Makalah Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai sebuah makalah yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ciri, jenis, tahapan, sistematika penulisan dan manfaat. Supaya lebih dapat memahami dan dimengerti lebih dalam lagi, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

√ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, dan Manfaatnya Terlengkap


Pengertian Makalah

Makalah adalah suatu karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis bertujuan untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.

Makalah ini merupakan salah satu jenis karangan yang memiliki ciri atau sifat ilmiah yakni objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis.


Pengertuan Makalah Menurut Para Ahli

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dalam hal ini makalah dibagi menjadi dua pengertian yaitu sebagai berikut :

  • Makalah ialah suatu tulisan resmi tentang suatu pokok suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan dimuka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.
  • Makalah ialah suatu karya tulis pelajaran atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

2. Panuti Sudjiman

Makalah ialah suatu karangan prosa, bukan cerita rekaan yang membicarakan pokok tertentu. Yang biasanya makalah ini dimuat di majalah atau koran, tetapi makalah dapat juga merupakan sebuah buku antologi.


3. W.J.S Poerwadarminta

Makalah ialah suatu uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.


4. Tanjung Dan Ardial

Makalah ialah suatu karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.


5. Surakmad

Makalah ialah segala jenis tugas kuliah yang harus dapat diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok persoalan.


6. E. Zaenal Arifin

Makalah ialah suatu karya tulis ilmuah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.


7. A.E. Fachrudin

Makalah ialah jenis tugas kuliah yang harus dapat diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku “book of report” maupun sebagai hasi karangan tentang suatu pokok persoalan.


8. Drs. S. Imam Asy’ari “1984:17”

Makalah ialah suatu naskah semester, biasanya paper dituntut oleh seorang dosen atas mata kuliahnya apabila semester akan berlangsung atau kuliah akan berakhir. Karangan ini tidak begitu panjang mungkin 10-15 halaman ukuran folio saja.


9. Burhan “1979:226”

Makalah ialah suatu bentuk tugas kuliah atau prasyarat dalam diskusi dan seminar.


10.Menurut Prof. Komarudin, M. Pd “200:111”

Makalah ialah suatu karya tulis yang dipergunakan untuk publikasi suatu jurnal atau periodikal atau lisan.


11. Drs. Madyo Ekosusilo Dan Drs. Bambang Triyanto “1991:16”

Makalah ialah suatu tulisan yang berisikan prasaran, pendapat yang turut membahas suatu pokok persoalan yang akan dalam rapat kerja, simposium, seminar, dan sejenisnya.


12. Muhamad Ali “1984:61”

Makalah ialah suatu karya tulis ilmiah yang pembahasannya difokuskan pada suatu masalah tertentu. Biasanya ini berhubungan dengan suatu mata kuliah atau bidang spesialisi tertentu.


13. Siswoyo Harjodipuro

Makalah ialah suatu karya tulis, baik yang dapat ditulis oleh para mahasiswa sebagai pemenuhan tugas mata kuliah ataupun yang ditulis oleh para sarjana sebagai hasil studi atau penyelidikan.


14. M. Widyamartaya Dan Veonika Sudiarti

Makalah ialah suatu karya tulis yang disusun oleh seseorang atau kelompok yang untuk membahas suatu pokok bahasan yang merupakan hasil penelitian di bidang pendidikan dan kebudayaan.


Karakteristik atau Ciri-Ciri Makalah

Suatu makalah mempunyai karakteristik ialah sebagai berikut :

  • Merupakan suatu hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan.
  • Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa tentang permasalahan teoritik yang dapat dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan.
  • Menunjukkan suatu kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan.
  • Mendemonstrasikan suatu kemampuan,meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.

Unsur-Unsur Makalah

Pembuatan sebuah makalah yang baik memiliki unsur diantaranya :

  • Data yang digunakan ini mempunyai validitas yang tinggi dan analisis serta interpretasi haruslah objektif.
  • Makalah harus mampu menunjukkan suatu kejujuran ilmiah penulis.
  • Penulis makalah juga harus menyebutkan dengan jelas sumber data dan pendapat yang digunakan dalam makalahnya.
  • Makalahini  harus menggunakan bahasa yang jelas, singkat, sederhana, dan teliti. Makalah harus sistematis dan utuh.

