Teks Prosedur

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai teks prosedur. Mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, hingga contoh dari teks prosedur. Mari simak penjelasan terlengkapnya dalam artikel dibawah ini.

√ Teks Prosedur : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Macam dan Contoh Terlengkap


Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur adalah suatu teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Teks prosedur biasanya terdapat pada suatu tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Didalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk bisa melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.


Pengertian Teks Prosedur Menurut Para Ahli

1. Ismail masya (1994 : 74)

Teks Prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan yang merupakan suatu urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang.


2. Muhammad Ali (2000 : 325)

Teks Prosedur adalah suatu tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan.


3. Amin Widjaja (1995 : 83)

Teks Prosedur adalah sekumpulan bagian yang saling berkaitan misalnya saja orang, jaringan gudang yang harus dilayani dengan cara yang tertentu oleh sejumlah pabrik dan pada gilirannya akan mengirimkan pelanggan menurut suatu proses tertentu.


Tujuan Teks Prosedur

Berikut ini adalah tujuan teks prosedur antara lain yaitu :

  • Supaya bisa berurutan dan step by step.
  • Agar dapat tersusun sesuai ketentuan.
  • Tidak mendahului suatu step selanjutnya ( ketika stepnya belum selesai).
  • Terselesaikan tepat pada waktunya sesuai rencana.
  • Memberikan suatu petunjuk sesuatu.
  • Mengetahui suatu kebutuhan yang di perlukan sebelumnya sebelum memulai.
  • Membantu para pembaca untuk membuat sesuatu (tata cara).

Ciri – Ciri Teks Prosedur

Prosedur ini mempunyai beberapa ciri, yang dimana ciri umumnya itu diantaranya sebagai berikut ini :

  • Adanya suatu tujuan dalam melaksanakan kegiatan atau juga langkah-langkah prosedur.
  • Adanya suatu bahan yang diperlukan apabila suatu prosedur tersebut bertujuan untuk dapat membuat suatu produk.
  • Adanya suatu tata cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan mengenai proses yang dilakukan.
  • Adanya batasan suatu hal aturan yang harus dipatuhi didalam proses.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Dalam pembuatan teks prosesdur memiliki 3 struktur penting yang harus ada diantaranya adalah :

1. Bagian Tujuan

Pada bagian tujuan sebuah teks prosedur ini dapat berisi tentang tujuan pembuatan teks prosedur atau hasil akhir yang hendak dicapai bila sudah melakukan beberapa tahapan dalam teks prosedur itu.


2. Bagian Material

Selanjutnya ada pada bagian material dari sebuah teks prosedur yang isinya terkait bahan, alat, ataupun material yang diperlukan. Namun tak semua teks prosedur ada bagian yang satu ini. Umumnya pemakaian bagian material ada dalam teks prosedur yang membahas tentang pembuatan tertentu seperti pada pembuatan resep makanan ataupun lainnya.


3. Bagian Langkah – Langkah

Yang ketiga ada pada bagian langkah langkah yang isinya tentang langkah langkah yang perlu di lalui agar memperoleh hasil yang sesuai terhadap tujuan dari teks prosedur. Di bagian ini, setiap tahapnya juga harus bisa dilakukan secara urut tidak boleh dilakukan secara acak.


Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki kaidah kebahasaan diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal adalah suatu kata penghubung yang berhubungan secara kronologis dengan waktu dan kejadian dari kedua peristiwa yang memiliki keterkaitan. Misalnya kata, setelah ini, kemudian, lalu, sesudah itu, selanjutnya, sebelum itu, dan lain-lain.


  • Kata Imperatif

Kata imperatif atau kata perintah adalah suatu kata yang mengandung perintah atau larangan ketika melakukan pelaksanaan yang dibahas. Contohnya, diamkan ubi itu selama 5 menit, jangan sampai tercampur dengan bahan lain, dan lainnya.


  • Verba Material dan Tingkah Laku

Verba material adalah suatu perbuatan yang mengacu pada tindakan, seperti potonglah ubi itu, masukan air kedalam wadah. Sedangkan Verba tingkah laku adalah suatu perbuatan yang mengacu pada tindakan berdasarkan ungkapan, seperti, tunggu kira-kira 5 menit, tunggu sampai matang, tetap pertahankan, dan lainnya.


  • Partisipan Manusia

Partisipan manusia adalah hal untuk mempartisipasikan atau mengikutsertakan manusia dalam tulisan tersebut untuk membantu langkah-langkahnya.


