidupan organisme baik flora maupun fauna dipermukaan bumi terdapat pada dua biossiklus, yaitu daratan dan perairan.

1. Biosiklus Daratan

secara umum terdiri dari bioma hutan, sabana, steppa, dan gurun.

A. Bioma Hutan

Hutan, (forest), merupakan bentang lahan yang sangat luas yang ditumbuhi beraneka ragam pohon-pohonan. Jenis-jenis hutan dibagi menjadi lima macam, yaitu sebagai berikut :

  • Hutan Hujan Tropis, Hutan hujan tropis merupakan hutan yang terletak pada lintang 23,5 derajat LU-23,5 derajat LS. jenis flora di hutan hujan tropis ini antara lain mernati dan damar. Wilayah penyebaran nya meliputi, wilayah Amerika Tengah, Afrika, bagian Tengah, Madagaskar, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Daerah-daerah di Asia Tenggara lainnya.
  • Hutan Musim Daerah Iklim Tropis, yaitu jenis hutan yang terdapat didaerah yang memiliki pola musim hujan dan kemarau yang jelas. ciri khas dari hutan ini antara lain terdiri atas satu atau dua spesies pohon berkayu dengan ketinggian sekitar 25 meter. Jenis flora ini anatara lain pohon jati. Wilayah persebarannya antara lain, disebagian didaerah Indonesia, Thailand, Kamboja, dan Myanmar.
  • Hutan Mangrove (Hutan bakau), merupakan jenis hutan didaerah tropis yang ditumbuhi berbagai jenis vegetasi khas rawa-rawa pantai yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut. ciri-ciri hutan mangrove ditandai dengan sistem perakaran vegetasi yang sebagian berada diatas permukaan air. Wilayah penyebaran nya meliputi, wilayah Amerika Serikat bagian Timur, Selandia Baru, sebagian besar Eropa Tengah, Australia bagian Timur, Cina, Korea, Jepang, dan Argentina.
  • Hutan Berdaun Jarum (Conifer). yaitu jenis hutan yang banyak terdapat didaerah iklim sedang sampai dingin. ciri-ciri hutan ini vegetasinya berdaun jarum (conifer), jenis nya antara lain. larix yang menggugurkan daunnya pada musim dingin, dan 2. sequoia. Wilayah penyebaran nya antara lain, di Eropa bagian Siberia, dan Di wilayah Amerika Serikat di California.
  • Hutan Taiga, yaitu jenis hutan yang terdapat didaerah iklim dingin dibelahan bumi utara dan dipegunungan tinggi. Jenis-jenis nya antara lain, Tusam (Pinus) merkusi, dan pinus cemara. wilayah penyebarannya dibelahan bumi utara, dan dipegunungan tinggi.

B. Bioma Sabana

Sabana merupakan suatu wilayah vegetasi, didaerah tropis atau subtropis yang terdiri atas pohon-pohon yang tumbuh dengan jarang, dan diselingi oleh semak belukar serta rumput-rumputan. Jenis flora nya antara lain ekaliptus. Wilayah penyebarannya yaitu, Australia, Afrika Timur, Brazilia, dan Indonesia terutama dikepulauan Nusa Tenggara.

C. Bioma Padang Rumput

Padang rumput terdiri dari stepa dan prairi. Stepa merupakan suatu wilayah yang ditumbuhi oleh rumput-rumputan pendek. Jenis rumput nya antara lain rumput Indian Grasses. Wilayah penyebarannya nya antara lain didaerah tropis terdapat di Afrika, Amerika Selatan, dan Australia Utara. Adapun didaerah iklim sedang terdapat dibagian barat Amerka Utara, Argentian, Australia, dan Eropa. Gurun terdiri atas 2 perwujudan, yaitu gurun panas kering, dan gurun dingin.


2. Biosiklus Perairan

Selain pada biosiklus didaratan, Flora dapat hidup pada biosiklus perairan. Biosiklus perairan terdiri atas 2 bagian, yaitu :

  • Biosiklus Air Asin, Lautan meruapakan cekungan yang berukuran relatif sangat luas yang terisi oleh massa air asin. didalam nya terdapat berbagai makhluk hidup berupa jenis tumbuhan maupun hewan yang telah beradaptasi dengan kondisi perairan air laut. Tumbuhan laut hanya tersebar dan terdapat ditempat-tempat yang terkena penyinaran matahari. jenis tumbuhan nya antara lain, Pitoplankton, merupakan organisme kecil yang hidup terapung-apung dipermukaan atau dekat permukaan laut.
  • Biosiklus Air Tawar, air tawar yang ada dipermukaan bumi diklasifiksikan dalam bentuk sungai, danau, kolam, dan rawa. Jenis tumbuhan yang ada di air tawar antara lain eceng gondok dan teratai. jenis jenis tumbuhan ini banyak terdapat di wialayah Indonesia.

Persebaran Flora Di Indonesia

Berbagai jenis tumbuhan yang berbeda bisa hidup di semua wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia meliputi daerah yang luas. Beberapa daerah di Indonesia mempunyai suatu perbedaan iklim, cuaca, ketinggian dan kesuburan tanah sehingga tumbuhan yang tumbuh dan berkembang biak juga berbeda- beda. Persebaran flora di Indonesia dibagi menjadi 3 yaitu flora bagian barat, flora bagian tengah dan flora bagian timur. Pembagian flora di Indonesia dibatasi oleh dua buah garis imajiner. Garis Wallace membatasi flora bagian barat dengan flora bagian tengah, sementara itu garis Weber membatasi flora bagian tengah dengan flora bagian timur. Untuk lebih jelasnnya lagi simak ulasan dibawah berikut ini :

1. Flora Indonesia Bagian Barat

Wilayah yang termasuk flora bagian barat merupakan pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Salah satu ciri khas flora Indonesia bagian barat yaitu terdapat banyak jenis tumbuhan atau pohon berkayu keras yang sering dimanfaatkan manusia untuk membuat sebuah perabotan atau membuat rumah. Contoh tumbuhan yang ada di wilayah Indonesia bagian barat yaitu jenis jati, mahoni, meranti, beringin, pinus dan rotan.


2. Flora Indonesia Bagian Tengah

Daerah yang termasuk pembagian flora bagian tengah yaitu Nusa tenggara, Sulawesi, dan Maluku. Pada wilayah ini sebagian mempunyai curah hujan yang rendah dengan tingkat kekeringan tinggi. Wilayah inilah yang pas untuk perkembangbiakan ternak karena wilayah ini banyak terdapat padang rumput. Contohnya tumbuhan yang berada di Indonesia bagian tengah yaitu akasia, cendana, sagu, dan palem.


3. Flora Indonesia Bagian Timur

Flora bagian timur berada di Papua serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sebagian flora yang tumbuh di wilayah ini mirip dengan flora yang tumbuh di kawasan Australia. Contoh flora yang ada di wilayah Indonesia bagian timur yaitu eucalyptus, matoa, mangrove, agatis alba (sejenis tumbuhan paku), sagu, dan nipah.


Itulah ulasan tentang Persebaran Flora semoga bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya Disini :