Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi

Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi

SeputarIlmu.Com – Pada saat ini zaman sudah modern, sebelum kita masuk zaman modern ini, manusia telah melalui zaman sebelum modern, yaitu zaman prasejarah. untuk mengetahui zaman sebelum pada saat ini. Disini akan mengulas tentang zaman prasejarah berdasarkan geologi. Untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi


Pengertian Zaman Prasejarah

Zaman Prasejarah sering disebut zaman nirleka, artinya dimana manusia belum mengenal tulisan, nir artinya “tidak” dan leka artinya “tulisan/aksara”. jadi zaman prasejarah adalah zaman sebelum memasuki zaman sejarah dan belum mengenal tulisan/aksara.

sebelum dapat didiami manusia pada zaman ini, bumi telah mengalami perubahan secara perlahan. Kulit bumi beberapa kali mengalami perubahan, terjadinya perubahan dikarenakan gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor dan terjadinya banjir. gejala tersebut mengubah penampakan bumi. untuk mengetahui pembentukan bumi, pembentukan bumi dibagi menjadi 2, salah satu nya berdasarkan geologi yang mau saya jelaskan.


Pengertian Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya perubahan bumi sampai sekarang dibagi kedalam empat zaman


4 Pembagian Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi

1. Zaman Masa Arkaikum (Zaman Tertua)

Zaman Masa Arkaekum (Zaman Tertua)

Masa ini berlangsung sekitar 2.500 juta tahun yang lalu. masa arkaikum merupakan masa awal yang artinya masa awal pembentukan bumi dari inti sampai kulit bumi.


2. Zaman Masa Palaeozoikum

Masa ini terjadi kira-kira 340 juta tahun yang lalu. palaeozoikum artinya adalah zaman bumi purba. pada masa ini dipermukaan bumi mulai terbentuk hidrosfer dan atmosfer. pada masa itu telah muncul tumbuhan, dan hewan yang berkembang pertama kali nya, termasuk tumbuhan paku, paku ekor kuda, amfibi, serangga, dan reptilia.

Zaman Masa Paleozoikum

Waktu berlangsungnya zaman Paleozoikum adalah kurang lebih antara 542 – 251 juta tahun lalu. Ada enam Pembagian Zaman Paleozoikum yaitu:

  • Periode Kambrium : Kata Kambrium berasal dari Cambria, nama klasik dari Wales yang menjadi wilayah asal batuan yang dipelajari dari periode ini.
  • Periode Ordovisum : Nama periode ini diambil dari nama salah satu suku di Wales. Periode Ordovisum diberi definisi oleh Chales Lapworth untuk menyelesaikan adanya perdebatan antara pengikut Roderick Murchison dan Adam Sedgwick pada 1897. Lapisan batuan yang sama di Wales Utara dikelompokkan dalam sebuah periode Kambrium dan Silur, dan ditemukan fosil fauna yang tidak mempunyai kesamaan dengan lapisan batuan pada kedua periode tersebut sehingga diberi nama sendiri sebagai batuan dari periode Ordovisum. Pada zaman ini hampir semua daerah di sebelah utara dari garis balik yaitu lautan, sementara daratannya membentuk benua super bernama Gondwana, yang gerakannya menuju suatu Kutub Selatan.
  • Periode Silur : Periode silur ini Awal dari periode dalam prasejarah berdasarkan geologi ini ditandai dengan adanya sebuah peristiwa besar dari kepunahan sekitar 60 persen spesies laut.
  • Periode Devon : Periode Devon ini berasal dari daerah di Inggris dimana batuan Exmoor pertama kali dipelajari. Periode ini juga disebut dengan masa kejayaan dari ikan tidak berahang dan placoderma yang hidup di periode Devon. Ada dua alur evolusi ikan pada akhir periode ini yakni ikan bersirip pipih dan ikan bersirip bulat.
  • Periode Karbon : Periode Karbon ini berasal dari lapisan tebal kapur yang ditemukan di Eropa Barat. Selama dua pertiga periode ini disebut dengan subperiode Mississippian dan sisanya disebut dengan subperiode Pennsylvanian. Kehidupan berupa pepohonan konifer sudah muncul pada periode ini. Hutan pun sudah penuh dengan serangga raksasa, reptil pertama dan berbagai anthropoda. Akhir pada periode ini ditandai dengan mulainya zaman es di seluruh belahan bumi selatan.
    Periode Perm : Periode Perm ini adalah periode terakhir dari zaman Paleozoikum yang terbagi menjadi 3 periode lagi yakni Lopongian, Guadalupian dan Cisuarian. Periode ini berakhir dengan punahnya 95 persen spesies di bumi yang memberikan kesempatan berkembangnya kelompok hewan jenis lain seperti mamalia dan burung.
Baca Juga :  √ Sejarah : Pengertian, Sumber, Konsep, Unsur dan Kaitannya Dengan Ilmu Terlengkap

3. Zaman Masa Mesozoikum

Pada zaman mesozoikum ini, bumi mengalami perkembangan yang sangat cepat dengan ditandai dengan muncul nya hewan-hewan bertubuh besar, seperti hewan reptilia pemakan daging. seperti dinosaurus menguasai daratan, ichtiyosaurus berburu didalam lautan, dan pterosaurus merajai angkasa. pada zaman ini muncul juga hewan mamalia.