Jenis-Jenis Makalah

1. Jenis Makalah Deduktif

Makalah dedukatif merupakan suatu makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan masalah yang dibahas).


2. Jenis Makalah Induktif

Makalah induktif merupakan suatu makalah yang disusun berdasarkan data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas.


3. Jenis Makalah Campuran

Makalah campuran merupakan suatu makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan masalah yang dibahas.


Struktur Makalah

Secara umum, struktur makalah ini terdiri dari :

1. Cover atau Bagian Sampul Makalah

Dalam bagian ini, terdiri dari judul, logo kampus atau universitas, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, dan tahun kapan makalah itu dibuat.


2. Kata Pengantar

Biasanya pembuatan makalah ini diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Allah SWT atau kepada Tuhan, gambaran sedikit mengenai makalah, ucapan terima kasih, dan terakhir biasanya terdapat harapan penulis ataupun permintaan suatu sumbangsih saran dan kritik.


3. Daftar Isi

Yaitu bagian yang berisi poin-poin yang terdapat dalam makalah beserta nomor halamannya.


4. BAB I Pendahuluan

Dalam makalah yang Anda buat tersebut, bagian BAB I  ialah bab tentang pendahuluan yang secara umum berisi tentang gambaran umum tentang makalah, nasalah yang akan di bahas, latar belakang kenapa Anda mengangkat permasalahan tersebut. Adapun struktur pada BAB I ini yang meliputi :

  • Latar Belakang yakni memakai kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus.
  • Rumusan Masalah yang berisi rumusan apa yang Anda bahas dalam makalah Anda.
  • Maksud dan Tujuan yaitu yang berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.

5. BAB II Pembahasan

Pada bagian ini, Anda akan membahas secara tuntas permasalahan yang Anda angkat pada BAB I. Pada bagian ini adalah suatu bagian dari isi sesungguhnya makalah Anda. Dalam bagian pembahasan, Anda juga harus memaparkan fakta-fakta yang memperkuat tulisan Anda.

Harus berisi suatu kajian referensi beberapa atau banyak penulis yang mendukung gagasan yang Anda sampaikan. Pada bagian ini pula, asumsi pribadi Anda akan diminimalkan. Artinya asumsi yang Anda buat harus ada kajian literatur maupun referensi dari sebelumnya. Mengungkap suatu fakta.


6. BAB III Penutup

Pada bagian kedua dari terakhir ini, Anda harus membuatkan semacam kesimpulan dari pembahasan yang Anda bahas pada BAB II. Ada pula yang harus menambahkan saran.


7. Daftar Pustaka

Berisi daftar suatu referensi rujukan yang Anda ambil untuk makalah Anda. Referensi rujukan ini dapat berupa buku-buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan lain sebagainya. Terdapat kaidah atau aturan penulisan suatu daftar pustaka yang Anda harus penuhi.


8. Lampiran

Ini tidak mutlak dan harus ada. Pada bagian ini Anda melampirkan suatu data-data pendukung makalah Anda. Bisa berupa foto-foto kegiatan, isi materi yang akan dibahas atau dibuat dan sebagainya.


Fungsi Makalah

Fungsi yang harus dipenuhi sebuah makalah ialah antara lain :

  • Untuk dapat melatih seorang penulis agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat.
  • Untuk dapat memperluas wawasan keilmuan bagi penulisnya.
  • Untuk dapat memberikan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoretis maupun konsep praktis.
  • Untuk dapat memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.

Manfaat Makalah

Manfaat pembuatan atau penulisan makalah antara lain :

  1. Belajar untuk memahami masalah dan mencari solusinya.
  2. Menerapkan suatu ilmu pengetahuan yang dipelajari untuk diimplentasikan di lapangan.
  3. Membuka pikiran untuk memahami suatu permasalahan di lapangan.

Demikian artikel tentang √ Makalah : Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri, Jenis, Fungsi & Manfaatnya Lengkap Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta kita mendapat wawasan yang lebih dalam lagi. Sekian dan Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :