Ekosistem Buatan

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Ekosistem Buatan secara Lengkap.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Ekosistem Buatan ?? Jika Belum, Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

Ekosistem Buatan


Pengertian Ekosistem Buatan

Ekosistem Buatan adalah suatu Ekosistem yang dibuat oleh manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya. Biasanya komponen yang terdapat didalamnya hasil bawaan dari luar, yang disusun sedemikian rupa oleh manusia, sehingga keanekaragamannya rendah atau terbatas, jadi intinya ekosistem ini terbentuk karena campur tangan manusia.


Ciri-Ciri Ekosistem Buatan

  • Memanfaatkan keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang dikerjakan oleh manusia yang tidak langsung di ambil dari alam, tapi di pelihara atau di budidayakan terlebih dahulu yang sehingga sebelum di ambil manfaatnya.
  • budidayakan hewan dan tumbuhan untuk kebutuhan sehari-hari.
  • Membuat sebuah ekosistem sebagai sarana untuk hiburan dan media pembelajaran.
  • Mengupayakan untuk melestarikan hewan maupun tumbuhan.

Jenis-Jenis Ekosistem Buatan

1. Ekosistem Buatan di Darat

a. Agroekonomi

Jenis Ekosistem ini didominasi dengan tanaman-tanaman pemenuhan pangan laksana padi, jagung, singkong, tebu, kopi, lada, dan lain-lainnya. Meskipun, tidak sedikit pula organisme-rganisme asing yang masuk ke dalam ekosistem ini barangkali sebgai tumbuhan atau fauna pengganggu.

Contoh agroekosistem yaitu : sawah, ladang, dan kebun.

b. Hutan produksi

Hutan buatan adalah sebuah ekosistem produksi yang dengan sengaja menumbuhkan sebuah tanaman-tanaman berkayu yang sering dipakai untuk memenuhi keperluan seperti jati, pinus, dan lain-lain. Industri properti adalah salah satu industri dengan permintaan kayu yang paling tinggi.

Baca Juga :  Materi Ekologi

Dengan menciptakan sebuah ekosistem produksi berupa hutan buatan maka permintaan yang tinggi terhadap kayu dapat terpenuhi tanpa merusak hutan asli. Manfaat dari hutan produksi adalah menjadi habitat untuk organisme lain, sampai-sampai bisa melestarikan kehidupan organisme lainnya.


2. Ekosistem Buatan di Air

a. Aquarium

Aquarium adalah salah satu ekosistem produksi yang menghadirkan sebanyak biota laut dengan destinasi sebagai dekorasi atau lokasi rekreasi. dalam menciptakan sebuah ekosistem jenis ini pasti harus menyesuaikan dengan komponen abiotik yang sesuai untuk komponen biotiknya. sehingga apabila kita merawat bintang laut dalam aquarium maka kadar garam dalam airnya mesti dicocokkan dengan air dimana bintang laut tersebut hidup (laut).


b. Kolam

Kolam seringkali dibuat untuk budidaya ikan air tawar misalnya lele, gurame, ikan mas, dan lain-lain. Permintaan yang tinggi terhadap konsumsi ikan jenis air tawar ini mesti dibuatkan ekosistem khusus untuk mengupayakan pelestarian dan pemenuhan keperluan manusia. Adapun contoh dari ekosistem ini yaitu tambak, waduk, bendungan, dan lain sebagainya.


Contoh Ekosistem Buatan

1. Ekosistem Bendungan

Ekosistem waduk atau bendungan, adalah sebagai lokasi penampungan air untuk memenuhi suatu keperluan manusia dalam pengairan/irigasi pertanian, pembangkit tenaga listrik, lokasi rekreasi, dan sarana olahraga. Oleh karena itu, waduk merupakan sebuah ekosistem baru dengan dasar yang berasal dari kebun atau sawah maupun hutan yang bersifat geologi yang berbeda-beda.