Zaman Masa Mesozoikum

Periode ini juga dikenal dengan nama zaman reptil dan terbagi menjadi tiga periode yaitu sebagai berikut :

  • Periode Triasic : Periode iniBerlangsung sekitar 250 sampai 200 juta tahun lalu, adalah masa transisi dari kepunahan di periode Perm yang gersang menuju periode Jurassic yang subur dan rimbun. Periode ini terbagi menjadi 3 yakni Triasic Awal pada 250 sampai 247 juta tahun lalu ketika daratan masih berupa gurun yang gersang dan benua besar belum terpecah. Lalu Triasic Tengah pada periode 247 sampai 237 juta tahun lalu dimana Pangea pecah dan laut Tethys tercipta. Ekosistem pada masa periode ini sudah pulih dari kehancuran dengan pulihnya karang, fitoplankton dan krustacea, juga semakin besarnya spesies reptil. Lalu pada masa periode Triasic Akhir pada 237 sampai 200 juta tahun lalu yang ditandai dengan gelombang panas dan curah hujan sedang yang minimbulkan sebuah ledakan evolusi reptil di darat dan munculnya dinosaurus pertama hasil evolusi dan meengakibatkan kepunahan besar yang disebut Trias-Jura.
  • Periode Jurassic : Pada periode ini Berlangsung kira-kira 200 sampai 145 juta tahun lalu dan juga terbagi menjadi 3 yakni Jurassic Awal pada 200 sampai 175 juta tahun lalu dengan iklim yang menjadi lebih lembab dan tropis. Ichthyosaurus, plesiosaurus dan ammon merupakan spesies dominan di laut. Di daratan, dinosaurus dan reptil merupakan spesies dominan. Jurassic Tengah, 175 sampai 163 juta tahun lalu dengan perkembangan reptil seperti diplodocus dan brachiosaurus. Hutannya sebagian besar yaitu hutan konifer dan adalah masa puncak hidup reptil. Kemudian Jurassic Akhir pada 163 – 145 juta tahun lalu yang terjadi kepunahan besar karena Pangea terpisah menjadi Laurasia dan Gondwana sehingga permukaan air laut naik dan padang pakis hancur. Mamalia mulai berkembang dalam bentuk yang relatif masih kecil.
  • Periode Cretaceous : Pada periode ini Disebut dengan periode kapur yaitu periode terpanjang di zaman Mesozoikum yang terbagi menjadi dua yakni Cretaceous Awal sekitar 145 sampai 100 juta tahun lalu ketika dinosaurus berkembang dan menyebar ke seluruh dunia. Jadi periode Cretaceous Akhir pada 100 sampai 65 juta tahun lalu ketika bumi mengalami pendinginan dan diperkirakan dihantam meteor besar sehingga 75 persen kehidupan di bumi punah.
Baca Juga :  √ Kolonialisme : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Dampak Terlengkap

4.  Masa Neozoikum

Zaman ini berlangsung kira-kira 60 juta tahun yang lalu, dan dibagi menjadi dua masa yaitu sebagai berikut :

Zaman Masa Neozoikum

  • Periode Tertier : Pada periode ini Berkurangnya jenis binatang raksasa pada zaman ini dan munculnya jenis hewan menyusui dan jenis kera, bahkan jenis kera manusia pada akhir zaman tertier.
  • Periode Kuartier : Pada periode kuartier Zaman prasejarah berdasarkan geologi yang paling penting karena mulai ada tanda-tanda sebuah kehidupan manusia, berlangsung selama sekitar 2 juta tahun lalu. pada periode ini Terbagi lagi menjadi Kala Pleistosen atau zaman Diluvium/zaman esvsekitar 600 ribu tahun lalu yang terjadi perubahan iklim besar di daerah kutub sehingga air laut surut menjadi es dan mengeringkan laut-laut dangkal. Kemudian Kala Holocen atau zaman Alluvium/zaman banjir pada 20 ribu tahun lalu yang membanjiri daratan yang semula sudah kering, ditandai dengan kemunculan Homo Sapiens yang berciri-ciri mirip dengan manusia zaman sekarang.

Itulah ulasan tentang Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi Lengkap. semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Send this to a friend