  • Bilangan Penanda

Bilangan penanda adalah suatu bilangan yang mengurutkan langkah-langkah pada tulisannya.


  • Kalimat Introgatif

Kalimat introgatif adalah suatu kalimat yang berisi pertanyaan dan fungsinya untuk menanyakan kepada pembaca yang mengikuti langkah-langkah dalam tulisan. Contohnya saja, sudah belum ? apakah sudah dimasukan ? apakah sudah mengerti ? sudah paham ? sudah membacanya ?


  • Kalimat Deklaratif

Kalimat deklaratif adalah suatu kalimat yang berisi pernyataan yang fungsinya untuk memberikan informasi tentang suatu hal yang harus diketahui.


Macam-Macam Teks Prosedur

Berikut ini adalah tiga macam-macam teks prosedur dan penjelasannya yaitu :

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana adalah suatu teks prosedur yang tidak membutuhkan langkah banyak dan waktu yang lama. Contohnya yaitu prosedur mematikan lampu, prosedur memilah sampah organic dan non organik, dan prosedur mengoprasikan setrika.


2. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah suatu prosedur yang membutuhkan banyak langkah dan waktu yang sedikit lama. Prosedur komplek harus melewati langkah demi langkah yang berurutan dengan step by step. Contohnya yaitu prosedur pendaftaran CPNS, Prosedur Skripsi, dan Prosedur Tilang.


3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protocol adalah suatu prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu rumit dan dapat di pahami dengan mudah. Contohnya yaitu prosedur membuat kopi dan prosedur masak telur.


Contoh Teks Prosedur

Berikut ini contoh dari 3 macam teks prosedur yaitu sebagai berikut ini :

1. Teks Prosedur Sederhana

Cara Menghidupkan Laptop

  • Buka laptop Anda
  • Cari tombol power’
  • Tekan tombol power tersebut
  • Tring, laptop Anda sudah menyala

2. Teks Prosedur Kompleks

Prosedur Pembuatan KTP

Cara membuat e-KTP (KTP Elektronik) sebenarnya sama dengan prosedur pembuatan KTP sebelumnya, namun di sini akan dilengkapi dengan pengambilan sidik jari dan scan retina mata yang bertujuan agar tercipta data tunggal, yaitu setiap satu orang dengan satu identitas (KTP). Sudah sangat umum, bahwa satu orang di Indonesia memiliki beberapa identitas/KTP. Pemberlakuan e-KTP juga dimaksudkan untuk mentertibkan administrasi orang per orang di Indonesia agar setiap identitas dan mobilitasnya tercatat dan terpantau secara jelas dan benar oleh negara.

Cara membuat e-KTP diantaranya adalah:

  • Pastikan kelurahan atau desa anda telah mendukung layanan e-KTP
  • Datanglah dengan membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Surat Pengantar RT/RW ke Keluarahan/Desa setempat.
  • Ambil nomor antrian di loket, tunggu hingga dipanggil oleh petugas yang bersangkutan. Jangan lupa bawa surat panggilan untuk membuat e-KTP dari pemerintah setempat.
  • Petugas akan memasukkan data dan foto anda secara digital. Pastikan dan bandingkan data anda dengan data di KTP anda, jika anda belum pernah mempunyai KTP isi formulir F1.01.
  • Bubuhkan tanda tangan anda di alat perekam tanda tangan. Pastikan tanda tangan anda tidak berubah-rubah lagi berikutnya karena akan menyulitkan jika tidak sama dengan dokumen lain seperti paspor, SIM dan lain-lain.
  • Lakukan pemindaian retina pada alat yang telah disediakan.
  • Pastikan Surat Panggilan anda akan ditandatangani dan distempel oleh petugas berwenang.
  • Tunggu proses pencetakan sekitar 2 minggu. Bila e-KTP selesai dicetak anda akan diberitahu dan dapat diambil di Keluarahan/Desa setempat.

3. Teks Prosedur Protokol

Cara Memasak Mie Instan

Cara memasak mie instan rebus adalah sebagai berikut :

  • Rebus mie dengan air yang telah mendidih.
  • Setelah sudah cukup matang, tiriskan mie untuk beberapa menit dan buanglah air bekas rebusan mie.
  • Setelah ditiriskan, tuangkan air panas yang baru sebagai kuahnya.
  • Masukkan bumbu-bumbu yang telah tersedia.
  • Selamat menikmati mie rebus kesukaan anda.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai  Teks Prosedur : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah, Macam & Contohnya Lengkap Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel lainnya :