Pada umumnya, komunitas biotik dari ekosistem ini terbentuk masih dalam fase suksesi dengan usia yang berbeda-beda. Pada umumnya sekian banyak macam ikan ditebarkan kemudian tidak sedikit tumbuhan pendatang tumbuh, contohnya yaitu kiambang dan enceng gondok yang menutupi permukaan dan menjadi berpengaruh di waduk itu.


2. Ekosistem Waduk

Baca Juga :  Hewan Karnivora

ekosistem waduk adalah sebuah ekosistem buatan yang berupa bangunan penahan atau penimbun air yang dipakai untuk berbagai kebutuhan manusia dimana dalam sebuah proses pembuatannya manusia mempunyai peranan yang sangat besar.


3. Ekosistem Sawah

Ekosistem sawah adalah salah satu ekosistem buatan daratan di muka bumi. Tapi tak semua daratan mampu dibuat sedimikian rupa menjadi ekosistem persawahan, hal ini dikarenakan ekosistem persawahan mempunyai ciri khas yang dibangun oleh komponen abiotik dan biotik tertentu.


4. Ekosistem Tambak

Ekosistem tambak adalah sebuah ekosistem produksi yang sengaja dibuat untuk kebutuhan budidaya perikanan. Ekosistem tambak adalah berupa kolam produksi yang seringkali berada di wilayah pantai. Kolam ini dipenuhi air dan dimanfaatkan sebagai media budidaya jenis ikan, kerang, atau udang.


5. Ekosistem Hutan Tanaman Produksi

Ekosistem hutan tanaman adalah sebuah ekosistem produksi dengan vegetasi yang terdiri atas tumbuhan budidaya yang dengan sengaja ditanam di area tertentu. Pada umumnya jenis tumbuhan yang dibudidayakan memiliki nilai hemat tinggi, tanaman mahoni, jati, pinus, damar, kelapa sawit, karet, dan lain sebagainya.


6. Ekosistem Pemukiman

Ekosistem pemukiman adalah sebuah ekosistem produksi yang sengaja di buat sebagai lingkungan lokasi tinggal atau hunian serta sebagai pekerjaan yang menyokong berlangsungnya kehidupan manusia. Yang tergolong ekosistem pemukiman yaitu area perkotaan, pedesaan, dan lain sebagainya.


Manfaat Ekosistem Buatan

Berikut ini beberapa manfaat dari ekosistem buatan, yaitu sebagai berikut :

1. Memenuhi Kebutuhan Manusia

  • Manfaat yang paling utama tentunya untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  • Manusia membuat sebuah bendungan yang bermanfaat sebagai sumber air.
  • Manusia membuat tambak yang berguna untuk membudidayakan berbagai jenis ikan dan udang.
  • Manusia yang membuat hutan buatan yang ditanami dengan pohon jati, jengjeng, pinus dll, yang dimana hasilnya berguna sebagai kebutuhan papan.
  • Manusia yang membuat sawah untuk menanam padi yang hasilnya berguna sebagai makanan pokok.
Baca Juga :  Mineral Adalah

2. Sebagai Tempat Rekreasi

  • Bendungan / danau buatan yang sering dijadikan sarana wisata air dan memancing.
  • Kebun bunga yang dijadikan sebagai sarana rekreasi juga terutama berfoto.

3. Sebagai Hiasan

Bisa dijadikan sebagai hiasan misalnya aquarium dan aquaspace. Bedanya aquarium dengan aquaspace adalah bila aquarium didalamnya didominasi oleh ikan-ikan hias, maka aquaspace di dominasi oleh tumbuh-tumbuhan air yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk seperti hutan di dalam air. Aquaspace disebut juga dengan seni mengatur dan menanam tanaman air. Di dalam aquaspace juga biasanya terdapat ikan-ikan kecil yang dijadikan sebagai pelengkap tanaman.


Itulah ulasan tentang Ekosistem Buatan : Pengertian, Ciri, Manfaat, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :