Macam-Macam Ideologi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Tahukah anda apa itu Ideologi ?? Jika belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini, karena pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Ideologi secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Ideologi : Pengertian, Macam & Fungsinya Lengkap


Pengertian ideologi

Ideologi merupakan sebuah konsep yang selalu menarik dikaji karna akan menyentuh persoalaan yang fundamental dan aktual.

Secara Etimolgis

ideologi berasal dari kata idea dan logos. idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita. Kata Idea berasal dari bahasa yunani ideos yang berarti bentuk atau idein yang berarti melihat, sedangkan logos berarti ilmu. Dengan demikian ideologi berarti ilmu pengertian dasar ide-ide atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar.

Secara  Terminologis

Ideolgi merupakan keseluruhan prinsip atau norma yang berlaku dalam suatu masarakat yang meliputi berbagai aspek, seperti sosial politik, ekonomi, budaya, dan hankam.


Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

1. Francis Bacon

Menurut Francis Bacon mengungkapkan bahwa ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.


2. C. C. Rodee

Menurut C. C. Rodee mengungkapkan bahwa ideologi adalah sekumpulan ide yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan juga pelakunya.


3. Ali Syariati

Menurut Ali Syariati mengungkapkan bahwa ideologi adalah suatu keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau ras tertentu.

Baca Juga :  Pengertian Birokrasi


Fungsi Ideologi

Fungsi Ideologi Secara Umum :

  • Tumbuh nya keyakinan dan kepercayaan
  • Mengatur hubungan anatara manusia dan masyarakatnya.
  • Membantu masyarakat dalam upaya melibatkan diri dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Fungsi Ideologi Secara Khusus :

  • Ideologi berfungsi melengkapi struktur kognitif manusia
  • Ideologi berfungsi sebagai panduan
  • Ideologi berfungsi sebagai lensa
  • Ideologi berfungsi sebagai kekuatan pengendali konflik


Macam-Macam Ideologi

1. Konservatiseme

Konservatisme sering diartikan sebagai paham yang berusaha mempertahankan status quo dan menghindarkan perubahan-perubahan prinsip dalam tatanan (orde) masyarakat yang telah ada.


2. Liberalisme

Liberalisme adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama.


3. Merkantilisme

Merkantilisme adalah praktek dan teori ekonomi yang dominan di Eropa dari 16 ke abad ke 18 yang dipromoasikan lewat perstursn ekonomi pemerintahan suatu  negara untuk tujuan menambah  kekuasaan negara dan mengorbankan kekuatan nasional pesaing nya.


4. Leninisme

Leninisme merupakan bagian dari teori politik organisasi demokratis suatu partai politik revolusioner dan pencapaian demokrasi langsung kediktatoran proletariat sebagai awal sosialisme.


5. Komunisme

Komunisme adalah salah satu ideologi di dunia, selain kapitalisme dan ideologi lainnya. Komunisme lahir sebagai reaksi terhadap kapitalisme di abad ke-19, yang mana mereka itu mementingkan individu pemilik dan mengesampingkan buruh.Istilah komunisme sering dicampuradukkan dengan Marxisme. Komunisme adalah ideologi yang digunakan partai komunis di seluruh dunia. Racikan ideologi ini berasal dari pemikiran Lenin sehingga dapat pula disebut Marxisme-Leninisme


6. Ideologi Nasionalis

Ideologi nasionalis adalah bersumber pada semangat kebangsaan yang tinggi. Bukan sebagai boneka pencapai tujuan untuk sebagian golongan. Ideologi nasionalis menjadikan kepentingan negara diatas segalanya.

Berlandaskan pada cita-cita yang sama yaitu cita-cita nasional. Perbedaan suku,agama, budaya dan latar belakang tidak ditonjolkan namun dilebur dalam satu kesamaan rasa nasionalis.

Baca Juga :  √ Naturalisasi : Pengertian, Syarat, Proses dan Jenis Terlengkap

7. Ideologi Kapitalis

Penerapan ideologi yang hanya menitikberatkan pada satu golongan. Salah satu pihak menjadi lebih berkuasa terhadap Negara. Bahwa hakikatnya menerapkan ideologi ini hanya akan memberikan keuntungan besar pada golongan penguasa.

Namun mendatangkan kerugian teramat besar pada golongan lain. Ideologi kapitalisme mendapatkan banyak tentangan dari pemuka agama dan para peduli sosial. Kemudian lama-kelamaan ideologi penuh kontroversi ini perlahan menghilang.


8. Ideologi Sosialisme

Jika kebanyakan ideologi memiliki tujuan besar pada kekuatan norma. Namun ideologi sosialisme lebih fokus pada tujuan ekonomi saja. Menghapus kepentingan golongan dan menyamakan kedudukan semua warga negara.

Serta kelemahan dari ideologi sosialis adalah tidak menghargai jerih payah yang dilakukan. Hal ini terlihat saat pemberian upah yang disamakan. Tidak memandang apa dan bagaimana pekerjaan itu dilakukan. Lambat laun ideologi ini berjalan dengan penuh cemoohan dan kritik.


9. Ideologi Marxisme

Ideologi ini mempunyai nama lain yaitu ideologi komunis. Pengertian ideologi adalah penerapan gagasan yang berpegang teguh pada kesamaan hak segala lapisan dan golongan masyarakat. Ideologi yang timbul untuk menentang ideologi kapitalis yang mementingkan satu golongan saja.

Dalam penerapannya hak pribadi menjadi tidak dipentingkan. Namun lebih mengutamakan pada kesamaan yangg diperoleh semua masyarakat.


10. Ideologi Fasisme

Jenis paham ideologi yang mempunyai banyak pertentangan. Fasisme mempunyai tujuan pembentukan tatanan baru dibawah satu golongan berkepentingan. Bahwa kehidupan bernegara menurut paham ini harus diatur oleh satu golongan saja.

Pemikiran yang keras dan mengatur semua sendi kehidupan. Tidak memberikan kebebasan dan pemberian hak pada masyarakat.


11. Ideologi Kapitalis

Penerapan ideologi yang hanya menitikberatkan pada satu golongan. Salah satu pihak menjadi lebih berkuasa terhadap Negara. Bahwa hakikatnya menerapkan ideologi ini hanya akan memberikan keuntungan besar pada golongan penguasa.

Baca Juga :  Gotong Royong

Namun mendatangkan kerugian teramat besar pada golongan lain. Ideologi kapitalisme mendapatkan banyak tentangan dari pemuka agama dan para peduli sosial. Kemudian lama-kelamaan ideologi penuh kontroversi ini perlahan menghilang.


Itulah ulasan tentang Ideologi : Pengertian, Macam & Fungsinya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :